Fakta Menarik Beras Putih Sebagai Makanan Pokok Masyarakat Indonesia

Beras merupakn makanan pokok seluruh masyarakat Indonesia. Ada beberapa daerah di Indonesia yang masyarakatnya memilih untuk menanam padi sebagai mata pencaharian. Namun ada beberapa fakta menarik yang mungkin kalian tidak tahu, seperti 1. 3,5 milyar penduduk asia mengonsumsi beras setiap tahunnya dan 3,5 milyar penduduk asia bergantung pada produk beras yang ada di China. Dan setiap tahunnya harga beras memiliki harga yang tak stabil, kadang naik kadang juga turun. Namun bukan hanya fakta itu yang akan kita bahas, penasaran seperti apa fakta menariknya? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Lambang kemakmuran

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu lambing Pancasila adalah padi dan kapas, padi atau beras merupakan lambing kemakmuran. Ada beberapa upacara adat di Indonesia yang menggunakan beras sebagai praktik budaya. Hal itu dilakukan karena mereka mempercayai bahwa beras adalah sumber kemakmuran dan kesuburan. Namun tidak semerta-merta bers dijadikan sebagai makanan pokok karena memiliki makna tersebut ya, itu hanyalah fakta menarik saja bahwa beras adalah lambing kemakmuran.

2. Produksi makanan tertinggi

Beras pernah menduduki peringkat pernama sebagai produk makanan terlaris di dunia pada tahun 2013. Saat itu produksi beras sangat meningkat drastis yaitu sekitar 745,710 juta ton per tahun. Hal ini dikarenakan sebagian besar penduduk benua asia memilih beras sebagai makanan pokok sehari-hari. Namun bukan berarti beras tidak memiliki saingan dalam produksi tiap tahunnya. Faktanya jagung dan tebu adalah pesaing beras dan setiap tahunnya ketiga makanan ini terus bersaing di dunia bahan pangan.

3. Perbandingan konsumsi inggris dan Asia

Saya rasa kita pun sedikit tahu bahwa sebagian penduduk besar di eropa tidak memilih beras sebagai makanan pokok dan hal inilah yang membuat konsumsi beras di eropa hanya 6 kilogram pertahunya. Sedangkan penduduk di asia mengonsumsi 50 kilogram dalam kurun waktu satu tahun. Selain itu beras memiliki Varietas lebih dari 40 ribu. Dari 40 ribu varietas tersebut 100 darinya tumbuh atau ditanam secara komersial di seluruh dunia. Tetapi sayangnya tidak semua beras yang dipilih untuk dipasarkan dan jumlahnya pun cukup kecil hanya sekitar 10 persen saja.

4. Beras merah lebih mengandung banyak gizi

Banyak dari kita yang tidak mengetahui bahwa beras merah lebih kaya akan gizi jika dibandingkan dengan beras putih. Kandungan Vitamin dan mineral pada beras merah lebih tinggi dibandingkan beras putih. tidak hanya itu kandungan serat yang dimiliki beras putih dan beras merah pun juga berbeda. Jika secangkir beras merah memiliki232 kalori maka nasi putih mengandung 223 kalori saja. Fakta menarik lainnya bera merah lebih mengenyangkan dibandingkan nasi putih, hal ini dikarenakan kandungan lemak pada beras merah lebih tinggi dari beras putih. maka dari itu jika ingin menanak beras merah kalian tidak boleh menakarnya seperti menanak nasi putih, karena sedikit beras merah saja sudah mengenyangkan bagi tubuh kita.

Nah itulah beberapa fakta menarik seputar beras. Sebenarnya masih banyak sekali fakta menarik mengenai beras, namun fakta-fakta di atas merupakan fakta yang sering ditanyakan banyak orang. Selain itu jika kalian ingin menjadikan beras merah sebagai makanan pokok sehari-hari ada baiknya kalian berkonsultasi terlebih dahulu mengenai berapa banyak takaran yang dibolehkan untuk mengonsumsi beras merah dalam satu harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *