seo  

Review : Pengumuman Pemenang Kontes SEO Pherini Indonesia 2023

Pengumuman Pemenang Kontes SEO Pherini
Pengumuman Pemenang Kontes SEO Pherini

Review : Pengumuman Pemenang Kontes SEO Pherini Indonesia 2023Acara kontes SEO yang diselenggarakan oleh Pherini telah berakhir dan telah diumumkan para pemenangnya yaitu :

  • 1 : Artikel pada url https://poin.win/review-pemutih-ketiak-dan-pemutih-selangkangan-terbaik-2023
  • 2 : Artikel pada url  https://ceritafilm.com/cream-pemutih-ketiak-terlaris-2023
  • 3 : Artikel pada url https://pengharum.net/blog/pemutih-ketiak-dan-pemutih-selangkangan-terbaik-tahun-2023
Pengumuman Pemenang Kontes SEO Pherini
Pengumuman Pemenang Kontes SEO Pherini

Saya mengucapkan ‘Selamat’ untuk para pemenang kontes SEO Pherini.. !

Dengan diumumkannya para pemenang pada lomba tersebut, apa yang bisa kita jadikan evaluasi terkait optimasi SEO dari sebuah artikel?

Analisis Website Pemenang Lomba SEO Pherini

Sebelumnya, mari kita simak dulu data website pemenang kontes SEO Pherini pada tabel berikut ini ;

Data Pemenang Kontes SEO Pherini
       Data Website Pemenang Kontes SEO Pherini

Umur Website

Jika kita perhatikan dari tabel diatas, maka terlihat bahwa umur website pemenang 1 dan 3 belum lama, yaitu hanya 1 s/d 2 tahun saja. Website seperti ini boleh dikatakan sebagai website baru.

Menurut pendapat banyak ahli SEO menyatakan bahwa untuk website baru, apalagi yang umurnya dibawah 1 tahun, masih belum dapat bersaing dalam optimasi SEO. Namun dari tabel diatas, terbukti bahwa meskipun website terbilang baru sekalipun, tetap saja dapat memenangkan lomba SEO

Pengaruh Umur Website dalam optimasi SEO

Umur sebuah website dapat memiliki pengaruh pada optimasi mesin pencari (SEO), meskipun tidak bisa dianggap sebagai faktor tunggal yang menentukan peringkat sebuah situs. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terkait pengaruh umur website dalam konteks SEO adalah:

Otoritas dan Kepercayaan (Trust)

Secara umum, mesin pencari cenderung memberikan otoritas lebih kepada situs yang telah ada untuk jangka waktu yang lama. Situs yang lebih tua biasanya dianggap lebih dapat diandalkan dan memiliki kepercayaan lebih dari mesin pencari.

Akumulasi Backlink

Seiring berjalannya waktu, sebuah website memiliki kesempatan lebih besar untuk mengumpulkan backlink. Backlink yang baik dapat meningkatkan otoritas situs di mata mesin pencari dan dapat berdampak positif pada peringkat.

Perkembangan Konten

Situs yang lebih tua mungkin memiliki lebih banyak konten yang dapat memberikan nilai bagi pengguna. Mesin pencari cenderung menyukai situs dengan konten berkualitas dan relevan.

Stabilitas dan Konsistensi

Situs yang sudah ada lama dan terus beroperasi dengan baik cenderung menunjukkan stabilitas. Mesin pencari mungkin memberikan poin ekstra untuk konsistensi dan ketahanan sebuah situs.

Peringkat Authority

Sementara untuk peringkat DA/PA versi MOZ, kedua website tersebut juga memiliki peringkat yang tidak terlalu tinggi atau masih dibawah 20.

Pengaruh DA/PA dalam optimasi SEO

Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) adalah metrik yang dikembangkan oleh Moz untuk mengukur otoritas dan kekuatan sebuah domain dan halaman individual dalam hal peringkat di mesin pencari. Meskipun bukan faktor langsung yang digunakan oleh Google dalam algoritmanya, DA dan PA sering digunakan oleh profesional SEO sebagai panduan untuk mengukur kualitas dan otoritas situs.

Berikut adalah beberapa pengaruh DA dan PA dalam optimasi SEO:

Backlink dan Otoritas

Situs dengan DA yang tinggi cenderung memiliki lebih banyak backlink berkualitas. Backlink dari situs yang otoritatif dapat membantu meningkatkan PA dan membantu dalam peringkat halaman di mesin pencari.

Kepercayaan dan Kredibilitas

Mesin pencari cenderung memberikan kepercayaan lebih pada situs dengan DA dan PA yang tinggi. Ini bisa meningkatkan peringkat halaman dan membuat situs lebih mudah diindeks.

