apa itu backlink

Apa itu Backlink?

Apa itu Backlink? – Backlink adalah link dari satu halaman di satu website ke website lainnya. Jika seseorang menautkan ke situs Anda, maka Anda memiliki tautan balik dari mereka. Jika Anda menautkan ke situs web lain, mereka memiliki tautan balik dari Anda.

BackLink, juga dikenal sebagai “tautan masuk” atau “tautan masuk”, dibuat ketika sebuah situs web menautkan ke halaman lain. Tautan antara dua situs web disebut Backlink.

Backlink adalah salah satu faktor terpenting untuk SEO setelah konten. Tautan balik dapat berupa teks Anchor atau karakter Tautan Penuh dan tergantung pada optimasi Pemasar, itu dinyatakan secara berbeda. Lagi pula, itu semua dilakukan dengan tujuan meningkatkan peringkat mesin pencari.

Semakin banyak Backlink berkualitas yang dimiliki situs web, semakin tinggi peluang untuk mencapai Top page

Mengapa Backlink Penting untuk SEO?

Backlink membantu melakukan tiga hal utama dalam SEO:

  • Tingkatkan peringkat konten yang ditautkannya
  • Konsep sederhana jika Anda ingin layanan SEO Anda lebih tinggi dari pesaing Anda, salah satu faktornya adalah backlink.

Mesin pencari seperti Google melihat backlink sebagai suara kepercayaan atau “suara” dari satu situs web ke situs web lainnya.

Secara umum, semakin banyak suara yang dimiliki halaman web Anda, semakin besar kemungkinan peringkat mereka untuk kueri pencarian yang relevan.

Intinya, backlink ke situs Anda adalah tanda bahwa orang lain mengamankan konten di situs web Anda ke mesin pencari.

Jika beberapa situs web menautkan ke Halaman atau Situs Web yang sama, mesin pencari dapat menyimpulkan bahwa konten tersebut berharga, dan karenanya juga berharga untuk peringkat di SERP (Peringkat).

Jadi, mendapatkan Tautan Balik berkualitas dapat berdampak positif pada posisi peringkat kata kunci situs web atau visibilitas pencarian.

Bantu Google merayapi konten lebih cepat

Mesin pencari menemukan konten baru dengan mengunjungi kembali halaman yang sudah mereka ketahui untuk memeriksa tautan baru.

Karena mesin pencari mengunjungi kembali halaman populer lebih sering daripada yang tidak populer, mereka dapat merayapi konten Anda lebih cepat jika Anda mendapatkan tautan balik dari situs populer.

Hasilkan lalu lintas rujukan

Tautan balik dibuat untuk mengarahkan orang ke sumber informasi yang bermanfaat. Itu sebabnya mereka dapat diklik.

Ketika seseorang mengklik tautan ke situs web Anda, Anda mendapatkan lalu lintas rujukan.

Jenis-jenis Backlink

Tautan balik datang dalam berbagai bentuk, dibagi ke dalam kategori berikut:

Tautan teks

Ini adalah kata-kata, frasa kata kunci dengan tautan. Saat Anda mengklik kata atau frasa ini, mereka mengarahkan pengguna ke web yang ditautkan. Ini adalah jenis tautan yang paling umum digunakan saat ini, terutama dalam SEO.

Tautan gambar

Ini adalah tautan yang dilampirkan ke gambar. Setelah pengguna mengklik gambar, itu akan mengarah ke situs web yang ditautkan. Jenis ini juga sering digunakan dalam artikel SEO.

Tautan telanjang

Ini adalah tautan jenis URL yang dilampirkan langsung di artikel.

Tautan Internal

Tautan yang berpindah dari satu halaman ke halaman lain dalam domain yang sama disebut tautan internal.

Tautan dofollow

Ini adalah tautan berharga dalam SEO Offpage. Untuk jenis tautan ini, izinkan Google untuk mengindeks berbagi konten.

Penggunaan tautan Dofollow memiliki banyak potensi manfaat dan juga risiko. Jika konten yang diposting di web bagus, banyak orang yang mempostingnya, Google akan menghargai situs web Anda. Sebaliknya, jika konten yang diindeks di halaman Anda tidak bagus, maka Anda akan kehilangan skor peringkat Google.

Tautan nofollow

Berlawanan dengan tautan Dofollow, konten yang diposting di web tidak akan memengaruhi situs web Anda sama sekali. Namun, mereka tidak efektif dalam hal SEO.

Bagaimana mempengaruhi backlink

Proses membuat dan mendapatkan backlink adalah komponen penting dari SEO off-page. Proses memperoleh tautan ini disebut Penghasilan tautan atau Pembuatan tautan.

Beberapa Backlink lebih berharga daripada yang lain. Tautan balik dari situs web terkemuka, populer, dan lalu lintas tinggi dianggap sebagai tautan balik berkualitas dan semua orang ingin menghasilkan.

Sementara tautan balik dari situs web bereputasi rendah, situs yang berpotensi berisi spam seperti forum, situs web pembuatan blog seringkali merupakan tautan balik berkualitas rendah. Dengan jenis backlink ini, Anda harus meninggalkan tag nofollow.

Sama seperti beberapa Tautan Balik yang Anda peroleh akan lebih berharga daripada yang lain, tautan yang Anda buat untuk situs web lain juga bervariasi nilainya.

