Tips Menghindari Kebangkrutan Warung dan Toko Kecil Karena Hutang

 

Buku hutang menjadi salah satu komponen yang sangat dibutuhkan bagi pelaku usaha toko kecil atau warung. Terkadang banyak dari pelanggan yang membayar dengan rentan waktu atau berhutang terlebih dahulu.
Hal itu sebenarnya bukan merupakan kesalahan, hanya saja terlalu banyak memberikan hutang dapat berakibat pada kestabilan perputaran uang usaha. Disamping itu kamu perlu mencatat secara detail setiap hutang yang diberikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nh berikut ini adalah beberapa tips menjalankan usaha toko dan warung kecil agar terhindar dari kebangkrutan.

Tips Menghindari Kebangkrutan Warung dan Toko Kecil

Pisahkan Pembukuan Pribadi dan Warung

Meskipun hanya warung kecil, usahakan kamu memiliki catatan pembukuan yang detail dan rapi. Selain itu jangan lupa pula pisahkan pembukuan keuangan pribadi dan uang usaha agar tidak tercampur antara keduanya. Dengan begitu kamu akan lebih mudah membedakan uang pribadi dan uang usaha yang harus kamu belanjakan lagi untuk keperluan usaha.

Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Dalam sebuah usaha, selalu terjadi dua transaksi yaitu pengeluaran dan pemasukan. Pemasukan yaitu jumlah dana masuk yang diterima saat produk di toko kamu terjual atau dibeli konsumen. Sedangkan pengeluaran adalah setiap biaya yang dikeluarkan untuk kelangsungan usaha.

Buku catatan ini, kamu bisa menambahkan catatan hutang dan piutang yang berhubungan dengan pihak lain. Pastikan kamu mencatat dengan detail setiap pemasukan dan pengeluaran, hutang, piutang dan lain sebagainya dengan nominal yang sesuai.

Jangan Banyak Menumpuk Barang

Meskipun warung atau toko kamu masih bisa dibilang kecil, namun pastikan kamu sudah melengkapinya dengan kebutuhan yang dibutuhkan. Namun kamu juga perlu memastikan jumlah stok yang harus dibeli agar tidak menumpuk terlalu banyak stok.

Terlalu menyimpan banyak stok bisa menimbulkan kerugian jika terjadi kerusakan, kadaluarsa produk dan lain sebagainya. untuk itu kami sangat membutuhkan buku pencatatan stok barang untuk mempermudah melihat barang apa saja yang harus dibeli.

Hindari Terlalu Banyak Piutang

Piutang adalah transaksi keuangan yang kamu berikan kepada konsumen dengan melakukan pembayaran pada kurun waktu tertentu. Kurun waktu tersebut banyak disebut sebagai termin kredit atau pembayaran. Namun sayangnya terlalu banyak memberikan piutang dapat mengakibatkan kebangkrutan bagi usaha yang kamu jalani, jadi pastikan kamu memberikan aturan yang jelas dalam piutang ini ya.

Untuk mencatat setiap piutang dan kebutuhan pengelolaan keuangan lainnya, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi BukuKas yang menyediakan fitur-fitur tersebut. Dengan aplikasi ini kamu bisa mencatat setiap transaksi keuangan yang terjadi pada usaha kamu.

Buku hutang bisa kamu buat dengan mudah melalui aplikasi pencatatan keuangan ini. tidak perlu diragukan, aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh 400.000 lebih pelaku usaha baik skala mikro atau makro. Untuk itu, sekarang adalah saatnya kamu merapikan catatan keuangan dengan aplikasi BukuKas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *