Cara Mengembangkan Career Path

Career path – Tips Bermanfaat Untuk Pengembangan Karir. Tahukah Anda bahwa untuk menjadi sukses, usaha saja tidak cukup? Kita, anak-anak muda yang penuh semangat tapi kurang dewasa, perlu membekali diri dengan daya tahan dan yang lebih penting menentukan jalan yang benar. Melalui tips di bawah ini, Glints berharap Anda memiliki pandangan yang lebih jelas tentang jalur karier Anda!

 

Apa itu career path atau pengembangan karir?

Career path atau Pengembangan karir adalah proses penemuan diri, penemuan dan pengambilan keputusan untuk jalur karir sendiri.

Ini mengharuskan Anda untuk memiliki arah yang jelas untuk karir pilihan Anda. Dari sana, kembangkan rencana untuk mengembangkan diri Anda dalam karier Anda dengan cara yang sesuai dengan kepribadian, keterampilan, dan minat Anda.

Apa itu pengembangan pribadi?

Ketika seseorang memperhatikan pengembangan karirnya, mereka mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka sendiri terlebih dahulu. Kemudian bekerja keras dan berusaha untuk belajar dan mengasah untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Ini juga melibatkan pembelajaran tentang berbagai peran dan industri untuk menemukan yang cocok untuk Anda dan menemukan peluang untuk maju.

Bahkan ini mirip dengan kemampuan untuk sepenuhnya mengubah karier Anda untuk menerobos ke arah yang berbeda, jika Anda sendiri merasa itu lebih cocok.

Faktor-faktor yang mempengaruhi jalur pengembangan karir Anda
Keputusan seseorang untuk mengembangkan karir dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, beberapa di antaranya mungkin berada di luar kendalinya.

baca juga ; tips pengembangan karir

Tips Pengembangan Karir

Faktor-faktor yang mempengaruhi career path Anda

Pengaruh ini harus diperhatikan dan ditimbang agar Anda bisa lebih spesifik dalam pengembangan karir Anda. Dapat disebutkan sebagai:

Ciri-ciri Pribadi:

Jenis kepribadian, minat, bakat, dan nilai-nilai terkait pekerjaan yang membentuk siapa kita semua.

Sumber keuangan:

Anda pasti harus melakukan investasi pribadi saat mengejar jalur karier apa pun. Oleh karena itu, sumber keuangan yang stabil atau tidak juga akan sangat mempengaruhi keputusan Anda.
Kewajiban keuangan: Kewajiban keuangan lainnya seperti sewa, biaya hidup atau pendidikan juga dapat mempengaruhi keputusan seseorang untuk berganti pekerjaan.

Usia:

Usia, atau persepsi Anda tentangnya, juga dapat mengganggu keputusan karier Anda sendiri. Kekhawatiran usia, seperti terlalu muda atau terlalu tua, juga bisa menjadi alasan untuk menahan Anda mengejar karir tertentu, serta keinginan untuk promosi atau perubahan karir.

Kewajiban keluarga:

Beban keluarga dapat menyebabkan orang menyisihkan waktu untuk fokus pada pengembangan karir. Hanya berkutat mengelola beras dan uang membuat mereka kehilangan motivasi untuk mengembangkan diri.
Kiat untuk membantu Anda berkembang dengan percaya diri di jalur karier Anda.

Ketahui apa yang Anda butuhkan

Seseorang mungkin memiliki banyak ambisi, tetapi menghadapi keputusan untuk mengembangkan karier, Anda harus memilih arah yang paling pasti.

Terkadang, Anda akan merasa bingung tentang apa yang Anda lakukan, dan apa yang harus Anda lakukan untuk dapat maju dalam jalur karier Anda.

Kiat untuk membantu Anda berkembang dengan percaya diri di jalur karier Anda

Lihatlah diri Anda dan tanyakan pada diri Anda, apa yang saya butuhkan? Ketika Anda menyadari siapa diri Anda dan ingin menjadi apa, Anda akan dituntut dengan kemauan keras untuk mencapai tujuan itu.

Miliki rencana jangka panjang

Jangan hanya membatasi diri Anda pada rencana kerja harian dan mingguan. Karier adalah sebuah perjalanan panjang, jika tidak menentukan tujuan, ibarat orang yang mengembara di padang pasir.

Buatlah rencana jangka panjang untuk 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun ke depan dan berdasarkan itu untuk membangun jalur karir dan mengembangkan karir Anda.

Tentu saja, rencana tersebut juga harus fleksibel dan realistis. Akan ada peristiwa yang di luar kendali. Pada titik ini, Anda perlu memiliki pandangan yang realistis dan menemukan arah yang lebih sesuai.

Selalu fokus menyelesaikan pekerjaan dengan baik

Hancurkan tujuan pengembangan karier Anda menjadi potongan-potongan kecil dan lakukan selangkah demi selangkah. Keberhasilan dalam setiap langkah kecil akan membuat titik balik yang besar menjadi lebih kuat.

