Kebiasaan di Gym yang Dapat Menyebabkan Nyeri Bahu

Gym merupakan tempat banyak orang untuk melakukan olahraga secara rutin. Hal tersebut disebabkan karena gym memiliki fasilitas yang lengkap untuk membentuk tubuh yang ideal. Selain itu gym juga memiliki personal trainer berpengalaman sehingga dapat membantu Anda untuk melakukan latihan yang tepat. Namun, jangan salah. Melakukan olahraga di gym juga dapat menimbulkan nyeri otot bahu bila Anda keliru dalam melakukannya.

Sebenarnya, ada beberapa kebiasaan saat kita berada di gym yang dapat menyebabkan cedera, antara lain:

  1. Beban yang diangkat terlalu berat. Apakah Anda pernah tergesa-gesa ingin membentuk lengan, namun mengangkat beban yang terlalu berat, bahkan hingga melebihi batas toleransi yang bisa diterima oleh tubuh? Beban besi yang terlalu berat bisa membuat kita mengayunkan beban terlalu keras, padahal seharusnya beban diletakkan di bawah lantai secara perlahan. Lebih baik, angkat 60 hingga 70 persen dari beban berat yang dapat Anda angkat.
  2. Berolahraga secara berulang-ulang dengan alat yang sama. Melakoni rutinitas di gym selama bertahun-tahun dengan alat yang itu-itu saja dapat menekan otot di tempat yang sama setiap berolahraga. Untuk menghindari nyeri otot pada bagian bahu, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan seperti mengkombinasikan latihan yang berbeda, mengubah rutinitas, hingga mencoba sebuah latihan yang berbeda dari yang biasanya dilakukan.
  3. Tidak melakukan pemanasan. Usahakan selalu melakukan pemanasan sebelum melakukan latihan. Pemanasan merupakan bagian paling penting dari rutinitas gym. Lakukan pemanasan secara bertahap dan bertingkat. Luangkan 5 hingga 10 menit untuk melakukan pemanasan.
  4. Keliru saat melakukan gerakan. Teknik gerakan yang buruk dapat mengganggu latihan Anda, bahkan yang paling buruk adalah membahayakan tubuh. Salah mengoperasikan sebuah alat pun juga bisa menyebabkan cedera.

Jadi, hindari melakukan aktivitas di atas agar terhindari dari nyeri otot. Namun, jika bahu mengalami nyeri otot, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan koyo, sedangkan jika terjadi kecelakaan saat gym seperti tangan berdarah, Anda bisa langsung menggunakan plester luka anti air, agar luka tidak terkena infeksi dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *