Categories
Kesehatan

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui 

 

Seperti yang diketahui bahwa jahe merah memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jahe jenis lainnya. Dari segi kandungan senyawa kimia dalam rimpangnya, pada jahe merah ini terdapat kandungan gingerol, oleoresin, dan minyak atsiri yang lebih tinggi. Bahkan ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa manfaat jahe merah ini adalah sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Yang mana, kandungan tersebut dipercaya bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus maupun bakteri. Lalu apa saja manfaat jahe merah lainnya untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini. 

  • Menambah Stamina

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai penambah stamina. Dalam hal ini, jahe merah mampu melancarkan peredaran pada darah sehingga membuat pembentukan otot lebih baik dan sempurna. Selain itu, jahe merah juga mampu meningkatkan kebugaran fisik serta menambah stamina. Sehingga tidak aneh kalau banyak pria dewasa yang menjadikan jahe merah ini sebagai obat kuat alami. 

  • Memiliki Sifat Anti Radang

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang lainnya adalah memiliki sifat anti radang. Hal ini dikarenakan pada jahe merah terdapat kandungan gingerol, gingerdione, dan zingeron yang mampu menghambat prostaglandin yang merupakan mediator radang. Dimana, efek tersebut sama dengan efek anti radang dari asam mefenamat dan ibuprofen yang merupakan obat antiradang nonsteroid (NSAIDs). 

  • Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Manfaat jahe merah lainnya adalah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan pola makan yang kurang sehat, dimana kebiasaan mengonsumsi sembarangan makanan akan membuat tumpukan lemak jahat di dalam tubuh. Apabila masalah ini dibiarkan dalam jangka waktu lama, kemungkinan lemak jahat tersebut akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh anda semakin meningkat. Untuk mengatasi masalah tersebut, bagi anda para penderita kolesterol dianjurkan untuk mengonsumsi jahe merah ini secara rutin. Soalnya, jahe merah ini diklaim bisa menghancurkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh serta mencegah munculnya penyakit kolesterol tinggi. Jadi selain bermanfaat bagi para penderita kolesterol saja, jahe merah ini juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi bagi orang sehat supaya terhindar dari penyakit kolesterol tinggi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.