rog zephyrus g14
rog zephyrus g14

ROG Zephyrus G14, Asus Laptop Gaming

ROG Zephyrus G14, Asus Laptop Gaming Sangat Powerful. Semenjak awal kali diperkenalkan pada tahun 2020, ROG Zephyrus G14 langsung dinobatkan jadi salah satu laptop gaming yang sangat digemari oleh para gamer. Mengusung bodi ringkas dengan layar 14- inci, dibekali spesifikasi yang powerful, dan mempunyai desain unik dengan fitur AniMe Matrix Display yang bisa dikustomasi.

ROG Zephyrus G14

Walaupun demikian, 3 perihal tersebut tidaklah alibi utama kenapa banyak sekali orang yang menggemari ROG Zephyrus G14. Tidak cuma para gamer, laptop gaming ini apalagi sangat digemari oleh pengguna non gamer sebab profil desainnya yang minimalis apalagi mapir tidak nampak selaku laptop gaming. Sementara itu seluruh komponen yang diusung oleh laptop gaming ini merupakan hardware kelas gaming yang sangat powerful.

Di tahun 2022 kali ini, ROG Zephyrus G14 kembali muncul dengan bermacam kenaikan tidak cuma dari sisi spesifikasi hardware namun pula dari fitur yang diusungnya. Berbeda dengan pendahulunya, laptop gaming kali ini pula dibekali dengan campuran CPU serta GPU dari AMD, ialah AMD Ryzen 6000 Mobile Series serta AMD Radeon RX 5000 Series. Campuran keduanya memperkenalkan keunggulan tertentu dalam perihal optimalisasi sebab keduanya bekerja dengan sangat baik di sistem pembedahan Windows 11.

Tidak hanya itu, terdapat banyak sekali fitur yang ditingkatkan di ROG Zephyrus G14( 2022) dibanding dengan pendahulunya, mulai dari trackpad, hadirnya webcam, sampai sistem pendinginnya. Apa saja kenaikan yang ASUS ROG hadirkan kali ini? Ayo kita bahas.

Senantiasa Ringkas serta Lebih Aman Digunakan

Salah satu perihal yang membuat seri ROG Zephyrus G14 sangat terkenal merupakan wujudnya yang sangat ringkas serta aman digunakan. Layarnya yang berdimensi 14- inci membuat laptop gaming ini lebih ringkas dari laptop gaming pada biasanya yang rata- rata mengusung layar 15- inci. Tidak hanya membuat dimensi laptop jadi lebih ringkas secara totalitas, layar 14- inci pula lebih digemari untuk pengguna yang mempunyai mobilitas besar. Seperti itu kenapa banyak pengguna non- gamer pula sangat menggemari ROG Zephyrus G14, sebab seri laptop ini ialah salah satu seri laptop 14- inci yang sangat powerful sampai dikala ini.

ROG Zephyrus G14( 2022) sendiri mempunyai bodi dengan ketebalan tidak lebih dari 2cm serta bobot di angka 1, 72Kg. Berkat ukuran serta bobot tersebut, laptop gaming ini senantiasa terkategori sangat portabel serta gampang buat dibawa bepergian. Kamu apalagi tidak butuh memerlukan tas spesial berdimensi besar buat bawa laptop gaming ini. Butuh ditekankan kembali kalau ROG Zephyrus G14( 2022) merupakan suatu laptop gaming serta spesifikasi tersebut menampilkan kalau laptop gaming ini mempunyai ketebalan serta bobot yang tidak berbeda jauh dengan laptop 14- inci pada biasanya.

Sebagian aspek desain pada laptop gaming ini pula sudah ditingkatkan, salah satunya pada keyboard. ROG Zephyrus G14( 2022) memakai keyboard dengan traveling distance 1, 4mm yang dirancang spesial supaya aman digunakan buat bermacam kegiatan( bukan cuma gaming). Keyboard- nya pula saat ini dibekali dengan 4 tombol programmable macro yang bisa digunakan buat tingkatkan produktiitas ataupun jadi tombol pintasan ekstra dikala bermain permainan.

Berdialog soal keyboard, ROG Zephyrus G14( 2022) pula masih mengusung fitur ErgoLift dengan engsel yang saat ini bisa dibuka sampai 180 derajat buat mempermudah Kamu bekerjasama. ErgoLift pula membuat posisi mengetik jadi lebih aman dan bisa menolong sistem pendingin bekerja lebih maksimal berkat rongga hawa ekstra yang didatangkan dikala laptop ini digunakan.

