Categories
Article Placement Kesehatan

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok

Salah satu masalah dari rambut adalah kerontokkan. Kerap kali kita merasa risih, tidak pede, bahkan stress menghadapi rambut yang rontok. Bagi kamu yang sedang bingung bagaimana mengatasi rambut rontok, berikut adalah cara mengatasi rambut rontok.

  1. Makanan

Mengonsumsi makanan bergizi dapat mengurangi rambut rontok kamu. Rambut rontok dan juga rapuh disebabkan juga oleh kekurangan. Agar rambut kamu bisa tumbuh kuat dan indah, rambut memerlukan berbagai nutrisi, seperti protein, zat besi, zinc, asam folat, vitamin A, vitamin D, vitamin E, biotin, dan antioksidan. Kamu dapat melengkapi asupan nutrisi tersebut agar mencegah dan mengatasi kerontokan rambut. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa diperoleh dari makanan tertentu, makanan seperti telur, ikan, daging, makanan laut, bayam, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang kedelai, atau suplemen nutrisi tambahan sesuai rekomendasi dokter bisa membuat rambut kamu kuat dan tidak rontok. Diet seimbang juga sangat penting untuk kesehatan rambut. Sangat penting untuk memastikan kamu mendapatkan zat besi dan vitamin D.

  1. Kurangi stress

Bagi kamu yang berumur matang pasti sering kali merasakan stress, entah itu masalah pekerjajan atau yang lainnya. Ternyata stres juga merupakan salah satu faktor risiko terjadinya rambut rontok lho. Ketika kamu sering mengalami stres berat, hormon-hormon di dalam tubuh kamu akan mengalami perubahan sehingga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Maka dari itu, kalau kamu iingin mengurangi rambut rontok kamu sebaiknya kamu mengurangi stres agar rambut kamu tidak semakin rontok dan menipis.

  1. Obat

Kalau kamu merasa rambut rontok kamu sudah tidak karuan lagi, perawatan rambut rontok juga dapat dilakukan dengan obat-obatan. Tetapi pada dasarnya, pengobatan rambut rontok harus disesuaikan dengan faktor penyebab dari rambut rontok kamu, contohnya kalau disebabkan oleh penyakit tertentu, dokter akan mengobatinya dengan cara mengatasi penyakit yang kamu alami tersebut untuk mengobati rambut rontok yang kamu alami. Agar dapat membantu menyuburkan dan merangsang pertumbuhan rambut kamu, dokter juga dapat meresepkan beberapa obat-obatan sebagai berikut:

  1. Minoxidil

Minoxidil adalah obat berupa cairan yang diaplikasikannya dengan cara digosokkan atau disemprotkan ke kulit kepala kamu. Obat ini bisa menyuburkan pertumbuhan rambut dan menguatkan rambut. Dengan pemakaian minoxidil yang teratur, maka rambut kamu akan berangsur-angsur mengalami pertumbuhan kembali dan kerontokan pun dapat berkurang. Tetapi, butuh cukup waktu yang lama untuk melihat perkembangan yang signifikan dari pemakaian minoxidil ini, dibutuhkan paling tidak 6 bulan untuk melihat hasilnya. Tetapi kamu harus berhati-hati, obat ini bisa menyebabkan efek samping berupa iritasi kulit kepala dan tumbuhnya rambut yang tidak diinginkan di area sekitar wajah.

  1. Finasteride

Finasteride adalah obat yang berbentuk pil yang digunakan dengan cara diminum. Obat ini hanya dapat didapatkan melalui resep dokter dan hanya direkomendasikan untuk rambut rontok pada pria saja. Obat ini memiliki fungsi agar memperlambat kerontokan dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Obat finasteride ini tidak efektif jika dikonsumsi oleh pria berusia lebih dari 60 tahun. Juga, penggunaan obat ini bisa menimbulkan efek samping, seperti menurunnya fungsi seksual, berkurangnya gairah seks, dan meningkatnya risiko kanker prostat. Selain dengan penggunaan obat-obatan, biasanya dokter juga dapat menyarankan kamu agar menjalani perawatan rambut rontok, seperti terapi laser dan transplantasi rambut. Untuk menentukan jenis penanganan yang tepat untuk mengatasi rambut rontok kamu, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

One reply on “5 Cara Mengatasi Rambut Rontok”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.