Selain itu, pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda di perusahaan tidak boleh terbengkalai. Berfokus pada melakukan pekerjaan Anda dengan baik akan membantu Anda meningkatkan kredibilitas orang-orang di sekitar Anda. Dari sana, banyak peluang untuk tumbuh dan berkembang juga datang kepada Anda.

Terima tantangannya

Jika Anda terus melakukan pekerjaan membosankan yang sama dari tahun ke tahun dan tidak belajar banyak darinya, saat itulah Anda “sangat rajin”.

Kita seringkali takut untuk mencoba hal baru, karena takut akan resiko, takut untuk memulai kembali di bidang yang sama sekali asing. Namun, jika Anda tetap berada di zona nyaman selamanya, Anda akan kehilangan banyak peluang bagus untuk pertumbuhan karier di masa depan.

Cobalah pekerjaan Anda yang sulit, temukan lingkungan kerja di mana Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan diri. Berani, terima tantangannya, Anda akan terkejut seberapa jauh Anda bisa melangkah.

Mengambil peran kepemimpinan

Mengapa ragu untuk memikul tanggung jawab sebagai “kapten” tim? Bersukarela menjadi seorang pemimpin adalah cara untuk menunjukkan kemampuan kepemimpinan Anda kepada atasan Anda.

Keterampilan kepemimpinan juga merupakan pengungkit yang efektif untuk peluang Anda untuk tumbuh dan maju  terutama untuk posisi manajemen senior.

Memperluas hubungan

Hubungan sosial, pekerjaan selalu berdampak besar pada perkembangan karir Anda. Anda dapat belajar dari pengalaman Anda sendiri dan mengikuti teladan orang-orang sukses.

Atau Anda juga dapat mengambil saran dari hubungan sekitar tentang tujuan dan pekerjaan Anda sendiri.

Tidak hanya itu, membangun hubungan jangka panjang yang berkualitas juga akan membantu Anda menggandakan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan peluang promosi.

Temukan panduan

Jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman untuk berjuang sendiri untuk mengembangkan karir Anda. Habiskan waktu ekstra untuk kursus orientasi atau pengembangan keterampilan.

Saat berada di lingkungan pengembangan, Anda mungkin akan menemukan mentor yang baik. Dengan segudang pengalaman dalam profesi dan visi yang tinggi, mereka akan membimbing Anda bagaimana berkembang secara cepat, efektif dan sesuai dengan tingkat kemampuan Anda sendiri.

Jangan meremehkan keterampilan apa pun

Semakin banyak keterampilan yang Anda lengkapi, semakin mudah untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Anda tidak bisa hanya memiliki ijazah yang bagus dan banyak teori kering untuk memajukan karier Anda.

Soft skill seperti manajemen waktu, keterampilan komunikasi, kerja tim, pencarian informasi, membangun hubungan, dll. Tidak hanya baik untuk lingkungan kerja tetapi juga untuk kehidupan sehari-hari. Maka selalu tanamkan dan kembangkan mereka setiap hari.

Ciptakan peluang kemajuan Anda sendiri

Alih-alih menunggu kesempatan, Anda bisa menyarankan kepada bos atau atasan Anda tentang keinginan Anda untuk maju.

Periksa dan evaluasi pengetahuan dan keterampilan Anda sendiri. Jika Anda merasa masih belum cukup, selalu cari cara kultivasi yang efektif agar progres perkembangan karir Anda sesuai jadwal.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga sikap kerja yang positif. Buktikan bahwa Anda layak mendapatkan kepercayaan dari para manajer di perusahaan!

Mengembangkan pemikiran multidisiplin

Untuk mengembangkan karir yang baik, Anda perlu memiliki pengetahuan di banyak bidang terkait.

Tidak ada pekerjaan yang hanya membutuhkan satu keahlian, pengembang karir yang baik selalu adalah mereka yang “ahli” di berbagai bidang untuk saling melengkapi ilmunya.

Ini bahkan lebih penting ketika Anda mengincar posisi senior dalam pekerjaan Anda. Pemikiran multidisiplin membantu Anda memproses dan berkolaborasi dengan lebih efektif.

Dari sana, cara Anda melihat dan menyelesaikan masalah di tempat kerja juga akan ditingkatkan ke tingkat yang baru, membuktikan kesesuaian Anda untuk peluang promosi yang lebih tinggi.

Belajarlah untuk mendengarkan

Setuju bahwa tidak seorang pun ingin dikritik dan dihakimi oleh orang lain. Sebagian besar dari kita selalu berpikir bahwa kita benar dan merasa tidak nyaman ketika pendapat kita ditolak. Namun, jika Anda terus menusuk kepala Anda secara membabi buta, Anda harus membayar harganya dengan banyak waktu dan uang.

Ingat, tidak setiap kegagalan mengarah pada kesuksesan. Anda dapat membatasi risiko Anda dengan belajar dari pengalaman orang-orang yang telah pergi sebelum Anda. Mereka memiliki lebih banyak pengalaman daripada Anda, jadi dengarkan nasihat semua orang dan anggaplah itu sepositif mungkin.

Membangun identitas pribadi

Untuk menonjol dan menjadi kandidat yang baik untuk posisi baru, membangun merek pribadi Anda adalah kunci untuk menjadi kandidat yang sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.