5 Langkah Menggapai Kebebasan Finansial yang Didambakan Para Karyawan

Generasi milenial saat ini banyak yang memiliki tujuan untuk mencapai kebebasan finansial di usia muda. Malahan ada yang sampai menganut konsep frugal hingga kehidupan minimalis agar bisa mencapai kebebasan finansial di usia-usia 40 tahun hingga 50 tahun.

 

Contoh sederhana sebenarnya sudah ada di sekeliling kita. Seperti juragan kontrakan dan juragan kosan yang punya pemasukan setiap bulan hingga tidak perlu lagi bekerja sebagai karyawan atau berjualan barang. Contoh kecil itulah yang ingin ditiru dengan konsep yang berbeda-beda saat ini.

 

Nah, rata-rata keinginan bebas finansial itu memang menjadi cita-cita luhur para karyawan. Sayangnya ada beberapa orang yang pada akhirnya tidak bisa sampai melewati beberapa tahapan kebebasan finansial yang diidamkan. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilewati agar mendapatkan kebebasan finansial secara paripurna.

Periksa kondisi keuangan

Sebagai langkah awal tentu kamu perlu mengetahui kondisi keuangan kamu. Kapan memulai dan harus membuat strategi seperti apa demi menapaki kebebasan finansial sesuai dengan target yang diharapkan.

Akan sangat berbeda jika kamu memulai memeriksa kondisi keuangan di usia muda dengan saat sudah memiliki anak-anak. Artinya semakin muda menetapkan target dan tujuan kebebasan finansial akan semakin awal dalam menentukan langkah berikut yang perlu dilakukan dengan jalan yang lebih ringan karena tidak ada beban yang perlu diselesaikan terlebih dahulu.

Upayakan hidup dari pendapatan sendiri

Berapapun pendapatan kamu, upayakan untuk tetap hidup secara mandiri. Tahapan ini adalah tahapan penting bagaimana pada akhirnya kamu bisa mandiri dengan kaki sendiri. Awal lulus kuliah dan punya pekerjaan mungkin akan menjadi titik tolak dalam kehidupan kamu setelah sekian lama disokong oleh orang tua hingga akhirnya mendapatkan pekerjaan pertama kali.

Jika posisi memulainya berbeda terutama bagi yang sudah punya utang, upayakan untuk membayar utang-utang yang bunganya paling tinggi sesegera mungkin sehingga akan lebih longgar dalam menata keuangan.

Jika opsinya tetap harus mendapatkan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan, pilihlah paylater yang memberikan bunga rendah serta tidak ada biaya tersembunyi seperti Kredivo. Apalagi Kredivo bisa digunakan di lebih dari 1000 merchant seperti Tokopedia, Blibli, Shopee, hingga JD.ID. 

JD.ID paylater dari Kredivo memberikan layanan cicilan 3 bulan tanpa bunga. Selain itu ada juga opsi tenor lebih panjang 6 dan 12 bulan dengan bunga rendah 2,6% per bulan. Limit yang diberikan pun lebih tinggi dibandingkan paylater lain hingga Rp30 juta bagi member premium.

Tidak perlu khawatir jika JD.ID paylater tidak bisa digunakan jika kamu memilih Kredivo. Layanan Kredivo bisa diakses kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan aplikasinya langsung.

Sisihkan pendapatan untuk dikembangkan

Pada tahapan ini bisanya karyawan yang sudah bisa mengelola keuangannya hingga bisa menyisihkan pendapatan untuk tabungan, uang darurat, hingga asuransi kesehatan. Selain itu sudah ada pendapatan yang bisa dikembangkan untuk modal investasi awal.

Simpan uang dingin pada instrumen yang tepat

Langkah ini memang tidak banyak yang bisa mencapainya. Namun, ketika sudah melalui langkah ini, kondisi keuangan kamu sudah mulai stabil dan bebas dari utang. Sekalipun ada, kamu bisa melunasinya dalam waktu singkat. 

Inilah titik pentingnya dimana kamu bisa menyimpan uang dingin untuk berbagai instrumen investasi yang beragam. Misalnya seperti obligasi, reksadana hingga saham.

Saatnya menunggu pensiun dini

Konsep lain yang juga banyak dilakukan oleh generasi milenial adalah dengan menabung saham blue chip. Bukan lagi deposito atau emas. Namun, ini pun harus didasari dengan pengetahuan yang tepat sehingga pensiun dini bisa lebih terwujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.