Dibanding dengan pendahulunya, ASUS memanglah merancang laptop gaming ini supaya lebih aman digunakan serta perihal tersebut tercermin langsung pada touchpad yang saat ini berdimensi lebih besar. Apalagi sampai 50% lebih luas dibanding dengan laptop gaming ini generasi lebih dahulu. Touchpad tersebut pula dirancang supaya sangat akurat dikala digunakan sehingga membuat pengguna ROG Zephyrus G14( 2022) tidak butuh memakai mouse kecuali dikala bermain permainan.

ROG Zephyrus G14

Laptop Gaming Sangat Stylish

Salah satu pembeda ROG Zephyrus G14( 2022) dengan laptop gaming yang lain merupakan desainnya yang sangat stylish. Tidak cuma semata- mata ringkas, ROG Zephyrus G14( 2022) pula mempunyai bodi dengan desain yang terkategori low- profile buat suatu laptop gaming sehingga sangat membolehkan buat bawa laptop gaming ini ke pertemuan formal ataupun digunakan di kantor.

Tetapi dikala fitur AniMe Matrix Display- nya dinyalakan, ROG Zephyrus G14( 2022) berganti total jadi suatu laptop gaming. AniMe Matrix Display ialah fitur berbentuk sederet lapmpu LED pada bagian balik layar laptop gaming ini yang bisa dikustomasi. AniMe Matrix Display bisa digunakan buat menunjukkan bacaan sampai animasi. Gamer pula bisa memilah animasi yang mau ditampilkan ataupun memasang animasi buatannya sendiri. Kustomasi tanpa batasan pada laptop gaming cuma terdapat di AniMe Matrix Display.

AniMe Matrix Display pula bisa menunjukkan wujud Omni, ialah mascot formal dari ROG. Tidak cuma hingga di sana, gamer apalagi bisa bermain Bersama Omni di bermacam- macam mini permainan yang sudah disediakan. Pasti saja tampilan AniMe Matrix Display hendak membiasakan dengan mini permainan yang lagi dimainkan.

Menemani AniMe Matrix Display, ROG Zephyrus G14( 2022) pula dilengkapi dengan keyboard yang menunjang fitur ROG Aura RGB. Jadi tidak hanya dapat melaksanakan kustomasi pada AniMe Matrix Display, gamer pula bisa membuat laptopnya tampak berbeda dengan RGB LED keyboard yang bisa dipersonalisasi. Selaku bonus,laptop gaming ini pula menunjang pemakaian ROG Aura Wallpaper yang bisa disinkronisasikan dengan ROG Aura RGB.

LAPTOP GAMING ASUS

Layar Lebih Luas serta Dibekali Webcam

Bila dilihat secara lebih teliliti, ROG Zephyrus G14( 2022) mempunyai ukuran bodi yang sedikit berbeda dengan pendahulunya. Perihal tersebut disebabkan laptop gaming ini saat ini memakai layar dengan rasio 16: 10, berbeda dengan generasi lebih dahulu yang memakai layar 16: 9.

Rasio layar 16: 10 membuat pengguna ROG Zephyrus G14( 2022) bisa lebih aman dikala memakai laptop gaming ini buat bermacam kegiatan sebab rasio tersebut bisa memperkenalkan ruang kerja( working ruang) yang lebih luas. Selaku bonus, dimensi bezel laptop gaming ini pula terkategori sangat tipis sehingga lebih nampak selaku laptop modern yang minimalis serta stylish.

ROG Zephyrus G14( 2022) pula saat ini dibekali dengan suatu webcam terintegrasi. Bukan cuma webcam biasa, namun suatu webcam dengan sesor infra merah yang menunjang fitur facial recognition. Ya, laptop gaming ini telah menunjang fitur facial recognition login lewat Windows Hello. Maksudnya Kamu tidak butuh lagi mengetikkan password ataupun memindai sidik jari, lumayan arahkan wajah ke kamera serta sistem hendak mengizinkan Kamu buat login secara otomatis.

baca juga ; laptop gaming terbaik

Konektivitas Lengkap

Berbeda dengan pengguna mainstream yang masih dapat aman dikala memakai laptop dengan dongle, gamer tidak bisa mentoleransi perihal tersebut. Tidak hanya membuat repot, dongle pula berpotensi mengusik dikala gamer bermain permainan. Buat seperti itu laptop gaming harus mempunyai konektivitas yang mumpuni supaya bermacam aksesori gaming dapat dihubungkan dengan gampang.

