Nostalgia Nonton Film Indonesia “Laskar Pelangi” di Vidio

Siapa yang tidak mengenal film legendaris Laskar Pelangi? Yaps Laskar Pelangi merupakan adaptasi dari novel pertama yang ditulis oleh Andrea Hirata. Novel ini sudah sangat terkenal dan sudah menjadi ikon literatur Indonesia. Bagi kamu yang sudah nonton film Indonesia ini, pasti kangen deh dengan pemain cilik berbakat yang menyadarkan kita akan pentingnya pendidikan.

Daripada beli CD bajakan mending nonton film Indonesia di Vidio. Tidak hanya film Indonesia ada juga drama korea nya loh. Kali ini kita akan bahas tentang pesan moral yang dapat diambil dari film Laskar Pelangi ini, yuk simak ulasannya:

  1. Film Laskar pelangi menunjukkan bagaimana perjuangan tanpa henti dengan semangat tinggi untuk maju ditunjukkan oleh anak-anak pedesaan. Lintang, salah seorang tokoh sentral dalam film ini, misalkan harus berjuang mengayuh sepeda sejauh 80 kilometre pulang pergi tiap hari untuk berangkat ke sekolah.

Meskipun jauh, dia sabar menjalaninya dan bahkan berhasil menjadi seorang murid yang unggul dan berprestasi. Dengan kecerdasan dan kegigihannya belajar, Lintang berhasil menjadi juara di kelasnya dan menjadi terkenal setelah berhasil membawa sekolah itu menjadi juara cerdas cermat mengalahkan sekolah elit yang lengkap fasilitasnya.

  1. Dalam film ini ditunjukkan bagaimana kesetiaan, pengabdian dan integritas seorang guru terhadap profesinya. Hal ini bisa dilihat dari pengorbanan Ibu Muslimah yang dengan gigih penuh pengorbanan mendidik para Laskar Pelangi untuk menjadi murid yang pintar dan berhasil meskipun berada dalam segala keterbatasan seperti bangunan sekolah yang sederhana dan gaji yang kecil.

Peran yang ditunjukkan Ibu Muslimah ini bisa menginspirasi para guru lainnya untuk berjuang mempersiapkan masa depan sumber daya manusia yang lebih unggul.

  1. Jika nonton film Indonesia ini, kamu akan diajarkan bagaimana perlunya saling menghargai sesama warga bangsa Indonesia yang multikultural. Hal ini bisa dilihat bagaimana sekolah Islam (SD Muhammadiyah) mau menerima A Kiong seorang beretnis Tionghoa dan berlatar belakang Konghucu untuk bersekolah di SD tersebut.

Pertemanan akrab diantara para Laskar Pelangi tanpa memandang etnis dan agama ditunjukkan dalam film ini. Penonton seolah diajarkan bagaimana seharusnya masyarakat Indonesia yang multikulturalis bisa hidup saling berdampingan dan bersama-sama bisa maju seperti persahabatan para Laskar Pelangi.

  1. Film ini juga menunjukkan bahwa kekurangan ekonomi bukan halangan untuk maju. Seperti terlihat dari latar belakang ekonomi keluarga anak-anak Laskar Pelangi, bukanlah halangan bagi anak-anak itu untuk menggapai cita-cita setinggi langit. Artinya, meskipun hidup dalam kekurangan ekonomi, seorang anak sekolah harus mempunyai mimpi menggapai cita-cita yang luhur.

Pesan ini juga terlihat jelas dalam permulaan syair soundtrack film ini yang dinyanyikan oleh group band Nidji sebagai berikut:

Mimpi adalah kunci
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah
Sampai engkau meraihnya

Sepertinya pesan moral dari film Laskar Pelangi ini tidak hanya cocok bagi situasi Indonesia tapi juga bagi negara-negara lain terutama bagi kalangan yang peduli terhadap pendidikan dan sumber daya manusia. Pesan moral menanamkan sikap saling menghargai dan menghormati sejak dini pada anak-anak bagi warga bangsa yang multikultural juga bisa dicontoh. Nonton film Indonesia Laskar Pelangi tentu masih banyak pesan moral yang bisa diambil, tergantung dari sisi mana penonton melihatnya.

Mau nostalgia nonton film Indonesia Laskar Pelangi? Yuk download aplikasi Vidio dan berlangganan Vidio Premier mulai dari Rp 10.000/minggu. Mari dukung film-film  Indonesia dan para sineas lainnya untuk menghasilkan karya terbaik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *