Home / Catatan / Benarkah ‘MUSIK ITU HARAM’ ?

Benarkah ‘MUSIK ITU HARAM’ ?

musik

Ada anggapan dari sebagian orang bahwa musik itu haram. Saya mau tanya, musik seperti apa yang dianggap haram? Apakah semua musik itu haram?

Tau gak sih, music itu apa? Musik itu adalah aneka bunyi berupa nada yang dirangkai sehingga menimbulkan alunan suara yang indah (harmony). Kalau sesuatu yang indah dianggap haram lalu bagaimana dengan semua yang indah-indah, seperti pemandangan alam, kecantikan wanita, lukisan dll. Apakah itu semua adalah sesuatu yang haram?

Coba pikir pakai akal yang sehat. Manusia yang berbudaya, tentu akan menyukai keindahan. Apalagi di jaman modern ini, semua orang juga ingin agar kondisi disekelilingnya tampak indah, agar hidup ini terasa nyaman. Jika music itu adalah sesuatu yang indah untuk dinikmati, kenapa diharamkan?

Lalu bagaimana dengan suara-suara lainnya yang justru jauh dari keindahan? Apakah ada suara-suara yang tidak indah? Tentu ada. Suara-suara yang tidak indah yang justru pantas diharamkan antara lain :

– Suara pejabat yang suka menghasut, memfitnah dan menyebar hoax.
– Suara orang yang mengaku ustad dan ulama, tapi menyesatkan umat. Menebar kebencian dan mengharamkan segala sesuatu berdasarkan tafsir yang keliru.
– Suara orang-orang beringas yang sedang melakukan pengerusakan.

Jika ada orang yang mendengar musik lalu dia lupa kepada Tuhan atau sebagai sarana untuk melakukan kejahatan, kenapa musiknya yang dipersalahkan? Apa dipikir tanpa musik lalu tak ada lagi orang yang berbuat jahat?

Perilaku buruk manusia dan keberadaan musik itu adalah dua hal yang terpisah dan tak ada korelasinya. Sebab musik hanyalah semacam benda mati atau alat atau sarana yang bisa digunakan oleh manusia. Mengenai penggunaannya untuk apa, tergantung manusianya sendiri.

Analoginya, jika ada perempuan yang wajahnya cantik, sedangkan cantik adalah sebuah keindahan, lalu ada sebagian orang yang meyalahgunakan kecantikan wanita untuk tujuan jahat. apakah lalu dengan serta merta menyatakan bahwa perempuan yang wajahnya cantik itu haram? Jangan bego dong.. !!

Manusia yang punya peradaban seharusnya makin pinter, tapi kenapa ini kok ada sekelompok orang yang justru makin goblok dengan menganggap music itu haram?

Lagipula, masih banyak hal-hal lain yang jauh lebih penting untuk dibahas. Mendingan perbaiki sajalah kualitas ibadahmu dulu. Yang wajib-wajib aja belum kalian laksanakan, kenapa masalah lain yang dibicarakan?

#donibastian

Hosting Unlimited Indonesia

Facebook Comment..
Views 33 x, today 3 x

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *