Simak Tips Berikut Agar Tidak Salah Memilih Asuransi

asuransi

Asuransi memang tidak dapat menghentikan risiko yang mungkin menimpa Anda maupun keluarga dan aset Anda. Namun, jenis layanan yang satu ini mampu mereduksi atau mengurangi dampak kerugian yang timbul dari sebuah risiko.

Hal ini membuat asuransi kian tenar pada masa sekarang sebab semua orang tidak menginkan ada rasa khawatir yang berlebihan terhadap kemungkinan kehilangan dari risiko yang mengintai. Sebelum memilih perusahaan asuransi di Jakarta pastikan terlebih dahulu tipsnya berikut ini :

1. Sesuaikan Kemampuan Keuangan

Untuk tips memilih asuransi yang tepat yang pertama adalah pilihlah asuransi yang terjangkau agar bisa memproteksi diri, pastikan pula mengenai desain produk asuransi tersebut.
Selain itu, premi ini bisa dibayar rutin dalam waktu yang berkala, bisa setiap bulan, tiga bulan, enam bulan, dan tahunan. Pilihlah pembayaran premi sesuai waktu yang bisa kamu sesuaikan pula dengan keuangan kamu. Meski begitu, jangan ambil waktu yang panjang tapi kamu tidak bisa mencicil dalam jumlah yang besar.

2. Sesuaikan Kebutuhan

Pilihan jenis asuransi yang paling kamu butuhkan, jangan cuma ikut-ikutan. Cobalah kenali diri kamu tentang kebutuhan apa yang saat ini paling penting untuk diproteksi. Meski begitu, kalau kamu merasa butuh lebih dari satu proteksi juga sangat memungkinkan. Pasalnya, saat ini banyak program bundling yang lebih menguntungkan. Namun, pastikan pula hal ini masih pas di kantong agar tidak terjadi gagal bayar.

3. Asuransi Jiwa bagi Pemula

Bagi pemula yang ingin memiliki asuransi, asuransi jiwa adalah yang paling tepat. Apalagi asuransi memiliki banyak pilihan, misalnya asuransi jiwa berjangka atau yang dikenal dengan nama term life insurance. Asuransi jenis ini akan memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu saja antara 5, 10, hingga 20 tahun lamanya dengan premi yang tetap.

Ada pula, asuransi jiwa seumur hidup atau whole life insurance yang akan memberikan perlindungan seumur hidupmu atau maksimum 100 tahun. Kamu tentu akan sangat tenang dengan pilihan asuransi kecelakaan diri ini, namun premi yang dibayarkan tentu juga lebih tinggi dibanding asuransi jiwa berjangka.

4. Track Record Perusahaan Asuransi

Masalah yang tengah dihadapi salah satu perusahaan asuransi pelat merah tentu menyadarkan kita bahkan perusahaan milik pemerintah pun berisiko. Namun, bukan berarti semua lembaga asuransi memiliki track record yang buruk.

Lama berdiri dan barunya perusahaan juga tidak menjamin perusahaan tersebut bagus. Namun, perusahaan yang sudah lama berdiri membuat lebih mudah untuk mencari tahu rekam jejaknya.

Oleh karena itu, jangan cuma nama besar saja, coba perhatikan pengalaman dan track record perusahaan tersebut. Apakah perusahaan tersebut baru-baru ini mendapatkan penghargaan yang akan menjadi indikasi kalau perusahaan tersebut memiliki catatan yang bagus di mata masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *