Ini Dia 6 Teknik Dasar Bagaimana Cara Memegang Bola Basket Yang Benar

6+ Teknik Cara Memegang Bola Basket yang Benar [Gambar]

Jika anda mendengar kata basket pasti ingatan yang anda tangkap adalah bagaimana cara melakukan teknik slam dunk atau teknik keren lainnya yang bisa dilakukan dalam permainan basket. Padahal sebelum bisa melakukan teknik – teknik sulit tersebut tentu kita harus memahami tentang teknik dasar dalam permainan bola basket. Jika kita lulus dalam teknik dasar barulah kita belajar tentang teknik lainnya dalam permainan basket.

Salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket yang seringkali disepelekan adalah teknik dan cara memegang bola basket yang benar. Banyak orang beranggapan bahwa kita bisa memegang bola basket dengan cara seperti apapun selama masih menggunakan tangan. Padahal ada teknik dan cara yang jelas tentang bagaimana kita bisa memegang bola basket.

Teknik atau cara memegang bola basket yang benar ini juga menjadi kunci keberhasilan kita saat bermain basket. Karena jika cara memegang bola basket kita benar maka kita bisa menguasai bola dalam keadaan apapun meski sambil berlari sekalipun. Untuk itu penting bagi anda yang memang ingin serius di bidang basket mengetahui dan memahami tentang cara memegang bola basket yang benar.

Jika anda penasaran tentang bagaimana cara memegang bola basket yang benar, berikut ini terdapat beberapa cara memegang bola basket yang bisa anda ikuti.

  1. Menggerakan bola berukuran kecil

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar anda bisa memegang bola basket dengan benar yaitu dengan berlatih memegang bola berukuran kecil. Biasakan dulu untuk memegang bola yang lebih kecil baru setelah terbiasa anda bisa berlatih dengan menggunakan bola yang besar. Dengan begitu maka kekuatan jari – jari anda akan lebih terbiasa.

  1. Memegang bola untuk mengoper

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk memegang bola basket yaitu dengan membiasakan diri mengoper bola ke rekan satu tim. Atau bisa juga anda berlatih untuk berpura – pura akan mengoper bola ke lawan. Dengan cara tersebut maka jari – jari anda bisa lebih terlatih dan juga bola tidak mudah lepas dari jangkauan anda.

  1. Memegang bola dengan cara diremas

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memegang bola yaitu dengan cara meremasnya dengan kedua tangan. Cara seperti ini dilakukan untuk membuat kekuatan jari menjadi lebih meningkat saat sedang memegang bola. Dengan begitu skill mengoper dan juga melakukan shooting bola akan ikut membaik karena jari – jari akan menjadi lebih kuat.

  1. Memegang bola dengan menggunakan 4 jari

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memegang bola yaitu memegangnya dengan menggunakan 4 jari. Dalam teknik ini anda menggunakan semua jari kecuali jari kelingking. Dalam teknik memegang bola ini ujung jari menjadi tumpuan terkuat bola agar boal tidak mudah jatuh atau lepas dari jangkauan tangan.

  1. Meletakan jari – jari pada jalur bola

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memegang bola yaitu dengan meletakan jari – jari pada setiap jalur bola. Anda bisa meletakan ibu jari pada bagian jalur tengah bola dan sisanya disimpan di setiap jalur bola dengan diberikan sedikit jarak. Penempatan jari di jalur bola ini akan sangat membantu anda saat memegang bola.

  1. Memegang dengan tangan membentuk mangkuk

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memegang bola adalah dengan membentuk tangan seperti mangkuk besar. Cara ini merupakan sikap awal yang paling aman untuk memegang bola dalam keadaan apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.