WORDPRESS & SEO

Perjalanan Gemscool di Indonesia

Jika anda adalah gamers dan selalu main game terutama jika anda pada tahun 2000 – an sering menghabiskan waktu anda di warnet, maka anda tidak akan asing dengan Gemscool. Gemscool merupakan sebuah perusahaan yang memberikan layanan publisher di game online, dia oun berperan besar membawa banyak game online bisa masuk ke negeri kita, Indonesia. Selain itu, Gemscool juga berperan sebagai distributor resmi dari game – game yang ia bawa masuk, sehingga ia pun memiliki tugas untuk melakukan maintenance pada gamae yang ia bawa. Tidak sampai disitu, tugas dari Gemscool juga memiliki peran untuk perputaran transaksi mikro yang terlaksana pada game – game yang berada di bawah Namanya.

Anda mungkin tidak asing dengan beberapa game berikut seperti  Point Blank, Atlantica Online, Kritika dan masih bayak lagi. Game – game tersebut merupakan game yang pernah turut bergabung di bawah nama besara Gemscool.

Namun, seiring berjalannya waktu Gemscool lebih memilih untuk menyerah dan memilih untuk menutup semua layanan yang ia berikan sebelumnya. Mengapa demikian? Karena perjalanan publisher permainan seperti Gemscool ini sangat bergantung pada jumlah pemain aktif yang masih memainkan game tersebut.

Selain itu, masih ada beberapa alasan kuat yang membuat publisher game ini menghentikan langkahnya. Seperti serangan dari berbagai sisi dan juga kemajuan zaman yang membuat Gemscool terpaksa menghentikan langkahnya. Seperti saat ini para gamers lebih memilih toko game online terpadi seperti STEAM yang memuat lebih banyak genre game di satu tempat sehingga membuat para penggunanya tidak perlu repot – repot lagi ketika hendak membeli game. Ditambah lagi perkembangan zaman yag membuat beralihnya pasar pemain game ke mobile game juga menjadi satu dari beberapa alasan kuat banyak nya permainan kehilangan pemain – pemain setianya.

Langkah Gemscool untuk menutup layananannya Nampak membuat beberapa para penggunas etia nya keewa, namun saying, Gemscool sudah berada di keputusan final untuk menutup layanan yang mereka berikan dan sudah tidak bisa diganggu gugat.

Layanan ini sudah resmi ditutup pada 31 Maret lalu. Jika anda mengunjungi portal resminya, maka disana sudah tidak ada satu pun game yang bisa anda unduh. Namun, disana terdapat kata – kata perpisahan dari tim dan pengelolanya. Terima kasih atas seluruh dukungan yang kalian berikan dan menjadi teman perjalanan Gemscool di Indonesia selama ini,” tulis Gemscool, Jumat (12/3/2021).

Gemscool juga pernah menghadirkan beberapa game online lainnya di Indonesia, misalnya seperti Tree of Savior, DragonNest, Kritika Reboot, Atlantica Online, hinga Lost Saga. Dalam 2 tahun terakhir sebelum akhirnya Gemscool menutup layanannya, ia juga sudah perlahan menutup beberapa service yang telah ia berikan. Seperti pada tahun 2019 lalu, Gemscool menutup service game Tree of Savior dan DragonNest. Setelah itu di susul juga dengan ditutupnya beberapa game seperti berikut game Lost Saga, Kritika Reboot, dan Atlantica Online yang ditutup oleh Gemscool.

Banyak orang yang menyayangkan dengan ditutup nya Gemscool ini, apalagi para penggemar game – game yang selalu dimainkan dengan intense dan pernah mengalami masa jaya nya sendiri seperti pemain Point Blank sangat merasakan kehilangan dengan di tutup nya layananan Gemscool ini.

Gemscool berterimakasih kepada para pengguna setia dari layanan yang telah mereka berikan sejak tahun 2007 tersenut, kini mereka harus menutup layananannya dan juga telah berterimakasih pada penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.