WORDPRESS & SEO

Tips Menghemat Kuota Agar Tidak Cepat Habis

Di zaman saat ini, siapa yang tidak menggunakan internet untuk berbagai keperluan sehari-hari. Karenanya kebutuhan akan kuota internet sudah menjadi kebutuhan bulanan selain makan dan transportasi. Kuota internet membutuhkan  anggaran bulanan dalam jumlah tertentu.

Terkadang penggunaan kuota internet teramat boros karena banyaknya mengakses aplikasi. Namun sebenarnya pada trik untuk menghemat penggunaan kuota internet. Caranya dengan mengontrol penggunaan kuota yang perlu dan tidak diperlukan. Bisa pula dengan memilih paket kuota murah seperti paket kuota keluarga.

Tips Menghemat Kuota

Penasaran bagaimana cara menghemat kuota internet agar dapat menekan pengeluaran, berikut ulasannya:

  1. Atur batas penggunaan setiap bulan

Kamu dapat mengontrol penggunaan kuota internet setiap bulan dengan memasang batas pemakaian atau limited. Tentukan batas perkiraan berapa banyak kuota yang kamu butuhkan dalam satu bulan. Gunakan batas tersebut sebagai limit penggunaan bulanan pada menu pengaturan. Maka jika dalam waktu sebelum satu bulan penggunaan kuota kamu melebihi limit yang kamu buat, akan ada peringatan kelebihan pemakaian.

Berikut cara pengaturannya:

  • Masuk ke menu Setting atau Pengaturan
  • Pilih connection, buat limit sesuai perkiraan kebutuhan
  • Jika sudah klik save mobile data limit maka

 

  1. Hindari update otomatis

Tanpa disadari play store merupakan sumber yang banyak menghabiskan paket data, terutama karena update berbagai aplikasi.  Sebab update otomatis terkadang pada aplikasi yang tidak dibutuhkan. Karenanya perlu menghindari pengaturan update otomatis, caranya:

  • Buka Play Store pilih menu Settings
  • Pilih Auto-update apps untuk memunculkan opsi untuk dipilih
  • Pilih ‘Over Wi-Fi only’ atau ‘Don’t auto-update apps’ untuk menghindari update otomatis.

 

  1. Gunakan Chrome untuk browsing

Menggunakan Google Chrome untuk browsing memungkinkan untuk melakukan penghematan kuota. Sebab Chrome memiliki fitur penghemat kuota yang mampu menekan penggunaan data pada penggunaannya. Caranya dengan mengubah pengaturan berikut:

  • Buka Chrome, klik tiga titik di bagian kanan atas
  • Klik Settings
  • Aktifkan Lite Mode menjadi On

  1. Menghemat kuota WhatsApp

Untuk menghemat kuota, kamu meminimalkan pengeluaran kuota pada aplikasi pesan singkat, WhatsApp. Terdapat beberapa cara menghemat penggunaan kuota pada WhatsApp, di antaranya dengan menonaktifkan pengunduhan media secara otomatis. Kamu dapat mengaktifkan Low data usage untuk mengurangi penggunaan kuota panggilan telepon.

  1. Gunakan aplikasi offline

Bisa menghemat penggunaan kuota namun tetap dapat mengakses aplikasi, siapa bilang tidak bisa. Caranya dengan memanfaatkan aplikasi yang bisa digunakan secara offline, seperti Spotify premium dan lain sebagainya. Kamu dapat mengunduh data yang diperlukan dengan memanfaatkan wi-fi, kemudian memanfaatkan penggunaan offline.

  1. Batasi background data

Tahukah kamu, aplikasi berjalan pada background Android dapat menyedot kuota internet? Aplikasi seperti WhatsApp, Facebook hingga game yang tidak dimatikan sempurna. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengubah pengaturan untuk meminimalkan background data, caranya dengan:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih Data usage untuk memunculkan berbagai aplikasi dengan besaran kuota yang dihabiskan.
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu batasi,
  • Lalu klik Restrict app background data.

Demikian cara menghemat penggunaan kuota yang bisa dilakukan. Namun ada cara lebih mudah agar dapat mengakses berbagai aplikasi tanpa khawatir kehabisan kuota internet. Kuncinya dengan menggunakan kuota keluarga Paket Akrab XL. Paket kuota yang memberikan jumlah kuota yang besar dengan harga yang murah. Banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan untuk penggunaan kuota keluarga XL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.