Home / Article Placement / Tips Menjelajahi Pasar Terapung di Banjarmasin

Tips Menjelajahi Pasar Terapung di Banjarmasin

Banjarmasin kerap disebut sebagai kota seribu sungai. Ini pula yang menjadikannya sebagai ciri khas di kalangan wisatawan. Salah satu kawasan ikonik yang wajib dikunjungi di Banjarmasin adalah Pasar Terapung, yaitu pasar tradisional yang berada tepat di atas Sungai Barito.

banjarmasin

(sumber : getborneo.com)

Pasar ini hanya beroperasi dari pukul 06.30 pagi hingga pukul 08.00 WITA. Di tempat ini, baik pedagang maupun para pembeli harus menggunakan jukung atau perahu sebagai sarana berjualan ataupun transportasi.

Meski bukan bermaksud berjualan atau membeli barang kebutuhan, mengunjungi Pasar Terapung tentu memberikan sensasi unik bagi wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin. Selain menemukan hal yang baru, menjelajahi Pasar Terapung juga bisa memperkaya wawasan akan kebudayaan masyarakat setempat.

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke sana, berikut beberapa tips yang Anda butuhkan untuk menikmati kawasan Pasar Terapung Banjarmasin.

  1. Sewalah Kapal Kecil (Kelotok)

Salah satu Pasar Terapung yang terkenal ada di wilayah Lok Baintan. Untuk menuju ke sana, Anda diharuskan menyewa kelotok dari beberapa titik keberangkatan. Upayakan untuk menyewa sehari sebelumnya supaya Anda tinggal menyiapkan fisik saat berangkat.

Selain menyewa kelotok, Anda juga bisa memakai kendaraan lain, misalnya motor atau mobil dari titik keberangkatan yang lebih dekat. Namun tetap menyewa kelotok adalah pilihan terbaik jika Anda suka mengeksplorasi pemandangan sungai sekaligus memotret obyek human interest di sekitar sungai.

Jika tidak sempat menyewa kelotok sehari sebelumnya, Anda masih bisa menyewa kapal saat akan berangkat—asalkan datang lebih pagi. Biasanya pukul 4 pagi, penyewa kelotok sudah stand by di titik keberangkatan.

  1. Bangun Lebih Pagi

Alasan Anda harus bangun lebih pagi karena Pasar Terapung di Lok Baintan mulai beroperasi pukul 06.00 hingga 08.00 WITA. Dengan memperkirakan waktu perjalanan sampai ke tujuan, sebaiknya Anda bangun saat subuh supaya tidak melewatkan momen menyusuri sungai dan bergabung bersama penjual dan pembeli di pasar.

  1. Ikut Menjajal Naik Perahu Jukung Milik Pedagang

Jukung adalah perahu kecil yang biasa dimanfaatkan para pedagang dan pembeli. Biasanya satu jukung hanya dinaiki satu pedagang. Mintalah secara baik-baik jika Anda ingin menaiki. Seringnya para pedagang dengan senang hati mengajarkan Anda menaiki perahunya.

Jika sudah berkeliling dan pasar sudah selesai beroperasi, Anda akan diantar kembali ke kapal. Umumnya, ikut menaiki jukung tidak dipungut biaya. Namun, jika Anda punya sedikit uang lebih, bayarlah seikhlasnya meskipun para pedagang tidak meminta.

  1. Perhatikan Barang Bawaan

Meski jarang sekali ada peristiwa pencurian, setidaknya Anda harus berhati-hati saat berkeliling pasar terapung. Bawalah hanya barang yang penting saja. Membawa tas yang terlalu berat akan menyulitkan Anda saat naik ke perahu atau kapal. Belum lagi adanya risiko barang tercebur ke sungai atau hilang tertinggal di kapal.

  1. Jangan Buang Sampah di Sungai

Saat melakukan perjalanan menyusuri pasar, Anda mungkin tertarik untuk membeli buah atau sekadar mencicipi jajanan yang dijajakan. Jangan sekali-sekali membuang sampahnya ke sungai. Kumpulkanlah sampah Anda di dalam kelotok sampai perjalanan ke darat. Setelah itu baru Anda keluarkan untuk dibuang.

Karena harus berangkat di subuh hari, alangkah baiknya jika Anda menginap satu hari sebelumnya di kota tersebut.  Jangan khawatir dengan mahalnya biaya penginapan, karena ada hotel murah di Banjarmasin yang bisa Anda sewa, salah satunya di hotel-hotel yang berada di jaringan hotel Airy Rooms.

Sebagai jaringan hotel dan guest house terbesar di Indonesia, Airy Rooms tidak hanya menawarkan biaya penginapan yang murah tetapi juga fasilitas yang memadai—tidak kalah dari hotel berbintang lainnya.

Tempat tidur bersih dilengkapi dengan shower air panas, AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, air minum dan juga wifi gratis, tentunya akan membuat acara menginap Anda lebih nyaman dan menyenangkan.

Cara pemesanannya pun cukup mudah, bisa langsung melalui website Airy Rooms atau melalui aplikasi di Android maupun iOS. Adapun pembayarannya bisa dilakukan dengan cara transfer, kartu kredit, atau melalui gerai Indomaret. Selamat menjelajahi pasar terapung di Banjarmasin ya.

Facebook Comment..
Views 26 x, today 1 x

Baca Juga Yang Ini

Jenis-Jenis Kompresor Angin Yang Harus Anda Ketahui

Sementara ada kompresor yang menggunakan komponen putar yang berputar untuk menghasilkan tekanan angin, kompresor yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *