Home / Figur / Ketika Bu Susi Sowan Ke Rumah Gus Mus

Ketika Bu Susi Sowan Ke Rumah Gus Mus

Bus Mus

Gambar di atas saya ambil langsung dari akun Instagram milik KH. A Mustofa Bisri (Gus Mus). Terus terang saya tertegun sejenak melihat gambar tersebut apalagi Gus Mus sembari menulis statusnya,

Terima kasih Ibu Susi Pujiastuti sudah memberkahi gubuk kami.
Dalam gambar, Ibu Susi sedang memperkenalkan saya kepada cucunya yang ganteng, Armand Hilmansyah.

Saya bisa bayangkan, betapa bahagianya Ibu Susi ketika berbincang langsung dengan GusMus. Bukan karena Gus Mus seorang Kiai terkenal, bukan pula karena tujuan politik atau pamrih lainnya. Kunjungan Bu Susi ke rumah Gus Mus di Rembang itu, tak lain dan tak bukan adalah karena ibu Susi sangat mengagumi Gus Mus sebagai ulama yang humanis dan cinta damai.

Namun dibalik kisah pertemuan antara Menteri Kelautan dan Perikanan RI dengan pengasuh Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin atau yang dikenal dengan Pondok Leteh itu, saya teringat kisah beberapa waktu sebelumnya, yaitu ketika Menteri Koord. Bidang Kemaritiman, Luhut B Panjaitan sempat ‘menyerang’ Bu Susi agar menghentikan tindakan menenggelamkan Kapal Pencuri Ikan.

Menurut Luhut, tindakan penenggelaman kapal sesuai kebijakan yang diambil oleh Bu Susi tidak perlu dilanjutkan dan sebaiknya kapal yang tertangkap tersebut bisa digunakan oleh nelayan lokal daripada ditenggelamkan. Namun tampaknya, Bu Susi merasa aneh dengan sikap Luhut tersebut, sebab tindakan penenggelapan kapal asing pencuri ikan tersebut bukanlah didasarkan pada pertimbangan dari sisi materi, namun lebih diutamakan sebagai peringatan keras dan tindakan yang tegas bagi semua kapal asing yang mencuri ikan di wilayah perariran RI. Kapal asing harus ditindak tegas, agar tak ada lagi yang berani coba-coba masuk wilayah perairan Indonesia tanpa izin.

Di tengah polemik tersebut, tiba-tiba GusMus melalui akun Twitternya seolah memberi dukungan moral kepada Bu Susi. GusMus sempat menulis status bahwa Bu Susi sebagai Menteri punya niat yang baik demi membela kepentingan bangsa dan negara. Bu Susipun juga membalas status GusMus dengan ucapan terima kasih.

Bagi Bu Susi, sebaris kalimat yang ditulis oleh Gus Mus tersebut merupakan dukungan moral yang luar biasa besar baginya dalam mengemban tugas sebagai Menteri. Bagaimana tidak?  GusMus dikenal sebagai seorang pemuka agama yang cerdas, sederhana dan tulus berbicara apa adanya.

Gus Mus tentu bisa melihat dan menilai bahwa apa yang dilakukan Bu Susi terkait kasus penenggelaman Kapal Asing pencuri ikan adalah benar dan harus tetap dilakukan untuk memberikan efek psikologis bagi kapal asing agar tak berani mendekat apalagi menerobos wilayah perairan Indonesia. Bagi kapal asing yang berani menerobos wilayah RI, itu sama saja dengan bunuh diri, begitulah kira2..

Mungkin Bu Susi tak pernah menyangka dan tak pernah mengira, jika seorang ulama besar seperti Gus Mus, telah memberi perhatian besar kepadanya, meski hanya melalui beberapa kalimat pada status Twitterny, tepat disaat Bu Susi sedang dilanda polemik terkait pernyataan Menteri Luhut.

Saya menilai bahwa kedatangan Bu Susi ke rumah Gus Mus bukanlah sekadar menyambung silaturahmi, namun lebih jauh Bu Susi ingin menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gus Mus yang telah berkenan memberi perhatian, dukungan dan kekuatan moral kepadanya agar tetap konsisten menjalankan tugas sebagai Menteri untuk melindungi kepentingan bangsa dan negara ini..

#donibastian

Hosting Unlimited Indonesia

Facebook Comment..
Views 84 x, today 1 x

Baca Juga Yang Ini

Petikan Kata yang Selalu Mengganggu Tidurku..

Inilah beberapa PETIKAN KATA2 dari Pak AHOK yg selalu membangunkan TIDURKU.. Gue memang Cina… tapi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.