WORDPRESS & SEO

Ciri-ciri Ikan Koi Kohaku Yang Berkualitas Tinggi

Berikut ini adalah ulasan tentang ikan Koi Kohaku yang memiliki kualitas tinggi :

1.Bentuk badan

Bentuk badan Kohaku dan koi jenis lainnya, adalah faktor utama yang pertama dinilai dalam menentukan kualitas koi. Bentuk badan koi yang ideal adalah seperti bentuk ‘torpedo’ yang bulat dan panjang. Jika dilihat dari atas, maka bagian punggung tampak sedikit lebih lebar dibandingkan bagian kepala, atau yang biasa dikenal dengan istilah ‘bulky’ (montok atau kekar). Badan koi tidak terlalu kurus dan tidak terlalu pendek (buntek). Juga bentuk kepalanya menyerupai  bulat telur.

Bentuk badan Koi yang bagus yaitu di bagian punggung tampak sedikit lebih lebar dari bagian kepala

2. Warna Merah (Hi)

Yang kedua adalah kualitas warna merah atau yang disebut dengan ‘hi’. Kualitas hi yang bagus adalah pekat, rata dan sama sekali tidak ada bintik-bintik warna merah (red spot).  Hi yang ada yaitu pada bagian pinggir pola (kiwa) harus terlihat batas warna yang tegas, tidak ada degradasi warna.

Kualitas warna merah (hi) yang pekat, rata dan tak ada gradasi warna pada tepinya. Warna putih juga seputih salju.

3. Warna Putih (Shiroji)

Berikutnya adalah warna putih (Shiroji). Warna putih pada Kohaku harus benar-benar putih bersih seperti salju. Ini adalah yang paling sulit mencari Kohaku dengan warna putih yang bagus. Biasanya yang banyak ditemui adalah warna putihnya agak sedikit kekuning-kuningan.

4. Pola

Yang dimaksud dengan pola disini adalah warna merah yang ada di punggung koi, yang mana jika dilihat dari atas akan membentuk sebuah pola tertentu (blok). Pola warna merah untuk Kohaku biasanya juga disebut dengan ‘step’ atau blok warna.

Pola merah pada Kohaku yang bagus adalah terdiri dari  2 atau 3 step. 2 step dinamakan ‘nidan’, sedangkan yang 3 step disebut ‘sandan’. Jika jumlah step hanya 1 (straight hi), maka tampak terlalu sederhana. Maksudnya, lebih baik jika 2 atau 3 step, yang mana polanya terlihat lebih dinamis. Sedangkan jika terlalu banyak pola, misal 5 step (godan) atau lebih, maka polanya terlihat kecil-kecil dan terkesan berantakan.

Kohaku yang lebih dari 5 step sangat jarang yang berkualitas dan bahkan tidak pernah bisa menang dalam kontes koi.

koi kohaku berbagai tipe

5. Pola yang Lebar (Omoyo)

Pola (blok) warna merah pada Kohaku yang bagus adalah yang lebar atau ‘omoyo’. Pola yang kecil disebut ‘komoyo’ dan biasanya pola komoyo ini kurang disukai, kecuali untuk mengisi kekosongan dalam komposisi pola secara keseluruhan.

koi kohaku omoyo
Pola ‘omoyo yang lebar (kanan) lebih disukai daripada yang tampak kecil-kecil atau ‘komoyo’ (kiri)
koi kohaku show quality
Ini adalah foto Kohaku peraih gelar ‘GRAND CHAMPION’ pada ALL JAPAN KOI SHOW dari tahun ke tahun. Komposisi warna merah cukup dominan rata2 60-70% dibandingkan warna putih

6. Komposisi warna dan pola

Pola warna Merah (hi) sebaiknya sedikit lebih dominan dibandingkan warna putih. Komposisinya berkisar 60-70 %. Artinya, jika diperhitungkan dari keseluruhan, warna pola warna merah adalah 60-70%, sisanya warna putih. Jika komposisi warna merah lebih sedikit dari warna putih, maka secara keseluruhan terlihat  susunan pola yang tampak jarang-jarang, maksudnya jarak antar pola merah terkesan terlalu jauh.

Untuk komposisi pola, hendaknya membentuk susunan pola merah yang seimbang (balanced) yang membujur sejak dari bagian kepala sampai ke bagian ekor. Jarak antar pola juga harus tampak seimbang, tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh.

7. Pola (blok) warna merah

Pola warna merah menyentuh salah satu mata masih dapat diterima

Khusus di bagian kepala, Kohaku yang bagus adalah yang memiliki pola warna merah yang cukup lebar di bagian kepalanya. Idealnya, pola warna merah pada kepala tidak sampai menutupi kedua mata koi. Jika ada pola warna merah sampai menyentuh mata, masih bisa di terima asalkan hanya sebelah mata saja.

Pola merah (hi) di bagian punggung harus tampak lebar, dan mengecil ke arah ekor. Sebaiknya ada sedikit jarak antara pola warna merah yang terakhir, sebelum menyentuh ekor. Ini yang dinamakan ‘odome’atau ‘ojime’

Seluruh sirip dan ekor, harus terbebas dari pola warna merah. Meski hanya setitik warna merah saja, misal pada bagian sirip atau ekor, maka akan mengurangi kualitas Kohaku.

Pola warna merah, jika dilihat dari samping, hendaknya melebar sampai ke bagian perut, minimal  sampai pada batas tengah badan koi.

koi kohaku
Pola warna merah sebaiknya melebar minimal sampai batas tengah badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.