Ketahanan Terhadap Perubahan Algoritma

Situs dengan DA dan PA yang tinggi mungkin lebih tahan terhadap perubahan algoritma mesin pencari. Ini karena mereka memiliki dasar otoritas yang kuat yang membangun selama waktu.

Peringkat Halaman

Meskipun bukan faktor tunggal, PA juga dapat mempengaruhi peringkat halaman individu. Halaman dengan PA yang tinggi lebih mungkin untuk mendapatkan peringkat yang baik dalam hasil pencarian.

Kompetisi Lebih Baik

Dalam lingkungan online yang sangat kompetitif, situs dengan DA dan PA yang tinggi memiliki keunggulan dalam bersaing untuk peringkat tinggi

Demikian juga untuk peringkat DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority), banyak ahli yang berpendapat bahwa makin tinggi DA/PA maka akan berpotensi memenangkan persaingan SEO. Tetapi hal ini ternyata tidak sepenuhnya berlaku.

Baca juga :  Apa itu Backlink?

Back link

Sekarang mari kita periksa backlink dari masing-masing artikel pemenang kontes seo Pherini tersebut sebagaimana pada gambar dibawah ini :

Saya menggunakan tools backlink checker dari situs ahrefs dan hasilnya sebagaimana pada gambar diatas.

Dari gambar diatas, ternyata semua pemenang Kontes SEO Pherini tersebut sama sekali tidak mengandalkan teknik Backlink Building.

Pengaruh Backlink dalam optimasi SEO

Backlink atau tautan balik adalah salah satu faktor kunci dalam optimasi mesin pencari (SEO). Backlink merupakan tautan yang berasal dari situs lain dan mengarah ke halaman atau konten di situs Anda. Berikut adalah beberapa pengaruh penting dari backlink dalam konteks optimasi SEO:

Otoritas dan Kepercayaan (Authority and Trust)

Backlink dari situs otoritatif dan terpercaya dapat meningkatkan otoritas situs Anda di mata mesin pencari. Mesin pencari seperti Google cenderung memberikan poin ekstra pada situs yang mendapatkan backlink dari sumber-sumber yang dianggap berkualitas.

Peningkatan Peringkat

Backlink yang berkualitas dapat membantu meningkatkan peringkat situs Anda dalam hasil pencarian. Mesin pencari menganggap backlink sebagai “suara” atau rekomendasi dari situs lain, dan semakin banyak backlink yang berkualitas, semakin tinggi kemungkinan peringkat yang baik.

Pertukaran Relevansi

Backlink dari situs yang memiliki topik atau industri yang relevan dengan situs Anda dianggap lebih bernilai. Backlink yang relevan dapat membantu mesin pencari memahami konteks dan topik situs Anda, meningkatkan relevansi dan otoritas.

Crawling dan Indexing

Backlink dapat membantu mesin pencari menemukan dan mengindeks halaman-halaman situs Anda dengan lebih efisien. Jika halaman Anda memiliki backlink yang baik, mesin pencari akan cenderung lebih sering mengunjungi dan mengindeksnya.

Traffic Referral

Backlink juga dapat membawa lalu lintas langsung ke situs Anda. Jika pengunjung mengklik tautan yang mengarah ke situs Anda, ini tidak hanya memberikan manfaat SEO tetapi juga membantu meningkatkan lalu lintas organik dan potensi konversi.

Jadi, banyak pendapat dari para ahli SEO, bahwa backlink dapat digunakan dalam rangka optimasi SEO. Dan ternyata, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Atau dengan kata lain, agar artikel bisa tampil pada urutan teratas pada key word tertentum ternyata keberadaan backlink tidak diperlukan.

Baca juga :  Alasan Untuk Menyewa Seorang Ahli SEO

Kesimpulan

Apa yang bisa disimpulkan dari artikel ‘Review Pengumuman Pemenang Kontes SEO Pherini’ ini ?

Dalam rangka optimasi SEO khususnya saat mengikuti lomba atau kontes SEO, beberapa faktor berikut ini :

  1. UMUR WEBSITE
  2. DA/PA
  3. BACKLINK

terbukti tidak cukup signifikan dalam memenangkan kontes SEO.

Nah, lalu pertanyaan besarnya adalah, apa strategi yang digunakan oleh para pemenang Kontes SEO tersebut sehingga bisa tampil sebagai pemenang?”

Apakah anda ingin tau apa rahasianya?

Sabar ya.. Terus ikuti artikel saya selanjutnya..

Baca juga :  Riset Kata Kunci: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan SEO Website

Salam.. 

Doni BastianPakar SEO Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.