pakar seo

Bagaimana Cara Menjadi Ahli SEO Profesional dan Terpercaya

SEO membutuhkan waktu, komitmen, dan pengalaman. Apakah Anda termotivasi untuk belajar? Berikut adalah 21 hal yang Anda butuhkan untuk menjadi ahli SEO.

Ingin menjadi ahli SEO? Saya benar-benar mengerti mengapa, ada begitu banyak alasan untuk menyukai SEO, SEO itu menarik, SEO adalah bidang yang bergerak cepat dan banyak permintaan dengan banyak waktu ke depan. Tapi masalahnya, yang berarti SEO juga menarik orang-orang yang baru saja melihatnya sebagai pekerjaan uang mudah atau bekerja dari rumah.

pakar seo

Mereka mengklaim sebagai “Ahli SEO” hanya dalam beberapa hari, atau lebih buruk lagi, dalam beberapa jam. Ini seperti membaca beberapa buku medis dan menyebut diri Anda seorang dokter Realitas SEO tidak sesederhana itu, keahlian SEO, seperti bidang lainnya, membutuhkan waktu, komitmen, dan pengalaman. Anda tidak bisa begitu saja mengklaim sebagai ahli SEO, Anda perlu membuktikannya dengan riset dan kerja spesifik.

Berikut adalah 21 hal yang perlu Anda ketahui untuk menjadi ahli SEO.

1. Pahami Dasar-Dasar SEO

Untuk menjadi seorang ahli, mulailah dengan dasar-dasarnya. Anda perlu memahami bagaimana audiens dan mesin pencari Anda berinteraksi dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan konten Anda secara efektif.

Pelajari dasar-dasar yang merangkum tiga komponen inti:

Jenis konten yang diinginkan, diharapkan, atau dibutuhkan pengguna. Ini semua tentang niat pengguna.
Cara kerja bagian dalam tentang bagaimana sebenarnya mesin telusur bekerja.
Alat dan teknik penting untuk pengoptimalan situs web.
Tanpa latar belakang ini, Anda bisa menjelaskan “apa”, tapi bukan “mengapa”.

Sebagai seseorang yang telah berkecimpung di industri ini selama 15 tahun, mengetahui alasannya membuat Anda berbeda.

Ketika Anda masuk ke aspek SEO yang lebih maju, mengetahui mengapa segala sesuatunya seperti itu dapat membuat Anda lebih efektif.

2. Bangun situs web Anda sendiri

Setelah Anda memahami dasar-dasar SEO, saatnya menerapkannya.

Inbound Marketing adalah cara alami untuk menarik dunia ke merek Anda:

  • Secara aktif mendekati pelanggan secara strategis dari saluran yang tersedia.
  • Ubah pelanggan menjadi pendukung merek yang berkelanjutan.
  • Membantu mengatasi kecemasan dan memacu tindakan.
  • Memberikan kinerja dan laba atas investasi (ROI) jangka panjang yang berkelanjutan.
  • Memimpin industri dengan platform omni-channel yang efektif.

3. Pelajari WordPress

Sepertiga dari situs web dibangun dengan WordPress. Jadi jika Anda ingin menjadi ahli SEO, Anda harus mengetahuinya dengan baik.

Ini tidak hanya populer – tetapi juga CMS terbaik untuk SEO.

WordPress sempurna untuk fungsi yang secara langsung (mis. Metadata) dan tidak langsung (mis. UX) memengaruhi kinerja SEO.

4. Pelajari Google Analytics dan Google Search Console

Profesional SEO menggunakan berbagai alat untuk mengoptimalkan konten mereka dan menganalisis keefektifannya.

  • Google Analytics dan Google Search Console sangat penting untuk setiap pusat komando SEO.
  • Google Analytics adalah tentang pengukuran dan pelaporan.
  • Google Search Console memungkinkan Anda mengoptimalkan situs web Anda.
  • Keahlian SEO membutuhkan penguasaan keduanya.

5. Baca tentang SEO setiap hari

Ingat saya menyebutkan komit?

Anda harus memiliki tekad untuk membaca tentang SEO setiap hari.

Mesin pencari utama membuat perubahan setiap hari, dan Anda tidak pernah tahu apa dampaknya terhadap peringkat Anda.

