Tips Memilih Ikan Koi Kohaku Untuk Dipelihara

Sesungguhnya tidak ada aturan baku dalam menilai koi khususnya kohaku, tapi apa yang disarankan oleh para pakar koi, bisa kita gunakan sebagai dasar pertimbangan dalam memilih koi yang layak untuk kita pelihara.

Mengapa mengikuti saran para pakar koi dalam menilai koi, sebab mereka tentu telah berpengalaman dalam menilai kualitas koi. Untuk diketahui, menilai koi perlu pegalaman dan jam terbang dalam memelihara dan mengamati kualitas koi.

Berikut ini adalah hal-hal  yang penting untuk dipertimbangkan dalam memilih Koi Kohaku :

1. Bentuk badan.

Bagian mulut berbentuk bulat telur. Hindari membeli koi yang mulutnya lancip atau berbentuk seperti segitiga. Badan koi sebaiknya bulat dan panjang, bagian kepala tidak tampak besar dibandingkan punggungnya. Hindari membeli koi yang terkesan buntek atau bogel. Apabila dilihat dari ata seperti torpedo

2. Warna Kohaku Pada Kohaku.

Hhanya ada 2 warna yaitu merah dan putih. Jangan segan-segan membolak-balik badan koi (tapi jangan kelamaan, nanti yang jual marah wkwkwk) untuk memastikan bahwa tidak ada warna lain selain warna Merah dan Putih. Jangan membeli Kohaku bila masih ada warna hitam meski cuma setitik saja. Jika terdapat setitik warna hitam (black spot) maka akan sengat mengurangi kualitas penampilan dari Kohaku.

3. Kualitas Warna Kohaku

Kohaku yang baik, warna merahnya pekat, rata dan tidak oranye. Sedangkan warna putihnya bersih dan seputih salju. Tapi untuk warna merah dan putih yang bagus kualitasnya, sangat jarang. Bilapun ada, maka pastilah mahal. Namun demikian, pilihlah Kohaku yang cenderung pekat warna merahnya, dan warna putihnya bersih dan tidak kekuning-kuningan.

4. Pola Merah

Pilih kohaku yang punya pola merah lebar-lebar atau ‘Omoyo’. Jangan membeli Kohaku yang terdapat banyak  bercak-bercak warna merah (Red spot).

5. Sirip Kohaku

Perlu juga sepintas melihat kondisi sirip Kohaku, apakah lengkap, simetris dan tidak cacat. Kohaku yang baik kualitasnya, memiliki sirip yang putih bersih. Kohaku yang memiliki sirip yang lebar, lebih diutamakan untuk dipilih.

Salam ‪#‎gilakoi‬

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *