Home / Article Placement / Mengenal Kolesterol

Mengenal Kolesterol

kolesterolBanyak orang yang berpendapat bahwa kolesterol benar – benar harus dihindari dan makanan yang mengandung kolesterol harus dijauhi. Padahal tidak semua kolesterol yang ada di muka bumi ini bersifat jahat dan membunuh. Karena pada hakikatnya tubuh membutuhkan kadar kolesterol yang baik.

Kolesterol jahat dan  yang baik di dalam tubuh haruslah seimbang agar bisa dikatakan tubuh sehat. Jika kadar kolesterol dalam tubuh lebih banyak yang jahat daripada yang baik, akan memberikan banyak penyakit pada diri seseorang seperti penyakit jantung atau stroke.

Kolesterol merupakan zat lilin yang berada pada tubuh dan juga berasal dari makanan yang kita konsumsi. Bagian tubuh yang memproduksinya yaitu hati. Banyaknya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh serta lemak trans menyebabkan hati banyak memproduksi lebih banyak kolsterol. Terlalu banyak kadar kolesterol yang jahat (LDL) dalam darah mengakibatkan timbulnya plak yang mengganggu terhambatnya aliran darah. Karena tersumbatnya aliran darah inilah yang menyebabkan penyakit jantung atau stroke kambuh. Sebenarnya ada batasan kadar kolesterl yang baik untuk tubuh.

Kadar kolsterol ini setidaknya diukur setiap 5 tahun sekali yang berusia lebih dari 20 tahun. Jika anda ingin menjaga kesehatan anda, hal pertama yang dapat anda lakukan dengan menyeimbangkan kadar kolestrol baik (HDL) dengan kadar kolestrol yang buruk (LDL). Keduanya dapt seimbang jika mengonsumsi makanan – makanan yang baik dan bergizi. Selain itu anda harus rutin berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu. Karena dengan olahraga dapat membakar lemak yang ada dalam tubuh. Jika lemak jenug dan lemak trans di dalam tubuh sedikit, maka kadar koles terol di dalam darah pun tidak akan meningkat.

Ketika proses pengecekan kadar koles terol dalam tubuh, anda dapat mengetahui kadar HDL, LDL, dan trigliserida. Trigliserida ini merupakan salah satu jenis turunan lemak yang terdaat pada darah seseorang. Biasanya, untuk orang dewasa memiliki kadar total sebesar 200 mg/dl. Kadar koles terol LDL nya sebesar 100 mg/dl dan kadar HDL nya sebesar 100 mg/dl.Hosting Unlimited Indonesia

Facebook Comment..
Views 19 x, today 1 x

Baca Juga Yang Ini

Perusahaan Jepang Tawarkan Layanan “Penghancur Pasangan”

Kumparan – Sudah ribuan cara dilakukan agar pasangan Anda berhenti selingkuh namun masih gagal juga? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *