WORDPRESS & SEO

Ikan Mas Koi VS Ikan Mas Konsumsi. Ini Bedanya !

 

Ikan Mas Mas Koi dan Ikan Mas Konsumsi apa bedanya?

Ketika Anda melihat ikan koi atau nishikigoi yang indah, kita jadi suka. Sulit membayangkan bahwa ikan anggun ini sesungguhnya dulu berasal dari ikan mas biasa, dan semua karena adanya perubahan yang menakjubkan yang telah dialami oleh ikan mas selama beratus-ratus tahun karena hasil persilangan.

ikan mas koi

Sekarang ada banyak perbedaan antara kedua jenis ikan air tawar tersebut. Sebagian besar perbedaan tersebut dapat dilihat pada warna, bentuk tubuh, ukuran, sirip, dan sisik ikan.

WARNA

Perbedaan paling jelas dan terpenting antara jenis ikan koi dan ikan mas adalah warnanya. Ikan koi memiliki beragam warna dan pola. Beberapa warna yang umum pada nishikigoi adalah merah, kuning, jingga, hitam, biru, dan putih. Ikan mas di sisi lain hampir selalu berwarna abu-abu tua atau coklat keemasan yang memudar menjadi warna yang lebih terang di dekat sirip dan perut.

BENTUK TUBUH

Bentuk tubuh ikan mas Koi juga sangat berbeda dengan ikan mas konsumsi pada umumnya. Tubuh ikan mas umumnya lebih padat dan lebih tinggi daripada nishikigoi dengan sebagian besar pertumbuhannya di bagian tengah sedangkan ikan koi cenderung tumbuh lebih panjang.

Pembiakan selektif telah menghasilkan bentuk seperti torpedo dengan bagian tengahnya tebal dan mengarah ke kepala dan ekor yang lebih sempit.

UKURAN

Jika dibandingkan dengan ikan mas pada umumnya, koi cenderung lebih panjang dan besar dengan ukuran bisa mencapai 60-70 cm sementara ikan mas panjangnya hanya 40-50 cm saja pada usia yang sama.

Namun demikian ikan mas meski secara umum lebih kecil daripada nishikigoi namun pernah ada ikan mas terbesar yang pernah ditangkap dengan berat 45 Kg, tapi itu sangat jarang ditemukan dan hanya bisa diperoleh di kolam alami (danau).

FINS

Salah satu perbedaan lainnya antara nishikigoi dan ikan mas dapat ditemukan pada siripnya. Ikan mas memiliki tulang belakang yang terpisah di siripnya dengan sirip punggung yang memanjang. Saat koi berkembang, mereka kehilangan duri ini sehingga memungkinkan sirip mengalir indah seperti yang kita lihat pada koi kupu-kupu.

SISIK

Perbedaan besar terakhir antara keduanya terletak pada bentuk sisiknya, meskipun terdapat jenis ikan mas dan koi yang sama sekali tidak memiliki sisik (ikan ini disebut doitsugoi)) Jika mereka memiliki sisik, sisik ikan koi lebih kecil, lebih teratur, dan lebih melengkung daripada sisik ikan mas pada umumnya.

Karena semua perbedaan tersebut, maka ikan koi berjuang untuk bertahan hidup di alam. Warna-warna cerah yang membuat mereka cantik membuat mereka mudah dimangsa, sirip indah mereka yang mengalir membuat mereka perenang yang lebih lemah, dan sisik melengkung mereka yang lebih kecil\ tidak melindungi mereka serta sisik ikan karper yang besar.

Jadi perbedaan nyata antara keduanya adalah habitatnya – ikan mas adalah ikan yang sangat kuat yang ditemukan di seluruh dunia sementara koi berkembang biak di kolam buatan dengan hati-hati dalam pemeliharaan untuk menampilkan keindahannya.

Mengenai jenis ikan koi selengkapnya dapat dibaca pada artikel berikut ini :

Jenis Ikan Koi dan 13 Varitas Lengkap dengan Karakter dan Gambar

Salam gilakoi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.