WORDPRESS & SEO

Cara Meningkatkan Seo Website – Hasil Eksperimen 30 Hari

Cara Meningkatkan Seo Website

Cara Meningkatkan Seo Website

Awalnya, ada sebuah artikel saya di blog gilakoi.com yang saya jadikan target untuk saya perbaiki peringkatnya, sebab artikel tersebut tidak bisa tampil walau di top 100 sekalipun. Lalu bagaimana cara meningkatkan Seo Website agar artikel sya tersebut tampil di halaman atas Google?

Terkait hal ini, saya mencoba melakukan eksperimen untuk mendorong artikel target berikut ini  :

Harga Ikan Koi Tidak Selalu Mahal, Tergantung Kualitas

Artikel ini saya tulis pada 29 Juni 2021 sebagai laporan progres atas ekesperimen yang saya lakukan untuk mendorong sebuah artikel agar dapat tampil di halaman 1 – 2 Google.

Sejak hari ke-1 eksperimen ini saya mulai yaitu pada tanggal 29 Mei 2021 hingga saat artikel ini saya buat sudah berlangsung selama  1 bulan.

Berikut ini artikel pertama saya,  terkait dengan eksperimen ini :

Eksperimen Mendorong Artikel SEO Tampil di Halaman 1-2 Google

Kemudian pada tanggal 10 Juni 2021 ( setelah berjalan 12 hari), saya melakukan evaluasi perkembangan optimasi terhadap halaman artikel target, dan saat itu tidak menunjukkan hasil yang cukup sinifikan.

Republishing Artikel

Oleh karena tak menunjukkan perkembangan positif, kemudian saya mencoba melakukan teknik republishing, sebab saya menilai artikel target terget tersebut sudah sejak lama di posting. Dengan melakukan republishing (publish ulang) maka saya berharap agar artikel tersebut dapat terdorong ke posisi halaman atas Google.

Berikut ini artikel saya tentang republishing tersebut :

Cara Meningkatkan SEO Artikel dengan Teknik ‘Republishing’

Setelah saya lakukan teknik Republishing, dan saya juga membangun beberapa backlink untuk artikel target, maka hasilnya cukup baik yaitu dapat menempatkan artikel target pada posisi #24 Google.

Cara Meningkatkan Seo Website dengan Membangun Backlink

Eksperimen terus saya lanjutkan untuk mendorong peringkat artikel tersebut agar bisa tampil ke posisi lebih tinggi di halaman Google yaitu dengan membangun beberapa backlink.

Saya menggunakan tools Backlink Checker dari situs ahrefs.com dan hasilnya sebagai berikut :

Dari hasil laporan backlink diatas, terdapat 4 backlink yaitu dari situs :

  1. pepnews.com
  2. blograkyat.com
  3. donibastian.com (situs ini) dan
  4. sulselpedia.com

Dengan semakin banyak backlink yang tertuju pada sebuah artikel, maka dengan sendirinya Google akan mendeteksi dan dapat memperbaiki peringkat halamannya.

Dengan adanya 4 backlinks tersebut terbukti dapat memperbaiki peringkat artikel target yaitu dari posisi #24 menjadi #18.  Saya menggunakan tools dari situs serprobot.com  untuk mengetahui peringkat artikel di halaman google. Berikut ini hasilnya :

Hasil Eksperimen selama 1 bulan (Posisi #18)

Setelah berjalan selama 1 bulan (30 hari), eksperimen yang saya lakukan telah menunjukkan hasil yang posisi, yaitu mampu menaikkan peringkat sebuah artikel, yang pada awalnya sama sekali tidal tampil, meskipin di top 100, dan saat artikel ini saya tulis, peringkat artikel target telah menduduki posisi #18

Tinggal selangkah lagi masuk ke Top 10

Eksperimen ini belum selesai dan masih akan saya lanjutkan lagi hingga tercapai target yaitu tapil pada peringkat 1 – 2 Google (Top 10). Lalu apa yang bisa saya lakukan untuk mencapai target ?

Rencana saya adalah dengan cara membangun beberapa backlink lagi. Saya yakin, dengan adanya tambahan beberapa backlink, tentu akan meningkatkan posisi hingga masuk ke halaman 1-2 Google (top Ten)


Demikianlah, laporan ini saya buat untuk memotret progres dari eksperimen yang saya lakukan. Pada minggu-minggu depan, akan saya laporkan lagi perkembangannya.

Bersambung..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.