Cara Membuat dan Menjual NFT

Ini Kunci untuk Terjun ke NFT, Jangan Asal Ikut-Ikutan!

NFT adalah semacam token yang tidak bisa ditukarkan, yang biasanya ditemukan di blockchain. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa NFT saat ini sedang ramai diperbincangkan di seluruh dunia. Sehingga tidak heran, kepopuleran NFT menjadikan semua orang penasaran dan ingin berusaha untuk mendapatkannya.

Hal ini bukanlah tanpa alasan, sebab NFT memiliki banya manfaat yang bisa didapatkan oleh penggunanya. Salah satu manfaat NFT adalah dapat mempermudah content creator maupun artis guna mempromosikan serta menjual karya-karya digitalnya.

Dengan demikian, mendapatkan komisi dari setiap aset NFT yang dijual dan berpindah kepemilikan semakin besar.

Lantas, bagaimana cara membuat serta menjual NFT?

Ada cara mudah untuk membuat serta menjual NFT. Token digital ini bisa dibuat dari lukisan, foto, musik, video game, meme GIF, bahkan cuitan twitter. Tahapan yang pertama sebelum menjual adalah NFT. Token tersebut disimpan di blockchain. namun setiap NFT disebut unik dan bisa djual yang menjadi cara membuktikan kepemilikan atas file digital.

  1. Pilih Platform Menjual NFT

 

Seperti yang diketahui ada banyak pilihan platform untuk menjual NFT di berbagai macam blockchain. Seperti Rarible dan OpenSea yang memungkinkan anda membuat NFT dari Ethereum secara gratis.

Dengan adanya sistem itu, anda bisa membuat NFT serta memasang untuk dijual tanpa harus benar-benar ditulis ke blockchain. Dengan demikian bisa menghindari biaya transaksi.

 

  1. Siapkan Dompet Digital (Wallet)

 

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk menyimpan uang kripto adalah wallet. Termasuk untuk NFT apapun yang bisa dibuat atau dibeli. Ingat gunakan wallet yang kompatible dengan blockchain. Sebagai rekomendasi, anda bisa gunakan Dompet Metamask yang didukung secara luas pada aplikasi berbasis Ethereum seperti Foundation dan OpenSea.

Selain itu, Coinbase juga memiliki wallet sendiri yang bisa digunakan sebagai aplikasi yang juga didukung oleh sebagian besar platform.

Adapun mengunduh ekstensi browser atau aplikasi, anda klik tombol Create New Wallet, lalu coinvase akan meminta nama pengguna. Kedua dompet akan meminta password.

 

  1. Koneksikan Dompet Digital Dengan Pasar NFT

 

Setelah wallet diunduh, anda koneksikan dengan pasar NFT. Baik Rarible dan OpenSea bisa dilakukan dengan mudah. Yakni, anda cukup menekan tombol Create, lalu akan terlihat daftar wallet yang kompatible.

Jika anda menginstall Metamask atau ekstensi Coinbase maka akan ada pop-up dan menanyai ingin menghubungkan wallet dan dilakukan dengan beberapa klik tombol.

 

  1. Membuat NFT

 

Langkah selanjutnya adalah membuat NFT. Apabila ingin membuat rangkaian NFT anda bisa coba menggunakan koleksi untuk melakukan, dan langsung di layar pembuatan NFT di Rarible.

Sedangkan melalui OpenSea, anda bisa masuk ke profil kemudian menuju ke My Collection > Create a collection. Usai menekan tombol Create maka akan muncul laman item baru, lalu anda klik kotak dengan ikon gambar untuk mengunggah file yang akan anda jual sebagai NFT.

Selanjutnya beri nama atau judul. Atau bisa juga menggunakan tautan eksternal guna menambah URL yang merujuk seperti situs atau akun Twitter. Anda juga bisa menambahkan deskripsi untuk memberikan gambaran yang lebih detil tentang karya yang dijual.

Apabila anda menjual karya seni di OpenSea, maka akan muncul panel properti sebagai cara untuk menambahkan informasi seperti media dan tahun.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang cara membut dan menjual NFT, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.