WORDPRESS & SEO

Belajar WordPress Gratis, Dijamin Mahir Dalam 3 Bulan

belajar wordpress gratis

Belajar WordPress Gratis

Mungkin anda merasa kesal atau bahkan frustasi karena blog WordPress anda sepi pengunjung? Tak perlu khawatir, yuk belajar WordPress Gratis bersama saya. Beneran Gratis tanpa syarat dan biaya apapun. Serius ini.. !

Saya jamin anda akan mahir dalam mengelola WordPress dalam 3 bulan saja, asalkan anda serius dalam belajar.

Begitu banyak pemilik blog WordPress yang tidak mengetahui bagaimana cara membuat blog miliknya ramai pengunjung. Terutama bagi pemula, akan sangat berat harus bersaing dengan blog lain yang sudah lebih dulu punya peringkat yang tinggi.

Ada pula yang berusaha mencari informasi sana sini, membaca tutorial masam-macam baik melalui konten blog maupun youtube, namun masih saja belum paham bagaimana cara yang benar untuk menaikkan peringkat blog miliknya,

Mengelola blog WordPress sesungguhnya tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Ingat pepatah “Ala bisa karena biasa”. Demikian juga dengan mengelola blog WordPress anda. Jika anda sudah ‘terbiasa’ melakukannya, maka anda akan ‘bisa”

Namun demikian, ada satu hal yang sangat penting yang perlu diketahui oleh para pemula, yaitu bagaimana cara termudah dan tercepat untuk meningkatkan peringkat blog anda.

Jika anda serius belajar, dalam 3 bulan mahir WordPress

Join WAG BELAJAR WP & SEO  GRATIS 

Cek DA dan PA

DA dan PA adalah sebagai acuan dalam menentukan  peringkat dari sebuah Blog. DA (Domain Authoruty) dan PA (Page Authority)

Apa itu DA PA ? Silakan baca pada tutorial atau klik disini

Sekarang coba cek dulu, peringkat DA dan PA pada blog anda. Untuk itu gunakan tools atau klik link DA PA CHECKER dibawah ini :

DA PA Checker

Bagaimana hasilnya? Berapa peringkat DA dan PA blog anda? Apakah masih di bawah 10?

Jika DA dan PA anda masih dibawah 10, maka itu tandanya anda harus lebih giat lagi mengelola blog anda. Secara periodik, pantau secara teratur peringkat blog anda untuk mengetahui seberapa pesat pertumbuhannya.

Blog Sepi Pengunjung

Tak sedikit para pemula yang merasa penasaran  bahkan frustasi karena pengunjung blognya sedikit (dibawah 100 visitor) per harinya. Mengapa demikian?

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Yang terutama adalah kualitas artikel yang rendah, tidak menggunakan teknik SEO dengan benar, tak mengerti bagaimana cara mendatangkan pengunjung, dlsb.

Jika anda serius belajar, dalam 3 bulan mahir WordPress

Join WAG BELAJAR WP & SEO  GRATIS 

Bekerja Sendiri (One Man Show)

Apakah anda termasuk blogger pemula yang sendirian saja (one man show) dalam menglola blog milik anda?  Apakah anda juga masih belum familiar dan perlu banyak belajar tentang seluk beluk blog WordPress?

Jika ya, berarti anda harus bekerja ekstra keras untuk menembus beratnya persaingan. Tapi tak perlu khawatir, masih ada jalan yang lebih cepat dan mudah.

Anda jangan bekerja sendiri. Maksudnya adalah anda harus bentuk kelompok kecil yang mampu bekerjasama dengan sebuah target yaitu meningkatkan peringkat blog bersama-sama.

Bagaimana caranya?

TIM EXPERIMEN (TIM-X)

Bergabunglah bersama ratusan rekan2 yang masih pemula dan baru belajar WordPress di dalam program TIM EKSPERIMEN. Anda bisa belajar membuat blog WordPress mulai dari nol, hingga mahir dan semuanya GRATIS.

