Press "Enter" to skip to content

Hindari Masalah Pencernaan berikut Ini

Masalah pencernaan

Memiliki pola hidup yang sehat sangat penting agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi, menjaga pola tidur sampai rutin berolahraga. Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti bisa menghindarkan kita dari berbagai masalah pada sistem kerja tubuh. Sebab, ada kalanya tubuh mengalami masalah pada sistem pencernaan hingga membuat proses penyerapan nutrisi terhambat. Obat sembelit dan susah bab pun jadi kebutuhan yang penting agar hal tersebut tidak terjadi. Tapi, apa sajakah masalah pada sistem pencernaan yang perlu kita ketahui? Inilah beberapa diantaranya.

Esofagitis

Sistem pencernaan perlu dilindungi karena berkaitan dengan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh kita. Saat sistem pencernaan kita terganggu, maka penyerapan nutrisi akan menjadi tidak optimal hingga berdampak ke anggota tubuh lainnya. Salah satu masalah pencernaan yang perlu diwaspadai adalah esophagitis.

Esofagitis merupakan masalah saluran pencernaan yang menyerang area kerongkongan. Sebagai jalur makanan menuju lambung, kerongkongan punya peran yang sangat besar dalam sistem pencernaan. Ketika mengalami esophagitis, penderita akan merasakan nyeri, sulit menelan serta rasa sakit pada bagian dadanya karena adanya peradangan. Kondisi esophagitis yang tidak ditangani segera bisa membuat kerongkongan jadi semakin parah yakni terdapat penyempitan yang semakin mempersulit masuknya makanan ke lambung.

Kolesistitis dan Batu empedu

Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem tubuh yang perlu dijaga betul kesehatannya. Sebab, adanya masalah pada sistem pencernaan akan berdampak pula pada organ tubuh lainnya atau sistem kerja organ tubuh lainnya. Salah satu yang bisa terserang adalah area empedu atau hati. Penyakit batu empedi dan kolsistitis merupakan dua penyakit yang bisa terjadi apabila ada masalah pada sistem pencernaan tubuh kita.

Kolesistitis adalah peradangan pada batu empedu akibat tersumbatnya kantung empedu oleh batu empedu. Sementara itu, batu empedu adalah kondisi dimana terjadi penyumbatan pada saluran empedu di tubuh kita. Proses penyumbatan terjadi karena batu yang berasal dari pengkristalan kolestrol di dalam tubuh. Batu empedu bisa terbentuk juga karena pengkristalan bilirubin hingga akhirnya menyebabkan penyakit kuning.

Itulah dua masalah sistem pencernaan yang perlu kita waspadai bersama. Usahakan untuk selalu membaca artikel kesehatan agar dapat menambah pengetahuan Anda seperti di link berikut www.guesehat.com/mengatasi-gangguan-pencernaan-pada-bayi. Disamping itu, siapkan juga obat-obatan yang penting dalam situasi darurat seperti lacidofil untuk diare.

Semoga bermanfaat.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.