Etawa  

Pemanfaatan Susu Kambing Etawa

Pemnfaatan Susu Kambing Etawa, selain susu cair siap konsumsi, juga terdapat berbagai produk susu kambing antara lain susu bubuk/kering, yogurt, kefir, keju, dan produk lainnya seperti permen, karamel, sabun, dll. Kebanyakan produk diproduksi oleh rumah tangga, usaha kecil dan menengah, serta anggota perusahaan koperasi.

Susu cair

Penggunaan susu kambing yang paling umum adalah susu cair yang disiapkan untuk dikonsumsi. Susu kambing yang dipasteurisasi adalah tersedia dalam botol 250 mL dalam berbagai rasa, seperti rasa original, coklat, dan strawberry. Menjual susu kambing segar yang tidak dipasteurisasi dalam bentuk beku juga merupakan praktik umum.

Banyak peternak kambing anggota koperasi menggabungkan produksi, pengolahan, dan pemasaran kambing pasteurisasi mereka sendiri.  Produk Susu kambing pasteurisasi selanjutnya diolah menjadi milkshake es susu buah.

Susu bubuk/kering

Susu kambing segar dibuat menjadi susu bubuk atau susu kering di beberapa daerah. Usaha kecil seperti itu
sebagai CV. Bumiku Hijau dan CV. Sahabat Ternak, serta anggota koperasi di Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta, memproduksi susu kambing bubuk. Susu kambing bubuk yang dihasilkan membutuhkan waktu 4 hingga 6 jam pengeringan susu segar dengan tambahan gula, diikuti dengan penggilingan bubuk susu kering.

Yogurt

Susu fermentasi

Salah satu cara yang tepat untuk memperluas peternakan kambing perah adalah dengan mengolah susu kambing segar menjadi produk pangan fungsional, khususnya produk fermentasi. Produk susu fermentasi, seperti yogurt dan kefir, tersebar luas populer di Indonesia. Yoghurt susu kambing dibuat dengan menambahkan kultur yogurt komersial dan 4-6 jam fermentasi. Yoghurt jenis minuman atau yoghurt yang diaduk lebih umum diterima konsumen dibandingkan yoghurt jenis tetap yogurt.

Baca juga :  Manfaat Lemak pada Susu Kambing PE Bagi Kesehatan

Pengolahan susu kambing segar menjadi produk susu fermentasi biasanya dilakukan secara mikro dan kecil
perusahaan. Yogurt dapat diolah lebih lanjut menjadi produk yang lebih padat nutrisi yang disebut dengan konsentrat yogurt.

Kefir susu kambing merupakan hasil fermentasi susu kambing selama 12 hingga 24 jam oleh mikroflora kefir, baik mentah maupun mentah. atau susu pasteurisasi. Meskipun produksi kefir tergolong baru di Indonesia, namun perkembangannya sangat pesat popularitas dalam beberapa tahun terakhir. Kefir berbahan dasar susu kambing mengandung bakteri asam laktat dan ragi sebesar 7,17± 0,92 log CFU/ml dan 6,76 ± 0,39 log CFU/ml, masing-masing. Karena dirasa bermanfaat Khasiatnya untuk kesejahteraan, kefir dari susu kambing semakin mendapat pengakuan dan permintaan pasar.

Keju

Sampai saat ini belum diketahui produksi komersial keju kambing di Indonesia. Mayoritas lokal keju berasal dari susu sapi. Hal ini mungkin disebabkan oleh ketersediaan susu kambing dan susu kambing yang tersebar permintaan pasar yang rendah. Produksi keju memerlukan jumlah susu kambing yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu kambing lainnya produk seperti yogurt dan kefir.

Baca juga :  Susu Kambing Etawa Terbaik Tahun 2024

Meski demikian, ciri-ciri keju lunak yang dihasilkan Susu kambing Peranakan Etawah telah dilaporkan. Keju ini memiliki ciri-ciri yang lembut tekstur dengan pH 4,6, total keasaman yang dapat dititrasi 0,5%, dan rasa kambing yang ringan. Komposisi dari keju memiliki kadar air 57%, protein kasar 15%, lemak total 22%, dan mineral 2,5%.

Selain itu, keju tersebut setidaknya mengandung 108 bakteri asam laktat probiotik yang ditambahkan sebagai
permulaan budaya. Selain itu, telah berhasil menyimpan keju kambing artisanal mengandung bakteri asam laktat probiotik selama 60 hari. Minat untuk memproduksi berbagai jenis keju semakin meningkat, seperti keju jenis cottage segar, mozzarella, krim keju, dan keju yang dikoagulasi asam.

Meningkatnya produksi susu kambing pada akhirnya akan menyebabkan meningkatnya minat terhadap produksi kambing keju, khususnya keju mozzarella.

Produk lainnya

Selain susu cair, susu bubuk, dan susu fermentasi, masih ada beberapa produk susu kambing lainnya
diproduksi oleh rumah tangga dan anggota usaha koperasi, seperti kerupuk, sabun susu,  permen, karamel, sabun kefir dan krim/masker kefir.

Produk-produk ini sebagian besar merupakan produk buatan tangan atau tradisional, namun berkontribusi signifikan terhadap meningkatnya permintaan akan produk tersebut

baca juga : Susu Kambing Etawa Terbaik

Doni Bastian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.