Categories
Wordpress

Artikel Tidak Terindeks di Halaman Google ? Ini Penyebabnya..

tidak terindeks

Jika postingan Anda yang sudah dioptimasi dengan sempurna tapi tidak terindeks oleh Google, apa masalahnya?  Apakah karena karena situs Anda tidak ada di Google sama sekali, atau ada yang salah? Apa yang membuat konten Anda tidak mencapai posisi #1 yang didambakan itu?

Ada 4 bagian masalah yang harus anda periksa yaitu :

  1. Masalah pengindeksan dan perayapan.
  2. Masalah teknis dengan situs web
  3. Masalah penautan:
  4. Masalah konten dan kata kunci

Jika Anda tidak yakin di mana letak permasalahnya, cobalah anda teliti satu per satu pada uraian berikut ini :

Masalah pengindeksan dan perayapan

Beberapa poin pertama dalam daftar diatas semuanya berhubungan dengan masalah pengindeksan dan perayapan. Sederhananya, anda tidak dapat menentukan peringkat jika halaman atau situs anda tidak ada di Google sejak awal.

1. Situs/halaman Anda Tidak Terindeks oleh Google

Jika anda tidak yakin bahwa situs anda ada di Google atau tidak terindeks, maka anda dapat memeriksanya menggunakan operator pencarian site: di Google. Jika Anda mengetikkan URL lengkap dari artikel tertentu, Anda akan melihat hanya satu hasil pencarian yang didapat.

Jika anda melihat halaman anda, ini berarti Google mengetahui tentang situs anda dan telah memasukkan — setidaknya sebagian — ke dalam indeksnya. Setelah anda menemukan bahwa halaman anda sudah ada dalam indeks, maka anda harus memperbaikinya lebih baik lagi.

Cara memperbaikinya adalah pastikan bahwa plugin SEO Anda sudah diatur dengan benar.

2. Situs/halaman Anda masih terlalu baru

Jika situs atau halaman Anda baru, mungkin hanya masalah waktu saja, dan tunggu beberapa waktu dan kemudian anda dapat memeriksa kembali . Ada banyak bagian yang bergerak dalam membuat konten Anda dirayapi, diindeks, dan diberi peringkat. Terkadang, butuh berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu bagi Google untuk menyelesaikan proses penemuannya.

Bagaimana memperbaikinya?

Jika Anda memeriksa dan menemukan situs Anda belum ada di Google, Anda dapat mengirimkan peta situs XML yang dihasilkan ke Google Search Console untuk membantu Google menemukan situs web Anda. Di Search Console, Anda juga dapat menggunakan alat Inspeksi URL untuk mengetahui performa halaman tertentu. Ini memberi tahu Anda dengan tepat bagaimana Google merayapi dan melihat situs Anda.

3. Konten Anda tidak diindeks (noindex)

Salah satu alasan paling umum Google tidak mengindeks situs  atau halaman tertentu adalah karena situs tersebut — secara tidak sengaja — tidak diindeks. Menambahkan tag meta robots noindex ke halaman dapat memberi tahu Googlebot untuk melakukan perayapan halaman.

Bagaimana Anda tahu apakah halaman Anda tidak diindeks? Itu mudah, cukup buka halaman dan lihat kode sumbernya (source view). Untuk meliht kode source, klik kanan.

Di bagian atas halaman, Anda akan menemukan kode di bawah ini.

<meta name=”robots” content=”noindex”>

Ini memberi tahu perayap mesin pencari bahwa konten halaman tidak boleh ditambahkan ke indeks dan dengan demikian dapat menjaganya dari peringkat.

4. Tidak terindeks karena memblokir Robot Google

Mungkin juga Anda telah memberi tahu Google untuk tidak merayapi situs Anda sama sekali! Memblokir perayap karena adanya kode di dalam file robots.txt. Periksa file robot.txt dan pastikan situs anda tidak memblokir robot.

5. Situs Anda tidak memiliki tautan internal (internal link)

Jangan meremehkan pentingnya struktur situs – struktur tautan internal – untuk strategi SEO Anda. Memiliki struktur situs yang jelas mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang situs Anda oleh Google. Jika struktur tautan internal Anda buruk, maka peluang anda untuk mencapai peringkat tinggi lebih sulit – meskipun konten Anda sudah dioptimalkan dengan baik

Bagaimana memperbaikinya ?

Mulai tambahkan tautan itu (internal link).  Pastikan bahwa posting dan halaman penting Anda memiliki tautan internal paling banyak ke sana. Tetapi jangan menambahkan tautan secara acak dan pastikan Anda menambahkan tautan yang relevan dan terkait yang menambah nilai bagi pengguna Anda.

6. Tidak Terindeks karena tak ada backlink

Jika anda baru memulai situs web Anda, konten anda tentu tidak akan langsung memperoleh peringkat. Bahkan jika Anda telah mengoptimalkan semuanya dengan sempurna sekalipun.

Untuk dapat menentukan peringkat, anda memerlukan beberapa tautan dari situs web lain. Bagaimanapun, Google harus tahu keberadaan situs web Anda.

Bagaimana memperbaikinya?

Membuat konten yang bagus adalah cara yang baik untuk mendapatkan tautan ke halaman Anda. Konten berkualitas tinggi cenderung menarik klik dari pembaca yang mungkin juga membagikan konten jauh dan luas melalui media sosial juga. Semua ini membantu anda untuk mendapatkan tautan tersebut.

Untuk mendapatkan lebih banyak backlink, anda dapat menjangkau situs web lain. Anda harus membangun ‘link bulding’.

7. Terlalu banyak kompetisi (high competition)

Dalam kebanyakan kasus, alasan halaman tidak diberi peringkat adalah karena terlalu banyak persaingan pada kata kunci (keyword) yang sama. Untuk mengetahui apakah ini masalahnya, periksa halaman hasil untuk kata kunci Anda.

Bagaimana memperbaikinya ?

Jika Anda masuk pada persaingan keyword yang sangat kompetitif, maka anda harus mencoba strategi lain dengan kata kunci yang agak panjang. Gunakan keyword tools untuk menentukan kata kunci yang tepat.

8. Konten berkualitas rendah atau keyword tidak sesuai

Satu hal terakhir yang bisa menjadi alasan konten Anda tidak diberi peringkat, bisa jadi karena keyword anda tidak sesuai dengan maksud orang yang menelusuri kata kunci Anda.

Tujuan pencarian menjadi faktor yang semakin penting untuk mesin pencari. Apakah orang ingin membeli sesuatu, mengunjungi situs web tertentu, atau apakah mereka mencari informasi?

Bahkan jika Anda menargetkan frasa kunci ekor yang lebih panjang, jika konten Anda tidak cocok dengan maksud dominan dari pencari, kemungkinan besar mesin pencari tidak akan menampilkannya karena itu bukan yang dicari orang.

Demikianlah semoga bermanfaat

Doni Bastian

Join BELAJAR GRATIS WP & SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.