Press "Enter" to skip to content

Jaga Kesehatan Bayi Anda Jika Ia Terlahir Prematur

kesehatan bayi

 

Menjaga kesehatan bayi prematur yang baru lahir memang agak susah-susah gampang. Banyak hal yang perlu anda perhatikan yang mungkin saja sepele tapi bisa berdampak cukup besar, contohnya adalah dalam pemilihan deterjen baju bayi. Pilihlah yang cocok untuk kulit bayi yang sensitif seperti produk Sleek Baby. Untuk harga produk Sleek Baby bisa anda cek di berbagai e-commerce.

Hal kecil lain yang bisa jadi pengaruh yang cukup besar adalah memperhatikan posisi tidur bayi. Pastikan bayi tidur telentang, tidak miring, atau tengkurap. Hal ini bertujuan mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak yang lebih umum terjadi pada bayi prematur dibandingkan pada bayi yang lahir sesuai waktunya.

Bunda mungkin akan sering terjaga di malam hari hingga enam bulan setelah tanggal melahirkan yang seharusnya. Ini dikarenakan bayi prematur biasanya tidur lebih sering dibandingkan bayi lain, namun dengan durasi yang lebih singkat.

Jauhkan juga bayi anda dari orang-orang yang kurang sehat. Lindungi bayi dari risiko tertular virus oleh orang-orang di sekitarnya, entah dari anggota keluarga, teman, atau kerabat yang sedang menjenguk. Selain itu, jauhkan bayi dari tempat umum yang tertutup selama minimal dua tahun pertama. Paparan asap kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah, termasuk asap rokok pun wajib untuk dihindari karena paru-paru bayi prematur belum sempurna.

Konsultasikan juga asupan makanan bayi dengan dokter. Kebanyakan dokter menyarankan untuk memberi asupan makanan padat pada bayi prematur sejak dia berusia 4-6 bulan terhitung setelah waktu lahir yang seharusnya. Jangan memaksakan memberi makanan padat karena bayi prematur membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mampu menelan.

Selain perawatan bayi prematur, perawatan Bunda juga tetap perlu diperhatikan. Luangkan waktu bersama si Manis untuk mengajaknya bicara dan bercanda dengan penuh kasih. Tidak hanya bermanfaat untuk bayi, aktivitas ini juga berguna bagi Bunda untuk memulihkan kondisi emosi. Terlepas dari itu semua, jangan lupa untuk merawat diri Bunda sendiri dan cukupi waktu istirahat.

Merawat bayi sejak lahir adalah bagian terpenting sebagai awal dalam perjalanan meraih masa depan yang gemilang bagi putra-putri anda..

(Visited 32 times, 1 visits today)

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.