Tips Career Switch, Kiat Pindah Karir

Tips Career Switch itu adalah istilah perpindahan karir seorang dari satu bidang ke bidang kemampuan lain. Perihal itu umumnya diakibatkan sebagian aspek mulai dari merasa tidak puas dengan keahlian yang dipunyai, mau mencari pekerjaan yang cocok dengan passion, kejenuhan dengan rutinitas pekerjaan nya, serta terdapat pula yang mau menaikkan pengalaman di bidang lain.

Di dalam dunia kerja, Career Switch adalah hal lumrah saja namun saat sebelum kalian melaksanakan banting setir, maka sadarilah bahwa itu bukanlah sesuatu yang gampang dan ada beberapa hal wajib kalian perhatikan salah satunya mempunyai rasa mau tahu lebih ataupun mengikuti seminar ataupun training.

Sebelum melaksanakan Career Switch, ada baiknya kunjungi situs Arkademi.com untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Arkademi menyediakan beberapa kelas pelatihan atau kursus antara lain ; Kursus UI UX dan Kursus Akuntansi

By the way, selamat atas keberanian cukup untuk berubah menuju kehidupan lebih memuaskan! Ini mungkin tidak sesulit Career Switch yang dibayangkan. Transisi pertengahan karir tidak berarti harus mulai dari puncak tangga karir. Dengan memasuki dunia kerja, Anda telah memperoleh berbagai keterampilan terapan dialihkan di banyak industri. Anda harus berusaha bereksperimen untuk menemukan jalan menuju karir baru.

Tips Career switch untuk mencari peluang baru

Bersiap dengan baik, bertekad, dan tetap terhubung dengan alasan mengapa perubahan karir ini penting bagi Anda adalah kunci kesuksesan. Melalui tips career switch ini, harus ingat bahwa diperlukan hanyalah “ya” atau kesempatan untuk mengubah keadaan sepenuhnya. Tentu saja, mungkin juga ada penolakan dan kesulitan di sepanjang jalan.

Dalam jangka pendek, transisi karir besar mengganggu dan menantang. Dalam jangka panjang, Career Switch  lebih sesuai dengan kemampuan diri sebenarnya mungkin merupakan hal terbaik dilakukan untuk diri sendiri.

Jika menyukai stabilitas, mungkin ingin mengambil langkah-langkah kecil dan tetap pada pekerjaan Anda saat ini sambil memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk beralih ke posisi baru. Jika ingin mempercepat Career Switch, tips mengambil lompatan dan mempertaruhkan semuanya pada peluang baru ini. Ini adalah pendekatan lebih kuat. Berlibur jelas bisa sangat berkesan dan mengasyikkan, tetapi bersiaplah untuk perjalanan bisa lebih keras.

baca juga ; cara mengembangkan career path

Reintegrasi ke dalam angkatan kerja

Tips career switch yang pertama adalah jika Anda punya keinginan Career Switch baru muncul setelah libur atau cuti. Memasuki kembali tenaga kerja mungkin sulit pada awalnya, tetapi perusahaan semakin banyak merekrut karyawan baru untuk mendukung tenaga kerja. Memulai pencarian kerja tepat setelah absen lama bisa jadi menantang. Mungkin ingin terlebih dahulu mempertimbangkan untuk mengambil kursus penyegaran, peningkatan keterampilan, menjadi sukarelawan, atau pekerja lepas untuk memudahkan kembali ke dunia kerja.

Banyak orang membuat kesalahan dengan Career Switch ke pekerjaan pertama yang mereka temukan.

Tips ;

Luangkan waktu untuk mengejar apa yang benar-benar ingin Anda lakukan di bab selanjutnya dalam hidup. Memasuki kembali dunia kerja adalah kesempatan untuk memulai karir kembali. Tips di sini adalah harus menjelaskan mengapa menghabiskan waktu jauh dari pekerjaan. Pertahankan penjelasan tentang hiatus Anda singkat dan tekankan keterampilan apa pun telah Anda bangun selama istirahat.