Bagaimana cara teknis dan cara kerja TIM-X, silakan baca artikel berikut ini :

TIM-X Untuk Mendongkrak Peringkat Blog WordPress

Belajar WordPress TIM X

dengan bergabung di dalam  TIM-X, maka dalam 3 bulan  saja, dijamin anda akan mahir mengelola blog WordPress..

Jika anda serius belajar, dalam 3 bulan mahir WordPress

Join WAG BELAJAR WP & SEO  GRATIS 

Mengapa WordPress ?

Belajar WordPress tidak sesulit yang anda bayangkan. Justru sebenarnya sangat mudah asalkan anda serius dalam mempelajarinya.

12 Alasan Mengapa Anda Harus Belajar WordPress Untuk Membuat Website

Mengapa anda harus menggunakan platform WordPress?  ini adalah CMS  yang paling populer di dunia. Membangun situs web tidak pernah semudah ini, berkat Content Management System (CMS) modern.

Dengan menggunakan platform yang tepat, Anda akan mendapatkan akses ke fungsionalitas yang dapat membuat proses lebih sederhana. Ada banyak CMS untuk dipilih, namun, masing-masing dengan pro dan kontra.

Bukan rahasia besar bahwa saya penggemar berat WordPress. Faktanya, mayoritas pengguna CMS memilihnya sebagai platform pilihan mereka, yang menjadikan WordPress sebagai platform situs web paling populer di dunia.

Dalam artikel ini, saya akan membahas 12 alasan mengapa saya menyarankan anda memilih WordPress untuk situs web Anda berikutnya.

1. Perangkat Lunak Sumber Terbuka (Open Source Software)

Istilah perangkat lunak sumber terbuka banyak dikenal di lingkaran para pengembang, tetapi mungkin anda belum banyak mengetahuinya.

Untuk tujuan praktis, ada dua hal:

  • Platformnya gratis. Perangkat lunak sumber terbuka gratis, yang berarti Anda dapat menggunakannya untuk semua jenis proyek yang Anda inginkan, baik itu komersial atau lainnya. Anda dapat menyesuaikannya dengan cara apa pun yang Anda suka.
  • Dengan WordPress, Anda dapat melihat di bawah CMS dan mengubah hampir semua aspeknya.  Sifat sumber terbuka WordPress juga merupakan salah satu alasan utama ada komunitas besar pengembang yang membuat alat baru untuk itu.

2. Paling Populer di Dunia

Ada jutaan situs web di luar sana, dan WordPress mendukung lebih dari 30% di antaranya. Setiap hari, lebih dari 500 situs baru yang menggunakan WordPress ditayangkan, dan jumlah itu semakin besar.

Dengan basis pengguna yang begitu besar, anda dapat yakin bahwa pengembang WordPress tidak akan berhenti mengembangkannya dalam waktu dekat. Itu berarti memilih CMS ini memastikan Anda akan selalu memiliki akses ke pembaruan yang membuat situs Anda lebih aman dan menambahkan fitur baru ke dalamnya.

Plus, ada komunitas pengembang yang kuat yang bekerja di dalam ekosistem WordPress. Misalnya, ada lebih dari 55.000 plugin yang dapat Anda akses secara gratis di WordPress.org.

Direktori plugin WordPress resmi.
Demikian juga, ada ribuan tema untuk dipilih, yang memberi Anda kendali penuh atas gaya situs Anda. Itu bahkan tidak termasuk plugin dan tema premium, yang ada banyak juga jika Anda tidak keberatan melakukan investasi.

Terkait: Cara Memilih Tema WordPress untuk Situs Web Anda

3. WordPress untuk Semua Jenis Proyek

Anda mungkin pernah mendengar bahwa WordPress adalah platform blogging. Itu tidak salah secara teknis, tetapi cara CMS dibuat juga berarti Anda dapat menggunakannya untuk semua jenis proyek.

