Mengenal Penyakit Addison

penyakit addison

Penyakit Addison, juga dikenal sebagai insufisiensi adrenal primer atau penyakit Addison’s, adalah kondisi medis yang terjadi ketika kelenjar adrenal tidak memproduksi cukup hormon kortisol dan kadang-kadang aldosteron. Kelenjar adrenal adalah dua kelenjar kecil yang terletak di atas ginjal dan berperan penting dalam mengatur berbagai fungsi tubuh dengan memproduksi hormon-hormon vital.

penyakit addison

Penyebab utama penyakit Addison adalah kerusakan pada korteks adrenal, lapisan luar kelenjar adrenal. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk:

  1. Autoimun: Penyakit Addison sering kali disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang dan merusak korteks adrenal. Ini dikenal sebagai penyakit autoimun, di mana tubuh memproduksi antibodi yang menyerang dan merusak sel-sel adrenal.
  2. Infeksi: Infeksi seperti tuberkulosis, jamur, atau virus tertentu dapat menyebabkan kerusakan pada kelenjar adrenal.
  3. Kanker: Kanker yang menyerang kelenjar adrenal atau metastasis dari kanker di bagian lain tubuh dapat merusak kelenjar adrenal.
  4. Penghancuran Kelenjar Adrenal: Pengobatan tertentu seperti penggunaan steroid jangka panjang atau pembedahan pada kelenjar adrenal dapat mengakibatkan insufisiensi adrenal.
Baca juga :  5 Metode Menanggulangi Mata Minus, Vio Optical Clinic

Gejala Penyakit Addison dapat berkembang secara perlahan dan mungkin tidak terdeteksi pada tahap awal. Beberapa gejala umum termasuk:

  • Kelemahan dan kelelahan yang berlebihan.
  • Penurunan berat badan yang tidak diinginkan.
  • Kulit menghitam atau hiperpigmentasi, terutama di area yang terpapar sinar matahari atau di bagian tubuh yang terkena gesekan, seperti siku dan lutut.
  • Tekanan darah rendah.
  • Mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan.
  • Gangguan menstruasi pada wanita.

Penting untuk diagnostik dan mengobati penyakit Addison sejak dini karena dapat menjadi kondisi serius yang mengancam jiwa jika tidak diatasi. Pengobatan biasanya melibatkan penggantian hormon kortisol dan aldosteron yang hilang melalui terapi hormon. Pasien dengan penyakit ini mungkin memerlukan pemantauan dan perawatan seumur hidup.

Baca juga :  Eksfoliasi, Proses Alami Regenerasi Sel Kulit

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala penyakit Addison, segera konsultasikan dengan profesional medis untuk evaluasi dan diagnosis yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.