Misalnya: “Penting untuk tinggal di rumah bersama bayi saya selama satu tahun pertama. Selama ini, saya mengajukan diri untuk bekerja dengan organisasi nirlaba lokal untuk mengawasi jaringan sosial mereka. Saya meningkatkan 10x pengikut mereka dan belajar tentang praktik dan tren terbaik industri.”

aktifkan komunitas

Aktifkan jaringan Anda

Tips career switch yang dapat dilakukan adalah sbb;

  • Kumpulkan referensi tepat guna mempercepat proses pencarian kerja dan karir. Yang diperlukan hanyalah satu orang untuk mengatakan ya.
  • Jaringan Anda menjamin etos kerja dan keterampilan, serta menghubungkan Anda dengan orang dan peluang. Mulailah dengan meminta orang-orang  paling mengenal Anda untuk membantu karena mereka akan menjadi pendukung terbaik Career Switch.
  • Sangat mudah untuk mengabaikan kontak yang mungkin berguna. Lihat melalui ponsel atau kontak media sosial untuk mengidentifikasi orang-orang,  mungkin mendapat manfaat dari koneksi Career Switch.
  • Permudah orang-orang di jaringan untuk mendukung Career Switch. Jika Anda telah mengidentifikasi seseorang di jaringan yang ingin rujuk, tanyakan apakah mereka bersedia untuk melakukan perkenalan dan menawarkan untuk menulis email menggunakan suaranya.dapat diedit, untuk dikirim ke mereka agar tertarik. Jauhkan alamat email pendek dan ringkas. Dari sudut pandang kontak, tambahkan bagaimana Anda mengenal satu sama lain dan nyatakan mengapa dirujuk dan apa yang diminta.

baca juga ; mengembangkan career plans

Cocok dengan keterampilan yang dapat ditransfer

Tips career switch berikutnya adalah tentang Transferable skill , yaitu bakat atau pengetahuan yang telah Anda gunakan di pekerjaan sebelumnya dapat diterjemahkan menjadi keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi lain.

Tips;  misalnya, seorang guru menerapkan keterampilan orang-orangnya untuk pekerjaan apa pun yang membutuhkan interaksi manusia.

Kuncinya adalah mampu mengomunikasikan apa yang telah dilakukan dengan cara cerdas berhubungan dengan karir pekerjaan yang diminati.

Tips; Jika seorang guru beralih ke Desain Pengguna, mereka mungkin berkata, “Sebagai seorang guru, saya telah merancang konten untuk menginspirasi pembelajaran dan keterlibatan dan telah diakui oleh dewan sekolah sebagai guru teladan Di kelas, saya mendapatkan umpan balik waktu nyata dan saya akan segera mengulang berdasarkan jawaban. Saya juga memiliki kesadaran tajam tentang tentang perspektif dan karakteristik yang berbeda berdasarkan bekerja dengan siswa dari berbagai latar belakang”.

Beberapa tips career switch adalah sebagai berikut:

career switch tips

Tips;

Cocokkan deskripsi pekerjaan dengan keterampilan dalam rangka Career Switch. Di selembar kertas, tuliskan semua keterampilan yang diperlukan untuk minat pekerjaan. Tinggalkan tempat di sebelah “keterampilan yang diperlukan” untuk menulis tentang bagaimana pengalaman dapat diterapkan pada keterampilan ini. Ikuti tips career switch berikut ini ;

  • Identifikasi dan tekankan keterampilan agar dapat dialihkan pada resume  dan LinkedIn.
  • Perspektif eksternal membantu melihat keahlian dengan cara baru. Tanyakan kepada teman Anda bagaimana menurut mereka pengalaman akan diterjemahkan ke dalam pekerjaan.
  • Pelajari dan kuasai keterampilan baru untuk Career Switch.
  • Ceritakan kisah menarik. Anda menggambarkan siapa diri Anda untuk menjadikan diri sebagai kandidat yang menarik. Buat cerita dengan hati-hati memilih cerita yang ingin dibagikan pada waktu yang tepat:
  • Persiapkan 5 hal penting tentang Anda, ini terkait dengan menyelesaikan pekerjaan. Anda bisa memercikkan 5 hal ini ke dalam obrolan.
  • Bersiaplah sebelum melakukan percakapan penting. Latih apa yang akan Anda katakan sebelum mendekati karir pada perusahaan target.
  • Perjelas tentang apa yang ingin dilakukan dan mengapa Anda menginginkannya.
  • Sesuaikan cerita dengan deskripsi pekerjaan. Beri tahu manajer perekrutan bahwa Anda serius dan berkomitmen untuk menguasai keterampilan terkait pekerjaan dan mengapa hal itu penting bagi Anda.
  • Anda bereksperimen dan menyempurnakan cerita dengan setiap percakapan berurutan. Anda juga mungkin menemukan bahwa pendekatan alternatif lebih cocok untuk kepribadian berbeda.
  • Anda langsung membahas fakta  Career Switch dan mengapa akan membuat pilihan bagus untuk posisi ini. Hanya lakukan percakapan ini secara langsung – jangan pernah melalui telepon.