Saat menautkan ke situs web eksternal, pilihan yang Anda buat terkait halaman yang Anda tautkan (otoritas halaman, konten, aksesibilitas mesin telusur, dll.), apakah Anda memilih tautan Dofollow atau Nofollow, itu mungkin akan mempengaruhi nilai dengan halaman tertaut yang Anda berikan.

baca juga ; konsep dasar seo

Konsep Dasar SEO

Ok, sudahkah kita memahami definisi backlink?

Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas dan kriteria apa saja yang menilainya sebagai backlink yang berkualitas.

Apa itu backlink yang baik dan backlink yang buruk?

Bagaimana cara mengidentifikasi backlink yang baik atau buruk? Dan bagaimana membangun backlink yang baik. Artikel ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan ini.

Cara membangun Backlink

Apa saja cara-cara membangun Backlink yang biasanya dilakukan SEO? Artikel ini akan membantu Anda membuat daftar 23 cara umum untuk membangun backlink.

Tautan balik dari sumber yang relevan

Mesin pencari ingin memberikan relevansi dalam hasil pencarian mereka dan oleh karena itu untuk menentukan backlink yang berkualitas harus menjadi faktor pertama yang dipertimbangkan.

Tautan balik dapat relevan pada level yang berbeda.

Mesin pencari melihat relevansi keseluruhan dari halaman tautan, relevansi halaman tertentu dengan tautan di halaman itu, dan relevansi konten di sekitar tautan.

Tautan balik dari situs web tepercaya

Satu hal yang pasti, backlink yang berkualitas tinggi akan berasal dari situs yang memiliki kepercayaan tinggi, karena situs yang berkualitas tinggi juga akan menjadi situs yang sangat dapat dipercaya.

Saat ini, untuk mendapatkan backlink dari sumber tersebut, Anda hanya perlu membeli artikel PR.

Dapatkan lalu lintas dari tautan balik itu

Sebelum mesin pencari mulai menggunakan tautan balik sebagai faktor peringkat, tujuan awal tautan balik adalah untuk menambah nilai pada halaman dengan mengarahkan pengunjung ke sumber daya di situs web terkait.

Fakta bahwa Anda mendapatkan backlink dari situs web dengan lalu lintas tinggi dan posisi backlink Anda menghasilkan banyak lalu lintas ke situs web Anda, maka selain Anda mendapatkan kekuatan dari tautan balik itu untuk meningkatkan peringkat kata kunci, Anda juga dapat Menjangkau pelanggan Anda lebih baik dari sumber terpercaya.

Teks Jangkar Tepat / Frasa / Sinonim yang Digunakan

Kualitas backlink akan meningkat jika kata-kata yang membentuk teks tertaut adalah kata kunci target yang ingin Anda peringkatkan.

Tidak wajar memiliki banyak backlink dengan teks jangkar yang sama persis, jadi gunakan beberapa variasi kata kunci target Anda.

Tautan Balik dalam Konten Berkualitas

Tautan balik konten (yaitu tautan balik yang ditempatkan di dalam blok teks) adalah jenis tautan yang paling dihargai oleh mesin telusur, dan jika tautan tersebut disertakan di kepala konten maka itu adalah tautan penting.

Oleh karena itu, backlink yang ditempatkan di area konten utama halaman, dan di bagian atas area konten itu, dianggap lebih berkualitas daripada tautan yang ditempatkan di sidebar atau footer.

Catatan: Tidak semua Backlink di semua konten dianggap berkualitas. Hanya kualitas ketika konten harus memastikan kualitas.

Tautan balik ditempatkan di sebelah tautan balik ke situs web Otoritas

Jika backlink Anda termasuk pada halaman yang menautkan ke situs berkualitas tinggi, terutama yang berada di lokasi yang sama, situs Anda akan dinilai lebih baik.

Tetapi jika tautan lain menuju ke situs berkualitas rendah, situs Anda belum tentu diklasifikasikan sebagai berkualitas rendah, tetapi mesin telusur mungkin memilih untuk tidak menyertakan tautan tersebut, faktor positif atau negatif.

Tautan balik dari banyak Referdomain berbeda

Ada korelasi kuat antara peringkat yang lebih tinggi untuk sebuah situs web dan jumlah situs web unik (yaitu domain berbeda yang dihosting di alamat IP yang berbeda) yang menautkannya.

Lebih baik memiliki 10 tautan dari 10 situs berbeda daripada 100 tautan dari 3 situs berbeda. Satu hal yang memotivasi Anda untuk terus bekerja adalah selalu mencari sumber backlink terbaru untuk website Anda.

Jumlah Tautan Balik lain pada halaman dengan tautan

Kepercayaan dan Otoritas atas halaman yang memiliki tautan balik ke situs Anda di dalamnya dibagi antara semua tautan di halaman itu dan semakin sedikit tautan yang ada di halaman tersebut, semakin tinggi kualitas tautan di halaman tersebut, karena Kepercayaan dan Otoritas ditransmisikan kurang encer.

Ini tergantung pada beberapa faktor, tetapi sebagai aturan umum, boleh saja menautkan ke situs Anda di halaman dengan kurang dari 10 tautan eksternal lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.