Tidak terkecuali ROG Zephyrus G14( 2022). Laptop gaming terkini tersbeut telah dibekali port yang sangat lengkap mulai dari USB 3. 2 Gen2 Type- A buat menghubungkan keyboard ataupun mouse gaming, HDMI 2. 0b buat menghubungkan laptop gaming ini ke monitor bonus, 3. 5mm combo audio jack buat menghubungkan headset gaming, sampai USB 3. 2 Type- C buat menghubungkan bermacam fitur serta aksesori modern

Menariknya lagi, ROG Zephyrus G14( 2022) telah dibekali dengan port generasi terkini ialah USB 4. 0 Type- C. Walaupun secara raga nampak sama semacam port USB Type- C pada biasanya, port tersebut bisa membagikan kecepatan transfer informasi yang jauh lebih kencang dari port USB lain yang terdapat di ROG Zephyrus G14( 2022) ialah sampai 40Gbps. Port ini pula sudah menunjang fitur USB Power Delivery sampai 100W, dan DisplayPort sehingga gamer dapat menghubungkan laptop gaming ini ke monitor modern lewat USB Type- C.

ROG Zephyrus G14( 2022) pula dibekali dengan konektivitas nirkabel berteknologi terbaru ialah WiFi 6E. Berbeda dengan teknologi WiFi yang lain, WiFi 6E mempunyai frekuensi ekstra yang dapat digunakan tidak hanya 2, 4GHz serta 5GHz, ialah 6GHz. Frekuensi 6GHz menawarkan kecepatan transfer informasi dan latency yang lebih rendah, sehingga sangat sesuai buat gamer. Frekuensi 6GHz di WiFi 6E membolehkan pengalaman online gaming yang lebih baik serta sedikit lag berkat latency yang sangat rendah.

Untuk gamer yang suka memakai mouse, controller, ataupun headset Bluetooth, ROG Zephyrus G14( 2022) sudah dibekali dengan Bluetooth 5. 2. Selaku bonus, laptop gaming ini pula muncul dengan pembaca kartu MicroSD.

ASUS LAPTOP GAMING

Performa Lebih Kencang

ROG Zephyrus G14( 2022) ialah salah satu laptop yang tergabung dalam program AMD Advantage yang mencampurkan kedudukan CPU AMD Ryzen 6000 Mobile Series dengan GPU AMD Radeon RX 6000S Series. Campuran CPU serta GPU dari AMD tersebut membolehkan optimalisasi yang berfokus pada 3 perihal, ialah performa gaming terbaik, mutu layar terbaik, dan mobilitas besar. Tidak cuma itu, laptop gaming dengan AMD Advantage pula dibekali dengan bermacam- macam fitur eksklusif.

Fitur awal merupakan SmartAccess Memory. Fitur tersebut membolehkan CPU AMD Ryzen 6000 Mobile Series buat bisa mengakses segala memori di GPU AMD Radeon RX 6000S Series. Lebih dahulu, CPU cuma bisa mengakses Sebagian kecil memori kepunyaan GPU. SmartAccess Memory bisa mengeliminasi bottleneck tersebut sehingga CPU serta GPU bisa menggunakan jalan informasi PCI Express secara maksimal. Smart Access Memory bisa tingkatkan performa gaming sampai 15%.

ROG Zephyrus G14( 2022) pula dilengkapi dengan fitur SmartShift, ialah fitur yang membolehkan pembagian energi antara CPU serta GPU yang lebih maksimal. SmartShift membuat laptop gaming ini buat bisa bekerja lebih maksimal cocok dengan kebutuhan. Misalnya dikala bermian permainan yang memerlukan performa GPU, SmartShift hendak mengalokasikan kelebihan energi pada CPU ke GPU sehingga performa gaming bisa tampak lebih baik. Kebalikannya dikala laptop memerlukan performa ekstra buat CPU, sistem hendak mengalokasikan energi berlebih dari GPU ke CPU.

Tidak hanya fitur dari AMD, ROG Zephyrus G14( 2022) pula dilengkapi dengan MUX Switch semacam halnya segala jajaran laptop gaming ASUS yang muncul di tahun 2022. MUX Switch ialah chip spesial yang bisa melaksanakan bypass jalan visual dari discrete GPU langsung ke layar. Lebih dahulu, jalan visual dari discrete GPU wajib melewati integrated GPU terlebih dulu sehingga memperpanjang alur yang menyebabkan penyusutan framerate dikala bermain permainan.

Berkat MUX Switch saat ini jalan visual dapat dialihkan dari discrete GPU secara langsung ke layar ataupun dialihkan ke integrated GPU. MUX Switch membagikan kenaikan framerate sampai 30% di permainan Rainbow Six Siege dan sebesar 9% di bermacam judul permainan ternama yang lain. Tidak cuma itu, MUX Switch pula membagikan opsi kepada gamer buat memilah buat mengaktifkan integrated GPU serta mengirit baterai, ataupun mengoptimalkan performa dengan tergantung penuh pada discrete GPU.