Kolega, pelanggan, dan atasan Anda – mereka akan mengharapkan Anda memiliki jawaban.

6. Pahami cara kerja mesin pencari

Rasanya sebagian besar nasib Anda ada di tangan mesin pencari. Itu sebabnya Anda perlu tahu tentang crawler. Bot ini membuat keputusan tentang kualitas dan relevansi konten Anda. Beberapa faktor kunci mendorong keputusan tersebut.

Memahami maksud pencarian, relevansi, kualitas konten, tautan, dan kegunaan akan membantu Anda lebih memahami mengapa algoritme bekerja seperti itu.

Mesin pencari adalah kotak hitam – mereka tidak mengungkapkan rahasia di balik produk mereka. Tetapi Anda dapat menggunakan faktor-faktor yang diketahui ini untuk mengoptimalkan situs web Anda dan memberi diri Anda pijakan. Jika Anda ingin memahami kebenaran tentang paten Google, lihat blog SEO by the Sea milik Bill Slawski.

7. Pelajari Pedoman Peringkat Kualitas Google

Untuk lebih banyak wawasan di balik layar, pelajari Pedoman Kualitas Google. Google mempekerjakan orang untuk memberi peringkat situs web, dan panduan ini mencakup faktor-faktor yang diminta untuk dicari. Ini bukan bacaan singkat.

Peninjau bukanlah pakar SEO – mereka adalah orang biasa. Mirip dengan bot mesin pencari, penilai ini berdampak pada kinerja situs Anda.

8. Lihatlah SERP

Lihatlah halaman hasil mesin pencari (SERP).

  • Bagaimana strukturnya?
  • Konten apa yang mereka tampilkan?
  • Siapa yang melakukannya dengan baik?
  • Perhatikan bagaimana hasilnya berubah saat Anda menelusuri berbagai jenis kueri. Lihat bagaimana pencarian “cara membuat saus alfredo” ini berbeda dari “saus alfredo”.

9. Pelajari tentang teknis SEO

SEO teknis adalah semua yang Anda lakukan untuk membuat situs Anda lebih mudah dirayapi dan diindeks. SEO teknis berurusan dengan kegunaan seluler, kecepatan situs, data terstruktur, JavaScript, dan semua mekanisme yang memengaruhi kinerja situs web. Faktor-faktor ini berperan dalam peringkat situs web di SERPs.

Anda dapat memiliki konten yang bagus, tetapi situs web yang lambat atau bermasalah akan memengaruhi kinerja Anda.

Dengan begitu banyak konten untuk bersaing, situs web dengan dasar yang kuat dalam SEO teknis dapat membuat atau menghancurkan strategi Anda.

10. Pelajari tentang strategi konten, pembuatan, pengoptimalan & Periklanan

Sementara SEO teknis membantu mesin telusur merayapi dan mengindeks situs Anda dengan lebih efisien, memahami konten akan membantu Anda meningkatkan pengalaman pengguna, waktu di situs, tautan, dll.

Lewatlah sudah hari-hari ketika konten dibuat menggunakan strategi kata kunci pertama. Sejak pembaruan Hummingbird dan RankBrain keluar, konten perlu dibuat menggunakan strategi yang mengutamakan pengguna. Namun, hanya karena Anda telah memublikasikan konten, bukan berarti pengguna akan menemukannya.

Konten perlu dioptimalkan untuk menambahkan konteks ke dalamnya untuk membantu mesin telusur memahami cara mengkategorikannya. Konten tersebut juga perlu didukung dengan strategi promosi.

SEO saja tidak cukup – saluran pemasaran lain (misalnya media sosial, email) berkontribusi pada keberhasilan atau kegagalan konten Anda.

11. Gunakan Taktik Membangun Tautan yang Benar-Benar Berhasil

Pembuatan tautan adalah salah satu hal pertama yang Anda pelajari saat belajar SEO. Dan itu juga salah satu topik nasihat yang paling dipertanyakan di luar sana.

Untuk mendapatkan keuntungan dari pembuatan tautan, Anda memerlukan tautan berkualitas, bukan hanya kuantitas. Untuk sampai ke sana membutuhkan kombinasi pelaporan yang baik dan membangun hubungan.

baca juga ; pakar seo indonesia

Pakar SEO Terbaik di Indonesia 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.