baca juga; penyebab karir stagnan

Buat rencana keuangan untuk diri sendiri

Salah satu penyebab stres terbesar saat career switch adalah uang. Tips membangun strategi seputar keuangan Anda akan membuat nyaman dan memungkinkan untuk menggunakan stamina mental untuk bekerja menuju karir impian Anda, berikut ini adalah tips career switch yang perlu dipertimbangkan ;

  • Tetapkan diri Anda tonggak untuk mengakses keuangan. Tandai tonggak ini di kalender.
  • Jika memiliki dana darurat, memungkinkan untuk fokus hanya pada perubahan karir, pastikan memiliki rencana untuk berapa lama uang akan bertahan dan tidak berencana untuk menunggu sampai menit terakhir untuk mengetahui cara menghasilkan pendapatan.

Jika harus bekerja selama masa transisi Career Switch, pertimbangkan untuk memilih pekerjaan yang tidak menghabiskan banyak ruang mental seperti bekerja di kedai kopi atau toko pakaian. Ini memungkinkan pekerjaan Anda tetap di tempat kerja dan memberi energi intelektual dan emosional untuk fokus mengembangkan Career Switch.

career switch tips - pindah karir

Kelola Frustrasi Anda

Terkadang perubahan bisa mudah. Di lain waktu, ada rintangan atau hal-hal bergerak lebih lambat dari yang diinginkan. Tips career switch berikutnya, perhatikan frustrasi dan berhati-hatilah untuk tidak membawanya ke dalam percakapan. Jika mulai merasa frustrasi, jelaskan alasannya dan temukan cara mengubah perspektif Anda:

  • Tentukan dari mana masalah itu berasal dan lihat apakah dapat menemukan solusinya. Anda harus bertanya kepada orang-orang terdekat dengan Anda apakah mereka memiliki ide tentang bagaimana menghadapi apa yang dihadapi. Orang-orang terdekat mungkin memiliki rekomendasi khusus untuk motivasi khusus yang dihadapi.
  • Ingatkan diri Anda mengapa ini penting dan bagaimana hidup akan berubah.
  • Lacak upaya Anda. Mudah untuk melihat apa yang tidak berhasil, tetapi ingatlah untuk mempertimbangkan apa yang sudah berhasil dan kemajuan karir.
  • Beristirahatlah dan temukan cara untuk memulihkan vitalitas. Beristirahat bisa sesederhana berjalan-jalan untuk menjernihkan pikiran.
  • Membingkai ulang pemikiran tentang situasi tersebut. Saat membingkai ulang, pikiran dan perilaku sering kali berubah bersamanya. Cobalah bermain dengan pendekatan baru atau cara berpikir berbeda tentang situasi tersebut.

Tips career switch lainnya

  • Pahami pasar kerja dan teliti perusahaan yang dapat dan mau berinvestasi dalam transisi Career Switch.
  • Jika keahlian saat ini cocok dengan pekerjaan, tetapi tidak persis seperti yang ingin dilakukan, Anda dapat melanjutkan karir pada pekerjaan itu dan bekerja menuju posisi ideal. Anda dapat melamar peran dengan jabatan saat ini dan beralih dari waktu ke waktu ke peran pilihan.
  • Sulit untuk dipekerjakan oleh perusahaan terkenal karena semua orang menginginkan perusahaan ternama.

Demikianlah artikel tentang tips career switch , semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.