Dibanding dengan seri pendahulunya, terdapat sebagian aspek di ROG Zephyrus G14( 2022) yang sudah di- upgrade pada sisi spesifikasinya. Awal, slot penyimpanan ROG Zephyrus G14( 2022) telah menunjang PCIe 4. 0 SSD. Sistem penyimpanan informasi terkini tersebut menawarkan kecepatan baca serta tulis yang sangat kencang serta hendak mempengaruhi langsung pada waktu loading di dalam permainan maupun dikala melaksanakan bermacam aplikasi.

ASUS

Berikut hasil benchmark ROG Zephyrus G14( 2022) yang memakai CPU AMD Ryzen 9 6900HS serta GPU AMD Radeon RX 6800S:

Sistem Pendingin Baru

Berkat pemakaian hardware yang lebih powerful, ROG Zephyrus G14( 2022) juga wajib dibekali dengan sistem pendingin yang lebih mutahir. Buat seperti itu ASUS membekali laptop gaming ini dengan sistem pendingin baru yang menggunakan vapor chamber. Berbeda dengan heatpipe, vapor chamber mempunyai keahlian membebaskan panas secara langsung sehingga sangat sesuai buat laptop dengan bodi ringkas semacam laptop gaming ini.

Supaya transfer panas antara komponen dengan vapor chamber berjalan secara maksimal, ROG Zephyrus G14( 2022) memakai liquid metal selaku thermal compound di CPU serta GPU yang ialah 2 komponen penghasil panas sangat besar. Pemakaian liquid metal membuat temperatur CPU serta GPU bisa diturunkan sampai 15⁰C serta membuat kedua komponen utama tersebut bisa senantiasa bekerja secara maksimal.

Tidak hingga di sana saja, ROG Zephyrus G14( 2022) apalagi dibekali dengan kipas spesial bernama Arc Flow Fan. Kipas tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga bisa mengalirakan hawa tidak cuma secara lebih maksimal, namun pula sedikit turbulensi sehingga mempunyai tingkatan kebisingan yang lebih rendah dari kipas yang digunakan di laptop gaming ini generasi lebih dahulu.

Terlebih lagi, ASUS sediakan 4 fashion pemakaian di ROG Zephyrus G14( 2022). Lewat aplikasi Armoury Crate, laptop gaming ini bisa diatur buat berjalan di fashion Silent yang luar biasa senyap serta irit energi, fashion Performance buat memperkenalkan performa ekstra, fashion Turbo buat menanggulangi pekerjaan sangat berat, dan fashion manual buat memperkenalkan 100% kemampuan performa yang dipunyai oleh ROG Zephyrus G14( 2022).

ASUS LAPTOP

Main Spec.

ROG Zephyrus G14( GA402)

CPU AMD Ryzen™ 9 6900HS Mobile Processor( 8- core/ 16- thread, 16MB cache, up to 4. 9 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 7 6800HS Mobile Processor( 8- core/ 16- thread, 20MB cache, up to 4. 7 GHz max boost)

Operating System Windows 11 Home

Memory 1x16GB DDR5 4800MHz

2x8GB DDR5 4800MHz

Storage 1TB Meter. 2 NVMe™ PCIe®4. 0 SSD

512GB Meter. 2 NVMe™ PCIe®4. 0 SSD

Display 14”, FHD( 1920 x 1200) 16: 10, IPS, 144Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch, PANTONE Validated, 100% sRGB, 400 nits

Graphics AMD Radeon™ RX 6800S

AMD Radeon™ RX 6700S

Input/ Output 1x USB 3. 2 Gen 2 Type- C support DisplayPort™, 1x USB 3. 2 Gen 2 Type- C support DisplayPort™+ power delivery, 2x USB 3. 2 Gen 2 Type- A, 1x card reader( microSD)( UHS- II), 1x 3. 5mm Combo Audio Jack

Camera 720P HD IR camera with Windows Hello facial recognition

Connectivity Wi- Fi 6E( 802. 11ax)+ Bluetooth 5. 2( Dual band) 2*2

Audio 4- speaker system with Smart Amplifier Technology, AI noise- canceling technology, Dolby Atmos, Hi- Res certification

Battery 76WHrs, 4S1P, 4- cell Li- ion

Dimension

31. 2 x 22. 7 x 1. 95~ 1. 95 cm

Weight 1. 72 Kg

Colors Eclipse Gray, Moonlight White

Price Rp28. 999. 000( Ryzen™ 7/ RX 6700S/ 144Hz/ 2x8GB RAM/ 512GB SSD)

Rp30. 999. 000( Ryzen™ 9/ RX 6700S/ 144Hz/ 2x8GB RAM/ 512GB SSD)

Rp32. 499. 000( Ryzen™ 9/ RX 6800S/ 144Hz/ 1x16GB RAM/ 1TB SSD)

Warranty 2 tahun garansi global serta 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.