Home / Metropolitan / Mimpi Jokowi, Jadikan Sungai Seperti di Venesia

Mimpi Jokowi, Jadikan Sungai Seperti di Venesia

Venesia adalah sebuah daerah/propinsi di Italia, yang sangat terkenal dengan transportasi air. Kota yang didominasi oleh struktur bangunan kuno gaya Romawi itu, memiliki sebagian besar wilayah perairan, seperti laut, teluk, pantai, hingga sungai. Oleh karena itu, pemerintah setempat memanfaatkan area perairan tesebut sebagai sarana transportasi air yang dikelola dengan baik, namun tetap mempertahankan unsur artistik dan mengeskplotasi keindahan bangunan kuno yang ada.

Transportasi melalui sungai di Venesia juga sangat terkenal keindahannya. Disana terdapat Bus Air (Water Bus) semacam speed boat yang berkapasitas 20-30 orang, yang siap membawa penumpang ke tujuan. Kalau di Jakarta ada Busway, disana juga ada semacam Water Bus Way. Terdapat titik titik pemberhentian Water Bus lengkap dengan loket karcisnya. Bagi yang ingin bertamasya air, bisa menggunakan perahu kecil yang bernama Gondola.

135403137622740834
https://www.runawayjane.com

Gondola adalah sebuah perahu dayung tradisional yang selama berabad-abad masih memegang peranan penting dalam sistem transportasi publik di sana sampai saat ini. Gondola digerakkan oleh seorang pendayung yang disebut gondolier. Berdasarkan hukum Venesia, seorang gondolier harus lahir di Venesia untuk melakukan pekerjaan ini. Berdasarkan hukum itu pula, sebuah gondola harus dicat hitam. Gondola terbuat dari 280 potong kayu yang terdiri atas 8 jenis kayu, yaitu fir, oak, cherry. walnut. elm, mahogany, larch dan limedan. Sisi kiri gondola dibuat lebih panjang dibanding sisi kanan untuk menyeimbangkan berat gondolier. Gondola disana, tidak hanya sekedar perahu, tapi juga merangkap sebagai ‘trade mark’ kota Venesia.

Betapa indah panorama sungai di Venesia. disana dini terlihat perahu dan sampan yang diparkir rapi disepanjang aliran sungai. Belum lagi terlihat gondola gondola berkeliaran kesana kemari, berisi para wisatawan manca negara,

1354031482869800252
https://www.cntraveller.com

Ada kemiripan struktur sungai di Venesia dengan di Jakarta terutama didaerah sepanjang jalan Gajah Mada, Kota tua hingga kawasan Tanjung Priuk Perbedaannya adalah soal kebersihan dan penataannya. Seperti di Venesia, sungai di Jakarta juga membelah daerah hunian warga.

Pemerintahan Jakarta baru, dibawah komando Jokowi – Ahok, tengah berupaya keras mewujudkan mimpi mereka untuk menjadikan sungai di Jakarta seperti di Venesia. Sehubungan dengan hal ini, pada hari hari pertama sejak memimpin Jakarta. Jokowi sudah melaksanakan ‘On The Spot’ yakni turun langsung ke lapangan untuk mempercepat dan segera mewujudkan kondisi sungai yang bersih dan indah, juga mencari kemungkinan agar dapat dimanfaatkan sebagai alternatip sarana transportasi air.

Cita cita Jokowi bukanlah sekedar mimpi di siang bolong, namun benar benar nampak adanya perkembangan kearah perbaikan secara fisik. Beberapa sungai yang melintasi daerah pemukiman penduduk mulai nampak bersih, dan air mengalir dengan lancar seperti nampak pada video dibawah ini.

Saya yakin suatu saat nanti, mimpi Jokowi akan menjadi kenyataan. Kita semua bisa bertamasya diatas air dengan perahu perahu kecil, yang terasa sama indahnya dengan saat berada diatas gondola di Venesia.

Semoga..

Hosting Unlimited Indonesia

Facebook Comment..
Views 143 x, today 1 x

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.