WORDPRESS & SEO

Eksperimen Mendorong Artikel SEO Tampil di Halaman 1-2 Google

Artikel ini saya publish pada hari Sabtu dini hari , 29 Mei 2021. Kali ini saya akan mencoba melakukan sebuah eksperimen untuk mendongkrak peringkat sebuah artikel SEO saya di blog gilakoi.com agar bisa tampil di halaman 1 atau 2 Google.co.id.

Berikut ini adalah artikel yang akan saya optimasi :

Harga Ikan Koi Tergantung Kualitasnya

Pemeriksaan  Awal

Saya sengaja memilih artikel tersebut karena memiliki peringkat sangat buruk di Google yaitu diluar ranking Top 100. Menurut hemat saya.  ini adalah peringkat yang tentu saja sangat memperihatinkan.

Bagaimana artikel saya bisa terbaca oleh pengunjung saat melakukan search pada halaman Google,  jika posisi peringkat artikel tersebut dibawah Top 100?

Sebagaimana hasil pelacakan dengan menggunakan tools pencarian peringkat artikel yang disediakan oleh situs SERPROBOT pada gambar berikut ini :

artikel seo

Dari gambar diatas dapat dilihat pada kolom keyword, saya isi sebagaimana keyword yang sedang saya bidik yaitu ‘harga ikan koi

Kemudian pada bagian yang dilingkari warna merah, terdapat notifikasi bahwa artikel saya tersebut tidak ditemukan di dalam peringkat 1-100.

Jadi peringkat berapa dong? Wallahu a’lam.. Ini peringkat artikel sangat-sangat buruk.. !

Dengan melihat adanya kondisi ini, saya punya niat untuk mendongrak posisi artikel tersebut agar bisa tampil lebih baik.

Bagaimana kemungkinannya?

Apakah saya mampu mendorongnya hingga puncak yaitu pada halaman 1 atau 2 Google, mengingat posisi peringkat sekarang sedemikian buruknya?

Tak ada salahnya jika saya coba. Mari kita pantau sama-sama bagaimana progresnya,.

RISET KEYWORD

Saya sebelumnya telah melakukan riset perihal keyword apa yang saya pilih dengan menggunakan tools Google Keyword Planner.

Saya nekat memilih keyword ‘harga ikan koi’  meski dengan kondisi persaingan yang tinggi (high competition). Satu-satunya pertimbangan saya adalah hanya untuk memperoleh potensi pembaca artikel tertinggi yaitu rata-rata 10 k – 100 k per bulan. Gila bukan?

Saya menyadari sepenuhnya bahwa ambisi saya ini tentu akan sangat berat saya lakukan,  mengingat tingginya persaingan pada keyword tersebut.

Tapi biarlah, saya akan berusaha semaksimalnya.

artikel seo

OPTIMASI SEO ON PAGE

Hal pertama yang saya lakukan terkait optimasi sebuah artikel adalah dengan membenahi SEO ON PAGE. Untuk itu saya menggunakan plugin YOAST SEO sebagai alat untuk mempermudah saya mengoptimasi artikel tersebut.

Related Keyword menurut SEO YOAST
Keyword bidikan saya

Berikut ini hasil akhirnya :

PERIKSA URL

Setelah melakukan optimasi SEO ON PAGE, saya kemudian ingin memeriksa kondisi url atas artikel tersebut, untuk memastikan bahwa url artikel telah terindeks dengan baik oleh Google. Untuk keperluan ini saya mengggunakan Google Search Console Tools.

Hasilnya tampak pada gambar berikut ini :

artikel seo

Terlihat pada gambar, tanda check berwarna hijau tersebut adalah pertanda bahwa url link pada artikel tersebut telah berhasil terindeks dengan baik oleh Google .

SEO OFF PAGE

Setelah saya optimasi SEO ON PAGE, sekarang giliran optimasi SEO OFF PAGE. Strategi yang saya pilih adalah dengan menambah backlink dari situs dengan peringkat yang bagus.

Saya coba cek terlebih dahulu, kondisi backlink pada artikel tersebut dengan menggunakan tools yang disediakan oleh situs ahrefs.com dan hasilnya tampak pada gambar berikut ini

artikel seo

Sesuai gambar diatas, jumlah backlink hanya ada 2, namun dari situs yang sama yaitu blograkyat.com.

Kemudian saya coba untuk menambah backlink yaitu dengan cara saya menulis sebuah artikel dan saya posting di sebuah situs dengan peringkat cukup tinggi yaitu kompasiana.com.

artikel seo

Pada artikel yang saya posting di kompasiana.com tersebut saya pilih anchor text sesuai dengan keyword yaitu ‘harga ikan koi’ dan saya tambahkan link menuju ke artikel yang sedang saya optimasi tersebut.

ISTIRAHAT DULU..

Karena malam sudah semakin larut menjelang pagi, maka saya memutuskan untuk beristirahat dulu, sambil menunggu progres di hari berikutnya..

Bersambung ke halaman Cara Meningkatkan SEO

Cara Meningkatkan SEO Artikel dengan Teknik ‘Republishing’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.