Press "Enter" to skip to content

Hati-hati! 5 Penyakit Ini Berawal dari Mual dan Muntah

mual dan muntahMengonsumsi obat muntah aksi cepat sangat dianjurkan kalau Anda mengalami gejala sakit kepala, demam, dan mual-mual. Bisa jadi gejala-gejala tersebut merupakan pertanda bahwa Anda terserang suatu penyakit. Penyakit yang dimaksud bisa tergolong ringan maupun tergolong berat.

Penyakit yang Berawal dari Mual dan Muntah

Muntah bukan hanya terjadi pada bayi, orang dewasa pun kerap mengalaminya. Medis mengatakan kalau muntah adalah kondisi yang normal terjadi kepada siapapun. Hal tersebut bisa terjadi karena tubuh Anda berusaha melakukan perlawanan.

Misalnya ketika Anda keracunan makanan, lambung dan usus Anda meresponnya dengan mengeluarkan kembali makanan tersebut melalui mulut. Meskipun demikian, gejala mual danmuntah jangan dianggap sepele, bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda terserang penyakit berbahaya. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui beberapa penyakit berat yang berawal dari gejala mual dan muntah di bawah ini.

1. Demam Berdarah

Gejala utama demam berdarah adalah demam yang mendadak tinggi hingga 39 derajat celcius. Demam tersebut berlangsung paling sebentar dua hari, paling lama hingga tujuh hari. Demam ini biasanya disertai dengan gejala mual muntah, sakit kepala, menggigil, badan lemas, hingga ruam kemerahan pada kulit.

2. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya membuat Anda tidak nyaman melakukan aktivitas mulut, seperti makan dan minum. Radang tenggorokan terjadi akibat serangan infeksi bakteri sehingga menimbulkan sakit ketika menelan makanan. Gejala awal kalau Anda terserang penyakit ini adalah mual muntah disertai demam, batuk, dan sakit kepala.

Jangan remehkan radang tenggorokan, suatu saat bisa menjadi penyakit berbahaya kalau tidak segera diobati. Anda bisa mengobatinya dengan obat muntah aksi cepat yang mengandung antibiotik. Selain menghilangkan rasa mual muntah, demam dan gejala lainnya akan sembuh dengan obat tersebut.

3. Hepatitis

Penyakit hepatitis disebabkan oleh virus yang menyerang hati serta daya tahan tubuh. Virus ini bernama virus hepatitis. Gejala utama seseorang terkena virus hepatitis ialah mualdan muntah. Selain itu, gejala lainnya seperti nafsu makan menurun, nyeri lambung bagian kanan atas, urine berwarna gelap, dan mata mulai menguning.

4. Demam Tifoid

Hampir sama dengan gejala demam berdarah, hal utama yang akan dirasakan adalah demam yang disertai mual muntah. Akan tetapi suhu badan tidak langsung meningkat hingga lebih dari 30 derajat. Suhu badan akan meningkat setiap hari. Pada umumnya gejala demam, mual, dan muntah akan berlangsung selama tujuh hari.

5. Penyakit Psikologis

Mual dan muntah pada seseorang yang mengalami penyakit psikologis disebabkan karena kecemasan, stress, dan depresi. Ketika penderita mencoba memasukkan makanan ke dalam mulutnya, lambung sudah siap-siap menolaknya akibat sugesti dari pikirannya sendiri.

Itulah lima penyakit berbahaya yang diawali dengan gejala mualdan muntah. Jika Anda mengalami mual muntah terus menerus selama lebih dari tiga hari, segeralah diwaspadai. Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi obat mual muntah terpercaya resep dokter sebagai pertolongan pertama.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.