Misalnya, Anda dapat menggunakan WordPress untuk mengembangkan bisnis Anda, membangun ruang kelas virtual, membuat forum, menjalankan platform media sosial, atau menjalankan hampir semua jenis proyek lain yang dapat Anda bayangkan. Jika Anda memiliki bisnis kecil, Anda bahkan dapat membuat toko online dengan WordPress dan plugin WooCommerce.

4.  Mudah Belajar WordPress

WordPress cukup mudah untuk dipelajari, bahkan jika Anda belum pernah berurusan dengan CMS atau situs web yang dibuat sebelumnya.  Untuk memulai, yang harus Anda lakukan adalah memilih tema, mungkin menginstal satu atau dua plugin, lalu langsung membuat halaman dan konten lainnya.

Namun, hal hebat tentang WordPress adalah selalu ada lebih banyak cara untuk menyesuaikan platform. Setelah Anda memahaminya, Anda dapat mulai menerapkan fungsionalitas yang lebih canggih untuk mendapatkan kontrol penuh atas tampilan situs Anda.

Bahkan untuk pengembang web berpengalaman, WordPress memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Ini memberikan fondasi yang dapat Anda ulangi lebih cepat, yang jauh lebih efisien daripada mencoba membangun situs dari awal.

Jika anda serius belajar, dalam 3 bulan mahir WordPress

Join WAG BELAJAR WP & SEO  GRATIS 

5. Komunitas WordPress

Kami sudah berbicara tentang seberapa populer WordPress dalam jumlah. Namun, perlu juga disebutkan bahwa ada komunitas berkembang yang terdiri dari orang-orang yang menggunakan platform (dan bukan hanya pengembang).

Untuk memberi Anda gambaran tentang apa yang ada di luar sana, lihat WordCamps. Ini adalah acara di seluruh dunia di mana Anda dapat mendaftar ke jaringan dengan penggemar WordPress lainnya, dan mendengarkan beberapa orang yang paling berpengalaman di lapangan.

6. Eskalasi Situs Web

Salah satu aspek paling menantang dalam menjalankan situs web adalah menskalakannya. Semakin banyak konten yang Anda publikasikan dan semakin banyak lalu lintas yang Anda dapatkan, semakin besar peran pada CMS Anda.

Memilih host web yang berkualitas adalah kunci untuk menskalakan situs web Anda dan memastikannya selalu terakses cepat. Namun, CMS yang Anda gunakan juga memainkan peran penting.

WordPress, misalnya, mendukung beberapa situs paling populer di web, jadi Anda tahu sebelumnya bahwa penskalaan tidak akan menjadi masalah.

Namun, perlu diingat — jika Anda ingin situs web Anda tetap dapat diakses dengan cepat, Anda memerlukan lebih dari sekadar host web dan CMS yang tepat. Anda juga harus melakukan beberapa pekerjaan pemeliharaan, untuk hasil terbaik.

belajar wordpress
Million WordPress Plugins

7. Belajar WordPress Didukung Ribuan Tema dan Plugin

Jika Anda baru mengenal WordPress, Anda mungkin tidak terbiasa dengan konsep plugin dan tema. Mari kita urai apa keduanya:

Tema: Template yang dapat Anda gunakan di situs web Anda untuk mengubah desain dasarnya.

Plugin: Untuk menambahkan fitur dan fungsionalitas baru pada situs Anda.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ada ribuan plugin dan tema (baik gratis maupun premium) yang tersedia untuk WordPress.

