Makanan Yang Sebaiknya Dimakan Saat Demam

Demam adalah penyakit umum pada banyak orang, tetapi tidak semua orang tahu apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh dimakan. Simak artikel berikut untuk mengetahui makanan yang harus dimakan dan dihindari untuk membantu tubuh cepat pulih.

1. Makanan apa yang harus dimakan saat Anda demam?

Air berperan penting bagi aktivitas kehidupan tubuh. Saat Anda sakit, jika Anda tidak minum cukup air, bakteri akan tumbuh lebih kuat.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk banyak minum air putih saat demam untuk menurunkan suhu tubuh, sekaligus mengencerkan dahak, keluarnya cairan dari hidung, dan membantu tubuh cepat pulih.

Namun, yang terbaik adalah minum air hangat, bukan es atau air dingin.

Harus makan makanan cair

Jenis makanan saat demam antara lain ; Bubur, bihun, dan pho adalah makanan berair yang memudahkan makan saat lelah, saat tenggorokan sakit.

Disarankan untuk makan dengan daging untuk melengkapi nutrisi seperti ayam, terutama ayam, yang juga bekerja melawan dehidrasi dan peradangan.

Menurut para ahli gizi, bubur kacang hijau merupakan salah satu makanan cair yang cocok untuk anak saat demam, yang dapat membantu anak mengurangi anoreksia, malas mengunyah.

Harus minum jus buah, smoothie

Makanan apa yang harus dan tidak boleh dimakan saat Anda demam?
Buah-buahan seperti jeruk, lemon, stroberi, mangga, pisang dll adalah buah-buahan khusus yang efektif saat sakit karena mengandung banyak vitamin dan elektrolit.

Olah buah menjadi jus atau smoothie agar lebih mudah diserap tubuh, namun jangan terlalu banyak menaruh es.

Harus makan lebih banyak sayuran hijau

Anda harus makan lebih banyak sayuran hijau ketika Anda demam. Masakan berbahan sayuran hijau ini memiliki efek menurunkan demam dan mengisi kembali air dalam tubuh. Tentu saja, Anda harus memilih sayuran segar dan memastikan keamanan dan kebersihan makanan.

Harus makan yogurt

Makan yogurt memiliki efek menyediakan bakteri yang lebih menguntungkan untuk saluran usus. Mereka membantu sistem pencernaan Anda bekerja lebih baik. Ini sangat masuk akal, terutama ketika Anda sakit dan tidak bisa makan banyak.

2. Makanan yang tidak boleh dimakan saat demam

Jangan minum air dingin, air es

Dalam keadaan sakit, sebaiknya jangan minum air es yang dingin. Apalagi pada kasus demam karena infeksi, lebih penting lagi untuk membatasinya, es bisa membuat peradangan di tenggorokan semakin parah.

Yang paling berbahaya adalah jenis es yang dibeli dari luar seringkali mengandung lebih banyak bakteri daripada air biasa.

Jangan minum teh

Makanan apa yang harus dan tidak boleh dimakan saat Anda demam?
Teh memiliki efek meningkatkan tekanan darah, merangsang saraf, tetapi ketika demam, kedua efek ini membawa efek buruk.

Sebagian dari Anda seringkali tidak menyadari bahwa meminum teh untuk obat penurun demam justru akan membuat obat tersebut kehilangan efeknya.

Jangan makan telur

Makanan apa yang harus dan tidak boleh dimakan saat Anda demam?
Sebagian besar dari kita berpikir bahwa ketika kita sakit kita harus makan telur, karena telur sangat tinggi proteinnya. Namun, telur dianjurkan sebagai makanan yang tidak boleh dimakan saat demam. Karena panas yang dikeluarkan saat tubuh mencerna makanan ini sangat tinggi, maka akan membuat demam semakin parah.

Mengapa penderita demam sama sekali tidak boleh makan telur?

Sama halnya dengan telur, madu juga memiliki efek yang sama, jadi sebaiknya batasi konsumsi makanan ini saat demam.

Jangan makan makanan yang digoreng atau dipanggang

Jangan makan gorengan atau panggang saat demam
Makanan siap saji, terutama gorengan, akan menyebabkan peradangan karena kandungan lemaknya yang tinggi, yang akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dengan cepat.

Jangan minum jus kalengan

Jus ini mengandung banyak gula, yang akan mengurangi kemampuan sel darah putih untuk melawan penyakit.Ketika Anda demam, sistem kekebalan Anda lemah, yang terbaik adalah membatasi jus kalengan.

Batasi makanan pedas dan makanan pedas

Bumbu pedas, makanan pedas panas akan menyebabkan tubuh memproduksi banyak panas. Oleh karena itu, inilah alasan mengapa penderita demam harus membatasi penggunaan makanan pedas panas.

Semoga melalui artikel ini, Anda dapat mengetahui makanan apa saja yang boleh dimakan dan tidak boleh dikonsumsi saat demam, untuk membantu tubuh Anda pulih lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.