Home / Musik / Lagu Srimulat : Whiskey And Soda

Lagu Srimulat : Whiskey And Soda

Saya termasuk penggemar berat Srimulat. Kelompok pelawak yang mulai populer di Surabaya Jawa Timur ini memang dulunya didirikan di Solo oleh RA Srimulat dan suaminya Teguh Slamet Raharjo pada tahun 1950. Raden Ayu Srimulat adalah asli putri Solo keturunan bangsawan, yaitu putri dari seorang Wedono di Bekonang Solo, sedangkan Teguh Slamet Raharjo (Kho Tjien Tiong) suaminya adalah seorang warga Tionghoa.

Perpaduan dua insan dari ethnis yang berbeda ini berhasil membangun sebuah kelompok seni suara dan tari dengan memasukkan unsur dagelan (lawakan) Mataraman. Pertunjukan mereka pertama kali dikenal dengan Gema Malam Srimulat. Oleh karena ciri khas kelompok srimulat yang suka memancing gelak tawa para penonton itulah, maka Kelompok Srimulat menjadi populer dari masa ke masa.

Meski demikian, bahtera Srimulat pernah hampir tenggelam dihantam kerasnya gelombang persaingan dalam dunia hiburan, apalagi sepeninggal Teguh pada tahun 1996 lalu. Tapi nampaknya semangat baja mesih ada didada para personil Srimulat hingga masih bisa Eksis sampai detik ini. Bahkan kabar terbaru mereka akan segera meluncurkan Film Layar lebar yang berjudul Finding Srimulat.

Ketika itu, saya pertama kali mengenal Srimulat pada sekitar tahun 75an. Waktu itu belum ada televisi swasta seperti sekarang. Yang ada dan satu satunya adalah TVRI, stasiun televisi milik pemerintah kebanggaan kita dulu. Meski tampil dalam layar kaca yang masih hitam putih, saya selalu menunggu nunggu kehadiran mereka, sebab sudah pasti membuat saya sekeluarga terpingkal pingkal menyaksikan lawakan dan polah tingkah mereka kala itu.

Hingga sekarang ini yang paling terkesan adalah Theme Song Srimulat yang sangat khas yang secara konsisten selalu diputar sebelum pertunjukan mereka dimulai. Meski komposisi personil Srimulat sudah berubah ubah dan berganti ganti, namun yang tak pernah berubah dan berganti adalah Theme Song mereka.

Saat itu saya dan mungkin hampir semua pemirsa TV yang mendengar lagu itu, mengira bahwa lagu itu adalah diciptakan khusus untuk kelompok Srimulat. Tapi saya agak kaget juga bahwa lagu tersebut sebenarnya berjudul “Whiskey And Soda” yang dibawakan oleh Roberto Delgado and His Orchestra yang sangat kental dengan irama Musik Rasta. Roberto Delgrado sendiri adalah orang Jerman yang telah bermusik sejak tahun 1955 dan meninggal pada tahun 1996 bersamaan dengan tahun meninggalnya Alm Teguh, boss Srimulat itu

Yang unik disini tidak hanya musik Reggaenya yang khas tapi juga judul lagunya yang menggelitik yaitu “Whiskey and Soda”. Whiskey adalah sejenis minuman berkadar alkohol tinggi, sedangkan soda adalah air yang dikarbonasikan, biasanya dipakai untuk memberi rasa yang menyegarkan pada minuman ringan (beverage).  Bila keduanya dicampur, seperti apa ya rasanya ?

Barangkali ada pembaca yang juga berpikiran yang sama dengan saya, sejauh mana Theme Song itu memberi inspirasi pada kelompok Srimulat waktu itu ?

Ataukah memang para personil Srimulat pada masa kejayaannya dulu, sudah terlampau akrab dengan judul lagu itu ?

Terlepas dari itu semua, salut buat Group Srimulat yang masih tetap eksis hingga saat ini, yang tetap semangat meski para personilnya sudah banyak yang ‘senior’.

Bagi yang ingin mendengarkan kembali sambil bernostalgia silakan menyimak video berikut ini :

Hosting Unlimited Indonesia

Facebook Comment..
Views 703 x, today 1 x

Satu Komen

  1. Mungkin satu2nya truck tronton yang pakai lagu Srimulat Whiskey and Soda dari Roberto Degaldo cman kita pak, jadi setiap berhenti atau kita rem pasti akan mengalunkan lagu tersebut, diperempatan2 pasti orang2 pada bingung dimana lagunya, ternyata dari truck kita, kalau orang2 lama seperti kita yg tahu Srimulat pasti akan tersenyum mendengar lagu ini, solah kembali ke masa2 melihat canda tawa Srimulat, saya sendiri pun ndak bosen dengerin lagu ini. Nice Post, Thank You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.