8. Mudah Dipelihara

Satu hal yang mungkin tidak Anda sadari jika Anda belum pernah membuat situs web sebelumnya adalah bahwa mereka memerlukan sedikit pekerjaan pemeliharaan. Dengan WordPress khususnya, Anda harus tetap mengikuti hal-hal berikut:

  • Memperbarui CMS saat versi baru keluar
  • Memperbarui plugin dan tema Anda kapan pun Anda memiliki opsi untuk Mengelola komentar situs Anda (jika Anda memilih untuk mengaktifkannya)
  • Memastikan bahwa situs web Anda sepenuhnya dioptimalkan dan aman
  • Sering-seringlah mencadangkan situs Anda
  •  Dalam praktiknya, tidak satu pun dari tugas-tugas itu yang menghabiskan terlalu banyak waktu . Namun, jika Anda ingin menghemat waktu, Anda selalu dapat memilih layanan hosting terkelola.

9. Optimalkan Situs Web untuk Mesin Pencari

Search Engine Optimization (SEO) adalah tentang memastikan situs web Anda mendapatkan lalu lintas yang layak dari orang-orang seperti Google, Bing, dll.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki konerja SEO situs Anda. Namun, tergantung pada platform mana yang Anda gunakan, mengoptimalkan konten Anda untuk hasil mesin pencari bisa jadi sederhana atau sulit. Dengan WordPress, Anda mendapatkan akses ke banyak plugin SEO yang kuat, seperti Yoast SEO, All in One SEO Pack, The SEO Framework, dan banyak lagi.

Plugin SEO WordPress.

Anda tidak harus menggunakan plugin SEO, tetapi menurut pengalaman saya, plugin ini sangat membantu dalam memastikan Anda tidak melewatkan apa pun terkait SEO.

Demikian juga, pencarian cepat akan menampilkan ribuan komunitas online yang dibangun di lingkungan  WordPress itu sendiri.

10. WordPress Memantau keamanan dengan Serius

Tidak ada CMS atau situs web yang 100% aman. Ancaman keamanan baru selalu bermunculan, jadi penting untuk menggunakan platform yang memperhatikan keamanan online dengan serius.

Jika Anda ingin mengelola situs dengan serius, satu-satunya hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memastikan WordPress selalu up to date. Itu termasuk CMS itu sendiri, serta komponen tambahan apa pun yang Anda gunakan (seperti tema dan plugin).

WordPress selalu mendorong pembaruan dan patch keamanan baru, jadi dengan memperbarui versi Anda, Anda akan selangkah lebih maju dari yang lain. Jika Anda ingin mengamankan situs web Anda lebih dulu.

Ada banyak langkah tambahan yang dapat Anda ambil untuk mengamankan situs Anda juga, termasuk menerapkan kata sandi yang kuat dan menerapkan Otentikasi Dua Faktor (2FA).

11. Memiliki Situs WordPress beserta Kontennya

WordPress adalah apa yang disebut CMS “dihosting sendiri”. Itu berarti Anda dapat mengambil perangkat lunak dan mengaturnya di server mana pun yang ingin Anda gunakan untuk memberi daya pada situs web Anda.

Keuntungan dari pendekatan ini adalah Anda tidak terikat pada satu platform hosting. Dengan WordPress, di sisi lain, Anda dapat berpindah host kapan saja. Anda juga dapat membuat perubahan apa pun yang Anda inginkan pada CMS, dan Anda memiliki kepemilikan penuh atas semua konten yang Anda buat.

12. Pilihan Terbaik Belajar WordPress untuk Blogging

Sejauh ini, kita telah berbicara tentang semua kegunaan WordPress di luar blogging. Namun, saya tentu  lalai jika  tidak menekankan betapa hebatnya WordPress untuk blog.

Terlepas dari “usianya”, WordPress terus berinovasi. Pada tahun 2019, pengembangnya meluncurkan editor Blok baru, yang sepenuhnya merombak pengalaman blogging dan pengeditan. Dengan editor baru, Anda mendapatkan kontrol penuh atas halaman dan tata letak posting Anda, yang dapat membuat blog secara visual memukau.

Salam Doni Bastian

Jika anda serius belajar, dalam 3 bulan mahir WordPress

Join WAG BELAJAR WP & SEO  GRATIS