Home / mitos / Warna Hijau Hanya Untuk Nyi Roro Kidul

Warna Hijau Hanya Untuk Nyi Roro Kidul

REP | 19 September 2012

Entah kenapa tiba tiba saya ingin sekali menulis tentang Nyi Roro Kidul.

Sebagaimana kita ketahui, nama Nyi Roro Kidul telah dikenal di masyarakat khususnya masyarakat Jawa sebagai Ratu penguasa laut selatan. Roro artinya perempuan/putri dan Kidul artinya Selatan

Saya jadi teringat masa kecil dulu ketika bertamasya bersama keluarga ke Pantai Parang Tritis, salah satu pantai di pesisir laut selatan yang sangat terkenal di daerah Jogjakarta Jawa Tengah. Dalam perjalanan menuju pantai tersebut, saya masih teringat ketika orang orang dewasa disekitarku kala itu membicarakan sebuah pantangan/pamali ketika memasuki wilayah pantai ini. Mereka bilang, “Jangan pakai pakaian atau apapun yang berwarna hijau”.

Karena kala itu saya masih dibawah umur, saya tak tahu persis apa sebabnya tidak boleh pakai pakaian berwarna hijau. Yang jelas saya hanya bisa mengangguk anggukkan kepala, seperti burung Kutilang yang sedang berbunyi Trilili lili lili li li…

Diantara mereka saling bercerita tentang kejadian kejadian aneh di pantai tersebut, antara lain orang yang hilang karena gelombang pasang yang tiba tiba datang atau ada orang yang mencoba menantang dengan sengaja memakai baju warna hijau, akibatnya Sang Ratu bisa marah. Menurut mereka, bentuk kemarahan Sang Ratu bisa jadi berupa serangan gelombang pasang secara tiba tiba dan ‘menyeret’ para wisatawan yang sedang berada dipinggir pantai itu ke tengah laut.

Katanya sih, kalau perempuan yang meningal dipantai itu, akan dijadikan dayang-dayang istana di Laut Selatan dan bila itu laki laki akan dijadikan bala tentaranya. Dan kalo yang punya wajah ganteng, bisa dijadikan selir selirnya. Hiihh serem juga ceritanya…

Sampai kinipun saya masih terus teringat kisah menyeramkan itu. Bahkan bila saya sempat mampir ke pantai itu atau pantai manapun yang masih dalam wilayah pesisir pantai selatan, saya selalu was was untuk mendekati gelombang air laut, dan yang pasti, saya selalu periksa dulu apapun yang saya pakai, apakah ada yang berwarna hijau.

Tapi demikianlah adanya. Legenda Nyi Roro Kidul sebagai mitos telah merasuki kalangan masyarakat Jawa dan dipercayai keberadaannya dari generasi ke generasi, turun temurun. Apalagi masyarakat Jogjakarta dan sekitarnya, siapa yang berani ‘menantang’ Nyi Roro Kidul ? Bisa ‘kualat’ nanti.

Kepercayaan terhadap Mitos Nyi Roro Kidul semakin dirasakan oleh para abdi dalem Kraton Jogjakarta maupun Kasunanan Surakarta. Bila kita telusuri lebih lanjut ‘lay out’ bangunan Kraton Jogja dan Solo terdapat sebuah sebuah banguna menara segi delapan yang terkenal dengan nama Panggung Sangga Buwono, yang dulu pernah digunakan untuk mengintai musuh (belanda) yang kemudian setiap malam malam tertentu dipercaya sebagai tempat pertemuan Raja Pakubuwono I dengan Nyi Ratu Kidul. Konon kabarnya, seluruh Raja Jawa juga merangkap sebagai ‘suami’ Nyi Roro Kidul ! Percaya gak sih ? Sementara anda percaya sajalah.. 🙂

Juga ketika ada acara kirab Pusaka Kraton Solo setiap tanggal 1 Suro, dimana seluruh pusaka pusaka peninggalan Raja Raja terdahulu dibawa berkeliling kota Solo. Termasuk Kereta Kencono, yaitu kereta berkuda yang dulu biasa digunakan sebagai kendaraan pribadi Raja Raja Solo, didalam kereta tersebut sering nampak sesosok perempuan cantik memakai gaun berwarna hijau, dan dipercaya itu adalah penampakan Nyi Ratu Kidul. Sampai disini mungkin ada diantara pembaca yang senyum senyum tanda tak percaya, itu terserah anda, yang jelas begitulah cerita dari wong Solo yang pernah melihatnya.

Bukan hanya itu, Presiden Soekarno pun juga memiliki koleksi Lukisan Nyi Roro Kidul sebagai apresiasi atas mitos yang tertuang dalam karya seni.

Bila kita cermati, mengapa seluruh lukisan Nyi Roro Kidul yang pernah dibuat oleh para seniman negeri ini, selalu saja Sang Ratu Kidul digambarkan memakai gaun warna hijau ?

Apakah memang benar anggapan bahwa warna Hijau hanya milik Nyi Roro Kidul ? Boleh percaya, boleh tidak..

Salam..

Hosting Unlimited Indonesia

Facebook Comment..
Views 172 x, today 1 x

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.