Memelihara Ikan Koi Dapat Membuat Anda ‘Gila Koi’

Anda tentu telah mengenal Koi, salah satu jenis ikan hias penghuni kolam. Ikan koi dikenal sebagai satu-satunya ikan hias yang harganya bisa mencapai miliaran rupiah !

Mungkin anda tak percaya, jika seekor ikan koi harganya bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Sebagai salah satu contoh adalah seekor koi bernama ‘S Legend’ pernah terjual dalam acara lelang di Jepang seharga ¥ 203.000.000 atau setara hampir Rp. 27 Miliar ! Oleh karena itu, koi ini dikenal sebagai ikan koi termahal di dunia

gila koi
S Legend, Koi termahal di dunia

Mengapa harga ikan koi bisa menjadi begitu mahal? Dan anehnya, ada sja pembelinya. Usut punya usut, memang ikan koi menyimpan keindahan yang luar biasa dan memiliki keistimewaan tertentu, yang hanya bisa dipahami oleh orang-orang tertentu.

Berawal dari hobi

Bagi orang yang masih awam, pertama kali memelihara koi tentu hanya sebatas sebagai sebuah kesenangan atau hobi sekaligus memanfaatkan koi sebagai ikan penghias kolam di rumahnya. Awalnya membeli beberapa ekor saja, dengan harga yang relatif murah, yang penting bisa untuk mengisi kolamnya agar tidak tampak kosong.

Dengan berjalannya waktu, pemelihara ikan koi mulai ingin mengetahui lebih banyak tentang ikan koi, sebab ikan koi memilki berbagai macam warna yang indah. Selain itu juga terdapat berbagai jenis ikan koi yang masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri.

Karena banyaknya jenis ikan koi, maka koi dibagi menjadi beberapa kategori, untuk memudahkan mengidentifikasinya. Karena ikan koi berasal dari negeri Sakura, maka terdapat 13 kategori atau varitas koi yang semuanya itu diberi nama dalam bahasa Jepang. Nama-nama varitas koi antara lain adalah Kohaku, Showa, Sanke. Utsuri, ogon dll.

Mulai Kecanduan

Biasanya para pemelihara koi yang serius dalam hobinya itu selalu ingin menambah koleksinya. Apalagi jika mereka tergabung dalam sebuah komunitas pecinta koi yang anggotanya terdiri dari para pehobi berat koi. Semakin jauh berbaur dengan para pecinta koi , maka secara tak disadari akan makin membuatnya ingin memiliki koi yang berkualitas. Maksudnya koi berkualitas adalah koi yang memiliki bentuk badan yang baik, warga yangcerah juga pola yang seimbang.

Dalam menilai koi atau lebih populer dengan istilah Apresiasi Koi, untuk menentukan kualitas seekor koi ada beberapa parameter atau ukuran yang digunakan. Jika semuanya terpenuhi maka seekor koi layak disebut koi yang bagus atau berkualitas.

Itulah sebabnya, di tengah komunitas pecinta koi seringkali mengadakan even atau acara lomba koi atau istilah populernya Kontes Koi. Ajang ini adalah semacam beauty contest untuk memilih koi terbaik sebgai juara. Koi yang tampil sebagai pemenang, akan memperoleh hadiah dan penghargaan, namun yang paling di harapkan adalah sebagai koi kebanggaan oleh pemiliknya.

Acara seperti kontes koi inilah yang membuat para pehobi koi selalu ingin memiliki koi yang bagus. Setiap kesempatan selalu dia gunakan untuk mendatangi tempat penjualan koi hanya untuk memburu ikan koi yang bagus kualitasnya.

Nah, jika seorang pehobi koi sudah kecanduan dengan ikan koi, maka dia tak peduli lagi mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli seekor koi yang harganya mahal. Selain itu juga selalu punya keinginan untuk memperbaiki kondisi kolamnya agar terlihat makin indah bersama koi-koi kesayangannya.

Sampai disini, pemelihara koi sudah sampai pada tahap ‘gila koi’, yang mana di benaknya hanya ingin membeli seekor koi yang menurutnya bagus tanpa mempedulikan lagi berapa harganya.

Oleh sebab itulah maka tak heran jika ada koi yang harganya hingga miliaran rupiah, sebab ikan-ikan koi mahal hanya akan dibeli dan dimiliki oleh pra pehobi berat yang telah terjangkit penyakit ‘Gila koi’

Salam Gila Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *