Home / Article Placement / Jenis-Jenis Kompresor Angin Yang Harus Anda Ketahui

Jenis-Jenis Kompresor Angin Yang Harus Anda Ketahui

kompresor angin

Sementara ada kompresor yang menggunakan komponen putar yang berputar untuk menghasilkan tekanan angin, kompresor yang bergerak positif lebih umum digunakan. Dan ini termasuk model yang digunakan oleh orang rumahan, pengrajin kayu, mekanik dan kontraktor. Pada kompresor ini tekanan angin ditingkatkan dengan mengurangu ukuran ruang yang berisi udara. Sebagaian besar kompresor yang Anda gunakan melakukan tugas ini dengan lantak yang bergerak maju mundur.

Kompresor Lantak Konvensional

Seperti mesin pembakaran internal kecil, kompresor lantak konvensional memiliki poros mesin, suatu batang penghubung dan lantak, silinder dan kepala katup. Poros mesin dipicu dengan motor listrik atau mesin bensin. Sementara ada model-model yang lebih kecil yang terdiri dari pompa dan motor saja, kebanyakan kompresor memiliki tangki udara untuk menjaga kuantitas udara di dalam rentang tekanan yang tetapkan sebelumnya. Udara yang dimampatkan di dalam tangki memicu peralatan angin dan siklus motor akan menyala dan mati untuk secara otomatis menjaga tekanan di dalam tangki.

Cara Kerja Kompresor

Pada bagian atas silinder, Anda akan menemukan kepala katup yang menahan lubang masuk dan katup pembuangan. Keduanya merupakan tutup logam tipis, satu terpasang di bawah dan satu dipasang di bagian atas lempeng katup. Seiring dengan turunnya lantak, ruang hampa dibuat di atasnya. Hal ini memungkinkan udara di luar pada tekanan atmosfir untuk menekan membuka katup lubang masuk dan mengisi wilayah di atas lantak. Seiring dengan lantak bergerak naik, udara di atasnya akan memampat, menahan katup lubang masuk menutup dan menekan katup pembuangan terbuka. Udara masuk dari saluran pembuangan ke tangki. Pada setiap pukulan, lebih banyak udara memasuki tangki dan tekanan meningkat.

Silinder Kompresor

Kompresor biasa hadir dalam versi 1 silinder atau 2 silinder untuk memenuhi kebutuhan peralatan yang akan diberi daya. Pada tingkat penggunaan rumahan atau kontraktor, kebanyakan model 2 silinder dioperasikan seperti versi 1 silinder. Kecuali jika ada dua pukulan per revolusi, bukan hanya satu. Beberapa kompresor 2 silinder komersial merupakan kompresor 2 tahap satu lantak yang memompa udara ke dalam silinder kedua yang menaikkan tekanan lebih lanjut.

Fungsi Saklar Tekanan

Kompresor menggunakan saklar tekanan untuk menghentikan motor ketika tekanan tangki mencapai batas yang telah ditetapkan sebelumnya. Batas ini sekitar 125 psi untuk kebanyakan model tahap tunggal. Seringkali walaupun Anda tak membutuhkan tekanan sedemikian besar. Oleh karena itu saluran udara akan mencakup regulator yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan tekanan dari peralatan yang Anda gunakan. Suatu pengukur sebelum regulator akan memantau tekanan tangki dan pengukur setelah regulator memantau tekanan saluran udara. Selain itu, tangki juga memiliki katup keselamatan yang terbuka jika terjadi kerusakan pada saklar tekanan. Saklar tekanan kemungkinan juga mencakup katup buangan yang mengurangi tekanan tangki ketika kompresor dimatikan.

Banyak kompresor lantak sambungan dilumasi dengan minyak. Dengan demikian kompresor tersebut berlumuran minyak yang memercikkan pelumas pada bantalan dan dinding silinder seiring poros berputar. Lantak memiliki cincin yang membantu udara yang dimampatkan pada bagian atas lantak adan menjaga jarak minyak pelumas dari angin. Namun demikian cincin tersebut tak sepenuhnya efektif, sehingga sejumlah minyak akan masuk ke udara yang dimampatkan dalam bentuk erosol.

Harga Kompresor

Demikianlah penjelasan mengenai bebeberapa jenis kompresor angin dan cara kerjanya. Bila ingin mengetahui harga kompresor dari masing-masing jenis tersebut maka Anda dapat mencarinya di toko online atau menghubungi langsung pabrik atau distributor pembuat kompresor tersebut.

Pada toko online Anda dapat membandingkan langsung antara harga kompresor listrik dengan kompresor bensin. Tentu saja selain perbandingan harga masing-masing jenis, Anda juga harus menyesuaikan pilihan dengan penggunaan kompresor tersebut dengan alat yang membutuhkan tekanan angin.

.oOo.

Jenis-Jenis Kompresor Angin Yang Harus Anda Ketahui

Facebook Comment..
Views 104 x, today 1 x

Baca Juga Yang Ini

Wah, Ternyata Filipina Juga Punya Makanan Khas yang Istimewa!

Filipina memang masih kalah tenar dengan Thailand dan Singapura dalam bidang pariwisata. Tetapi negara kepulauan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *