Categories
Wordpress

Cara Meningkatkan SEO Artikel dengan Teknik ‘Republishing’

Cara Meningkatkan SEO

Artikel ini cara meningkatkan SEO yang merupakan kelanjutan dari proses Eksperimen saya untuk mendorong artikel menuju ke Page One Google.

Artikel sebelumnya dapat dibaca pada link berikut ini :

Eksperimen Mendorong Artikel SEO Tampil di Halaman 1-2 Google

Hari ini, Kamis Tanggal 10 Juni 2021, Tak terasa sudah berjalan 12 hari (hampir 2 minggu) sejak saya pertama kali melakukan  uji coba (eksperimen) untuk mendongkrak artikel saya yang tak muncul sama sekali di halaman Google Search.

Setelah beberapa hari hingga 1 minggu sejak pertama kali saya melakukan eksperimen tersebut, saya tidak melihat perkembangan peringkat pada artikel saya tersebut, meski saya sudah memperbaiki SEO On Page-nya.

Cara meningkatkan SEO Artikel Kedaluwarsa 

Dugaan saya yang paling utama adalah karena artikel saya tersebut sudah out of date/kedaluwarsa (lebih dari 1 tahun) karena saya publish pada tanggal 20 Februari 2020, ini permalinknya :

https://gilakoi.com/apresiasi-koi/2020/02/20/harga-ikan-koi-tergantung-kualitas.html).

Tapi jangan keliru, bukan berarti semua artikel lama itu pasti kedaluwarsa. Ada pula artikel lama yang tetap bisa nangkring di posisi atas. Jadi tergantung kondisinya.

Namun jika kembali kepada target url artikel saya yang sudah kedaluwarsa tersebut, sesuai dengan hasil pemeriksaan yang saya lakukan, memang performanya sangat buruk yaitu tidak tampil  sama sekali di halaman Google. Oleh sebab itulah saya berkeyakinan bahwa masalah utamanya ada karena artikel tersebut sudah kedaluwarsa dan tidak optimal SEO nya.

Cara meningkatkan SEO dengan teknik Republishing 

Karena tidak ada perkembangan yang lebih baik, maka saya putuskan untuk melakukan publikasi ulang (Republishing) artikel target tersebut.

Dalam rangka republishing, saya tidak melakukan perubahan apa-apa selain sdikit mengubah judul dengan membuat postingan baru yang isinya persis sama dengan artikel lama, hanya saja saya harus melakukan ‘redirection’ url lama menuju ke url baru.

Kemudian artikel lama saya hapus namun saya gunakan plugin Redirection untuk mengalihkan permalink artikel lama menuju ke artikel yang baru. Tujuannya adalah agar tidak terjadi duplikasi konten dan kode 404 (page not found)

Berikut ini artikel  baru yang merupakan hasil publikasi ulang (Republishing) :

Harga Ikan Koi Yang Wajar, Begini Cara Menentukannya

Sebagai perbandingan, amati permalink pada artikel tersebut, yang mana tertera tanggal publikasi yaitu /2021/06/05/ sedangkan artikel yang lama tertanggal /2020/02/20

ON PAGE SEO 

Ketika saya melakukan publikasi ulang, saya tentu harus memaksimalkan On Page SEO artikel tersebut dengan menggunakan  plugin Yoast SEO.

Berikut ini hasil analisis SEO dengan Plugin Yoast :

cara meningkatkan SEO

OFF PAGE SEO

Selanjutnya yang saya lakukan ada optimasi terhadap artikel republish tersebut yaitu dengan menambahkan backlink dari situs lainnya. Untuk itu saya menanam link dengan anchor text sesuai keyword yaitu ‘harga ikan koi‘ pada  artikel di 3 situs sbb :

  1. blograkyat.com
  2. depnews.com
  3. donibastian.com

Setelah saya lakukan pemeriksaan dengan menggunakan tools di situs ahrefs.com hasilnya, saya memperoleh 4 backlink  sbb :

NAIK PERINGKAT

Setelah saya melakukan Republising Artikel tersebut dan saya tambahkan 3 backlink, kemudian saya coba periksa kembali pada hari ini, untuk mengetahui performa artikel  target.

Ternyata hasilnya cukup memuaskan, yaitu artikel target bisa nangkring di urutan ke-24 atau pada halaman 3 Google.co.id

Berikut ini laporan dengan menggunakan tools serprobot.com :

cara meningkatkan SEO

KESIMPULAN

Teknik Republishing terbukti sangat efektif untuk mendongkrak performa sebuah artikel. Namun demikian, tetap harus dilakukan optimasi baik pada ON PAGE SEO maupun OFF PAGE SEO

Sekian dulu laporan progres kegiatan Eksperimen yang saya lakukan, akan saya laporkan perkembangannya di minggu depan.

Bersambung..

One reply on “Cara Meningkatkan SEO Artikel dengan Teknik ‘Republishing’”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.