Cadangan Listrik Pada Industri – Backup Power

backup power

Ketika pemadaman listrik terjadi banyak aktifitas kita terganggu, terutama aktifitas pekerjaan baik di pabrik, pertokoan maupun gedung-gedung perkantoran. Banyak kerugian yang ditimbulkan ketika terjadi pemadaman listrik, selain aktifitas terganggu dapat juga menyebabkan kegiatan pekerjaan dan operasional kita terganggu sehingga sangat merugikan secara materil. Mengingat kerugian yang akan terjadi ketika pekerjaan terhenti karena adanya listrik padam, untuk itu sangatlah penting memiliki pasokan cadangan listrik.

Sangat penting bagi kegiatan industri memiliki cadangan listrik atau backup power kelistrikan. Backup power listrik industri penting keberadaanya untuk menjamin kegiatan industri tetap berjalan normal tanpa gangguan akibat mati listrik. Penting bagi industri memiliki cadangan listrik. Sumber cadangan listrik bisa didapatkan dari beberapa alat seperti UPS (uninterruptible power supply), inverter charger, genset atau generator set.

Backup power kelistrikan bisa didapat dari UPS (uninterruptible power supply), yang adalah perangkat yang biasanya menggunakan baterai backup sebagai catuan daya alternatif, untuk Dapat memberikan suplai daya yang tidak terganggu untuk perangkat elektronik yang terpasang. UPS merupakan sistem penyedia daya listrik yang sangat penting dan diperlukan sekaligus dijadikan sebagai benteng dari kegagalan daya serta kerusakan system dan hardware.

Sumber energi lsitrik cadangan bisa juga didapat dari Inverter yang merupakan alat converter listrik yang mengubah arus DC (Direct Current) menjadi arus AC (Alternating Current), hasil dari arus AC tersebut memiliki voltase dan frekuensi tertentu sesuai kebutuhan beban. Penggunaan inverter dapat ditemukan di berbagai peralatan elektronik, mulai dari yang kecil seperti komputer sampai pada sistem PLTS yang memiliki arus listrik yang lebih tinggi.

Salah satu sumber backup power listrik industri adalah dengan menggunakan genset. Genset merupakan alat mesin yang memiliki banyak sekali manfaat dalam cadangan listrik dengan kebutuhan yang mutlak. Walaupun harga genset yang terbilang tidak murah dan perawatan serta pemeliharaannya yang perlu kehati-hatian, namun keberadaan genset sangat penting.

Dengan memiliki pasokan cadangan listrik anda akan merasa aman dan nyaman dalam menjalani aktifitas sehari-hari tanpa khawatir akan adanya pemadaman listrik. Bayangkan kerugian yang akan berdampak pada kinerja sebuah perusahaan apabila kegiatan bekerja dan produksi berhenti akibat terjadinya pemadaman listrik. Untuk itu segera sediakan cadangan listrik gedung di sewatama demi kelancaran kegiatan pekerjaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *