WORDPRESS & SEO

Panduan Bagi Pemula Dalam Memelihara Ikan Koi

Panduan Pemula untuk Memelihara Koi

Hanya sedikit ikan hias yang dapat bersaing dengan Koi, baik dalam hal variasi pola dan warna, sejarah panjang dan tradisi budaya mereka, atau hanya penampilan fisik mereka. Daya tarik koi untuk segala macam alasan; bagi sebagian orang, kesempatan untuk memiliki beberapa ikan yang luar biasa – dan sangat berharga ini adalah alasan mereka membangun kolam di tempat pertama, sementara bagi yang lain, minat berkembang kemudian, terkadang bertahun-tahun setelah mereka pertama kali terlibat dengan kolam dan air. taman.

Namun, setiap kali serangga menggigit, penting untuk diketahui sejak awal bahwa meskipun dasar-dasar pengelolaannya tetap sama seperti jenis kolam lainnya, pemeliharaan Koi yang berhasil memerlukan beberapa persyaratan unik yang harus dipenuhi.

Merencanakan Kolam untuk Memelihara Koi

Ini adalah ikan yang berpotensi sangat besar, sering tumbuh antara dua dan tiga kaki (60 – 90 cm) panjangnya dan kadang-kadang hingga empat kaki (1,2 meter) atau lebih, yang jelas berarti mereka membutuhkan kolam yang cukup besar untuk menampung mereka, terutama jika Anda berencana untuk menyimpan beberapa spesimen. Sebagai panduan umum yang baik, kolam ikan koi tidak boleh lebih kecil dari delapan kaki kali enam kaki (2,4 meter x 1,8 meter) di permukaan, dan kedalaman empat kaki (1,2 meter).

Idealnya Anda harus membangun kolam sebesar mungkin yang dapat Anda tampung, karena semakin besar volume air yang dapat ditampungnya, semakin stabil kondisinya, dan semakin kecil kerentanannya terhadap perubahan suhu jika cuaca tiba-tiba. tiba-tiba berubah menjadi panas atau dingin. Semua itu membantu mengurangi stres pada ikan Anda dan semoga mereka tetap dalam kondisi kesehatan yang terbaik.

Filtrasi untuk Kolam Koi

Penyaringan yang baik adalah aspek penting lainnya untuk menjaga air dalam kondisi prima, karena ikan besar ini menghasilkan sejumlah besar limbah nitrogen, terutama selama bulan-bulan musim panas yang hangat, ketika mereka makan dengan baik dan paling aktif. Ada suatu masa ketika penggila Koi hampir tidak punya pilihan selain membuat filternya sendiri, tetapi saat ini ada sejumlah merek eksklusif yang tersedia secara luas yang telah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan khusus kolam Koi. Terus terang, kecuali ada alasan yang sangat bagus – dan sebenarnya tidak banyak – untuk membuat sendiri, pemelihara Koi yang baru selalu disarankan untuk memilih versi komersial berukuran sesuai, dan menghilangkan semua kekhawatiran dari aspek ini. hal-hal. Mereka dinilai dalam hal volume air yang akan mereka rawat dengan nyaman, dan datang dengan pompa yang sesuai untuk membuat sistem paket lengkap, atau dengan rekomendasi yang jelas mengenai laju aliran pompa yang dibutuhkan untuk menggerakkannya dengan benar – yang sekali lagi jelas membuat segalanya sangat sederhana untuk penggemar pemula.

Tanaman untuk Kolam Koi

Sayangnya, sangat sulit – hampir mustahil – bagi Koi untuk hidup berdampingan dengan tanaman, kecuali jika ikannya sangat kecil, karena rasa ingin tahu mereka yang alami, ditambah dengan perilaku mencari makan mereka biasanya mengakibatkan tanaman air yang Anda pilih dengan hati-hati tumbang, dimakan atau keduanya! Sayangnya, sebagai aturan umum, ini berarti tidak ada tempat untuk tanaman di kolam semacam ini.

Namun, jika Anda benar-benar bertekad untuk mencoba, bunga lili air terkadang terbukti berhasil, terutama jika Anda memilih beberapa varietas yang lebih kuat, dan menanamnya di keranjang tanam yang terlalu besar untuk digulingkan oleh ikan. Sebagai alternatif, marjinal dapat dicoba jika desain kolam Anda memungkinkan untuk rak marjinal, tetapi hanya jika terlalu dangkal untuk Koi, atau skema penanaman Anda tidak mungkin tetap tanpa gangguan untuk waktu yang lama.

Kepadatan Tebar Kolam Koi

Ketika akhirnya tiba saatnya untuk memilih ikan Anda, sangat penting untuk tidak terbawa dan menimbun kolam Anda secara berlebihan – tidak peduli betapa menggodanya untuk menambahkan satu atau dua tambahan saja. Aturan praktis yang baik untuk pemelihara Koi pemula adalah membidik tingkat penebaran sekitar 50 inci (125 cm) ikan per 1000 galon air – yang berarti kolam ‘minimum’ kami berukuran 8 kaki x 6 kaki x 4 kaki, yang menampung kira-kira 1150 galon, dapat dengan aman menopang Koi hingga panjang total sekitar 58 inci (145 cm).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.