kecanduan game

Bagaimana Agar Anak Tidak Kecanduan Game?

Anak kecanduan game adalah sebuah masalah bagi banyak orang tua, karena dalam konteks saat ini tidak mungkin melarang anak-anak untuk menghubungi telepon dan komputer.

Bagaimana agar anak tidak kecanduan game?

Banyak sekali jenis permainan online yang bisa didapatkan melalui marketplace game. Belum lagi banyak keluarga yang harus melengkapi komputer dengan koneksi internet untuk melayani belajar anaknya.

Larangan bukanlah solusi yang baik

Menurut psikologi MSc Nguyen Thi My Linh, beberapa orang tua membuat kesalahan dengan melarang anak-anak mereka bermain game dengan pengawasan ketat dari orang dewasa. Namun kebanyakan siswa SMP dan SMA memiliki mentalitas bahwa semakin dilarang, semakin ingin bermain. Dan ketika mereka dimarahi oleh orang dewasa, mereka menghadapinya dengan bolos sekolah, memperhatikan orang tua mereka, berbohong … untuk bermain. Oleh karena itu, melarang bukanlah solusi yang baik.

My Linh mengatakan bahwa pertama-tama, orang tua perlu berbicara serius dengan anak-anak mereka tentang bahaya permainan dan metode untuk membantu mereka mengendalikan diri, mengatur waktu belajar dan bermain dengan tepat.

Bagaimana agar anak tidak kecanduan game? 

“Setelah itu, ketika anak berprestasi, orang tua perlu mendampingi anak. Ingatkan dan dorong agar sesuai dengan yang direncanakan. Jika anak berprestasi, akan diberi reward, begitu pula sebaliknya.

Dalam prosesnya, orang tua perlu memberi tahu anak-anak mereka kisah nyata yang dipublikasikan di media.

Ini membantu anak-anak memahami bahwa jika mereka tidak dapat mengontrol diri mereka sendiri, jika mereka kecanduan game, game akan mengendalikan mereka. Misalnya, kisah seorang keponakan yang kecanduan game kekerasan. Ketika saya pulang ke rumah untuk meminta uang kepada nenek saya untuk bermain game, jika dia tidak memberikannya kepada saya, saya akan membunuhnya juga. Mengerikan!”.

Selain itu, Ms. My Linh mencatat: “Orang tua perlu menyarankan dan menciptakan kondisi bagi anak-anak untuk dihibur dengan aktivitas yang kaya dan beragam. Terutama aktivitas yang sesuai dengan bakat anak-anak seperti bermain, olahraga, menyanyi, menari, menari… tidak hanya menonton TV, bermain game”.

Agar anak tidak kecanduan game, yang utama adalah orang tua harus mendampingi anaknya. Harus ada aturan dalam menggunakan telepon dan komputer.

Habiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak Anda

“Untuk membatasi paparan anak-anak saya terhadap teknologi, saya meminta istri saya untuk mengatur pekerjaan dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan Suami dan istri membawa anak-anak mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan kolektif dengan teman-teman mereka; undang teman sekelas mereka untuk bermain di rumah atau pergi ke bioskop sehingga mereka dapat berkomunikasi dan berbagi dengan teman-teman. Saya akan mengurangi waktu online … “.

Namun, Tuan Thuy juga khawatir: “Para ahli mengatakan bahwa permainan adalah obat. Itu tidak salah. Orang dewasa tidak dapat melarang anak-anak untuk menjauh dari komputer, jauh dari permainan. Tetapi jika kita menyeret anak-anak ke dalam kegiatan praktis. Jika Anda senang, risiko kecanduan game akan berkurang. Saya dan istri saya juga dalam perjalanan itu …”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.